Cara Cek Grammar 2021

Cara Cek Grammar
Cara Cek Grammar - Konten blog telah ditulis semenarik dan seinformatik mungkin, bahkan anda telah mempublikasikannya dan dibaca oleh banyak orang.

Namun setelah dicek kembali, ternyata ada kesalahan pengetikan dan struktur kalimat, hal ini pasti akan membuat anda sedikit tidak nyaman dan bingung, bukan? apalagi jika postingan tersebut ditulis dalam bahasa Inggris.

Baca juga : Cara Membuat Blog di HP

Nah, kesalahan semacam ini bisa dihindari sejak awal, salah satu caranya adalah dengan menggunakan aplikasi pemeriksa tata bahasa di antara banayaknya pilihan yang tersedia, kami telah merangkum delapan aplikasi pemeriksa tata bahasa online terbaik.

Selain memeriksa kesalahan grammar, delapan aplikasi ini juga akan membantu anda untuk meningkatkan keterampilan menulis.



Cara Cek Grammar


Kegunaan Tool Cara Cek Grammar

Untuk memastikan bahwa konten ini bebas dari kesalahan tata bahasa dan struktur kalimat, maka perlu dilakukan pemeriksaan dengan cermat.

Namun, proses manual ini tidak 100% akurat Inilah mengapa anda membutuhkan aplikasi pemeriksa tata bahasa, dengan aplikasi ini, anda dapat mengedit konten dengan lebih cepat dan efisien.

Berikut beberapa kesalahan yang akan diperiksa aplikasi ini:


1. Salah Penulisan Huruf

Menulis truck itu, tetapi yang tertulis Tryk, namun jika anda menggunakan aplikasi pemeriksa tata bahasa, anda tidak akan menemukan hal yang sederhana seperti ini. 


2. Kalimat Pasif

Pemakaian kalimat aktif lebih disukai karena dipercaya dapat memperjelas ide dan pesan yang ingin disampaikan. Namun, bukan berarti kalimat pasif tidak valid, seperti digunakan dalam penulisan jurnal atau artikel akademis.

Dengan menggunakan alat pemeriksa tata bahasa online, anda dapat mengetahui berapa banyak kalimat pasif yang digunakan sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan konten.


3. Tanda baca

Penggunaan tanda baca menyiratkan arti konten. Misalnya, kalimat tanya tidak boleh diakhiri dengan titik dan tanda baca lain, karena artinya akan berbeda. 

Jika anda memerlukan bantuan untuk menentukan kalimat mana yang harus menyisipkan koma, tanda kutip, atau tanda baca lainnya, alat pemeriksa tata bahasa memiliki fitur yang membuat aktivitas ini lebih mudah.


4. Penggunaan Kata Yang Terlalu Sering

Alat pemeriksa tata bahasa Inggris biasanya memeriksa apakah ada kata-kata yang terlalu sering digunakan dalam konten anda nanti, alat tersebut akan merekomendasikan daftar kata lain untuk membuat posting Anda lebih beragam.

Gunakan aplikasi pemeriksa tata bahasa berikut untuk memeriksa dan mengurangi empat kesalahan yang sering dilakukan penulis, silakan baca keunikan dan keunggulan masing-masing aplikasi.

Setelah mengetahui beberapa kesalahan yang sering dilakukan penulis, dan bisa diminimalisir dengan cara mengeceknya menggunakan salah satu aplikasi yang akan kami rekomendasikan kali ini.

Penasaran, apa saja keunikan dari masing-masing aplikasi ini, yuk langsung saja simak ulasan dibawah ini.


1. Cara Cek Grammar dengan Aplikasi Grammerly

Cara Cek Grammar
Cara Cek Grammar dengan Aplikasi Grammarly
Aplikasi yang pertama yaitu bernama, Grammerly yang berfungsi sebagai pemeriksa tata bahasa online terbaik dikarenakan berbagai alasan.

Hampir 20 juta orang lebih yang sudah menggunakan alat ini, saat dipasangkan dengan browser populer dan Microsoft Office.


Tidak hanya itu saja, bahkan aplikasi ini juga sudah menyediakan Grammerly Keyboard yang bisa digunakan pada Smartphone.

Selain itu, aplikasi juga gratis dan tata bahasa yang digunakan tergolong mudah, jika anda menginstall pada browser anda yang berada disudut kanan bawah editor teks maka akan muncul indikator.

Dengan begitu maka anda bisa mengetahui berapa jumlah kesalahan tata bahasa yang sudah dibuat.

Kata yang salah ejaan akan ditandai dengan garis merah, dan untuk mengatasi hal ini anda hanya perlu mengarahkan mouse menuju kata tersebut.

Jika anda merasa bingung, silahkan untuk mengunduh aplikasinya terlebih dulu agar bisa langsung mempraktikkannya, Download Aplikasi Grammarly.

Perlu anda ketahui bahwa favorit tata bahasa merupakan kemampuan untuk mengenali istilah tekhnis, termasuk juga singkatan dan akronim.

Untuk tata bahasa, maka istilah-istilah tersebut tidak dianggap sebagai kesalahan oleh Grammarly.

Jika anda ingin melakukan pemeriksaan tata bahasa atau lainnya, maka anda bisa menggunakan editor teks Grammarly yang nantiny akan memberikan anda saran-saran tentang unsur formal.

Nah, untuk penggunaan editor teks Grammarly, maka anda harus berlangganan Grammarly Premium, biaya untuk paket bulanan akan dikenakan 29,95 USD/bulan.

Sedangkan untuk paket 3 bulannya adalah senilai 19,98 USD/bulan, dan paket tahunan adalah 11,66 USD/bulan.


2. Cara Cek Grammar dengan Aplikasi Hemingway

Cara Cek Grammar
Cara Cek Grammar dengan Aplikasi Hemingwey
Aplikasi ini berasal dari salah satu penulis terbaik Amerika, yaitu Ernest Hemingway, yang merupakan salah satu penulis dengan beragam karya sastra, termasuk juga "The Old Man" dan "The Sea".

Sejumlah karya yang dikeluarkannya dikenal dengan gayaa penulisan yang pendek namun sangat efektif.

Meskipun Hemingway memiliki cara kerja yang hampir sama dengan aplikasi pemeriksa yang lainnya, namun Hemingway akan lebih memastikan bahwa kalimat yang anda tulis tersebut tidak panjang.

Sehingga siapa pun yang membaca tulisan anda akan lebih mudah untuk dimengerti.

Hal pertama yang disaranakn untuk menghindari penggunaan kata keterangan dan kalimat pasif harus lebih sedikit.

Perlu anda ketahui bahwa aplikasi ini memberikan alternatif yang lebih sederhana dari pada kata-kata yang digunakan saat ini.

Meskipun anda sudah menulis dengan kalimat yang kompleks, namun Hemingway ini akan menyarankan anda untuk membagi kalimay menjadi dua atau lebih.

Hemingway adalah alat yang lebih dari sekedar alat pemeriksa kalimat bahasa inggris, namun aplikasi ini juga akan membantu anda untuk menyampaikan struktur kalimat yang pendek dan mudah dipahami.

Terutama bagi penutur bahasa Inggris yang Non-Native, Termasuk juga anda yang sedang membaca ini.

Silahkan untuk mengunduh aplikasi Hemingway ini terlebih dulu melalui link yang kami sediakan berikut, Download Aplikasi Hemingway.

Pemeriksa atau tata bahasa berbasis browser gratis ini hanya dapat menyediakan berbagai pengaturan kustomisasi teks, seperti ukuran teks, judul, dan penomoran.

Terlebih lagi, aplikasi Hemingway ini juga menawarkan versi dekstop yang dapat dibeli dengan pembayaran satu kali sebesar 19,99 USD.


3. Cara Cek Grammar dengan Aplikasi NounPlus

Cara Cek Grammar
Cara Cek Grammar dengan Aplikasi NounPlus
Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah. Ketik atau tempatkan teks yang disalin ke dalam kotak editor NounPlus, setelah itu klik periksa untuk melihat semua kesalahan sintaks yang perlu diperbaiki. 

Meskipun tidak berfungsi dalam real time, anda masih dapat mengandalkannya untuk memeriksa aspek penulisan lainnya.

NounPlus menggunakan warna berbeda untuk menandai subjek, objek, kata sifat, predikat, dan elemen lainnya, alat tersebut juga menyediakan contoh pelafalan kata sehingga anda tahu cara membacanya.

Alat ini sangat fleksibel, artinya, Anda juga dapat mengunduh versi seluler di perangkat Android dan Apple, konten dapat diperiksa dari mana saja tidak hanya untuk menyalakan PC.


Selain bahasa Inggris, NounPlus juga menyediakan berbagai bahasa, seperti Korea dan China (Mandarin).

Jika anda mencari alat pemeriksa tata bahasa online gratis, NounPlus adalah solusinya, penampilannya juga simpel dan rapi.



4. Cara Cek Grammar Menggunakan Aplikasi Ginger

Cara Cek Grammar
Cara Hack Grammar Menggunakan Aplikasi Ginger
Ginger memiliki tiga versi yaitu versi gratis, versi desktop dan versi keyboard premium.

Versi gratisnya dapat diakses melalui situs web resmi Ginger, ganya jaringan pemeriksa tata bahasa yang hanya dapat mengoreksi satu kalimat, dengan kata lain, anda harus memasukkan kalimat satu per satu.

Jika menurut anda versi gratisnya sangat terbatas maka opsi lainnya adalah berlangganan paket Desktop, nanti anda akan mendapatkan aplikasi PC khusus yang akan mengoreksi dan menulis ulang teks anda.

Aplikasi ini juga memiliki kamus dan tesaurus bawaan, sehingga anda dapat yakin bahwa semua yang anda tulis bebas dari kesalahan.

Di antara semua fitur yang ada, ada fitur Ginger yang menarik perhatian, yaitu Personal Trainer, fitur ini akan memberikan saran berdasarkan kesalahan yang sering dilakukan. 

Kabar baiknya adalah Ginger memiliki banyak pilihan bahasa, ini akan memudahkan pengguna pemula untuk memahami cara kerja Ginger.

Biaya berlangganan adalah 29,96USD / bulan, 89,88USD / tahun atau 159,84USD untuk paket dua tahun.

Jika anda lebih sering menggunakan ponsel, anda disarankan untuk mengunduh aplikasi keyboard Ginger.

Aplikasi pengecekan tata bahasa online ini dilengkapi dengan kamus dan tesaurus bawaan, dan tidak ada batasan koreksi, biaya berlangganan tahunan yang harus dibayar adalah 6.99 USD.



5. Cara Hack Grammar Menggunakan Aplikasi After the Deadline

Cara Cek Grammar
Cara Hack Grammar Menggunakan Aplikasi After The Deadline
Alat lain untuk memeriksa tata bahasa Inggris adalah After The Deadline, perangkat lunak open source ini dapat diinstal di banyak platform, termasuk WordPress.


Saat anda menggunakan WordPress untuk mengedit konten, alat ini akan memeriksa sintaks dan menyederhanakan pengeditan.

Alat ini menerapkan tiga jenis metode pemeriksaan tata bahasa:
  • Pemeriksaan ejaan kontekstual (Contextual Spell Chaking)
  • Pemeriksaan gaya lanjutan (Advaced Styie Chaking)
  • Pemeriksaan tata bahasa (Intelligent Grammar Chaking)

Sama seperti pemeriksa tata bahasa Inggris online, After the Deadline juga dapat memperbaiki kesalahan penulisan yang sering terjadi, namun aplikasi ini berbeda dari aplikasi lain karena tidak membebankan biaya apa pun kepada pengguna.

Untuk melihat apa yang perlu diperbaiki, klik ikon After The Deadline yang muncul di pojok kanan bawah, teks yang salah akan disorot dengan garis merah, ada juga opsi untuk mengabaikan saran tentang kesalahan sintaksis.

Selain WordPress, alat pemeriksa tata bahasa online gratis ini juga dapat diaktifkan di Google Chrome, Firefox, dan OpenOffice.



6. Cara Cek Grammar Menggunakan Aplikasi White Smoke

Cara Cek Grammar
Cara Cek Grammar Menggunakan Aplikasi White Smoke
Sebagai aplikasi pengecekan tata bahasa Inggris online, WhiteSmoke bertanggung jawab untuk mengoreksi kesalahan dalam tata bahasa, pengucapan, gaya, dan tanda baca ada tiga versi alat ini, yaitu versi seluler, versi Web, dan versi PC.

Selain fungsi koreksi tata bahasa, anda juga dapat menonton tutorial video dan panduan membaca. 
  
Dengan sumber belajar ini, anda dapat memperkaya pengetahuan tentang masalah penulisan, ejaan, dan tata bahasa. 

WhiteSmoke juga mengintegrasikan pemeriksa plagiarisme (alat untuk memeriksa plagiarisme) dan mendukung fungsi pemeriksaan tata bahasa di Gmail.

Untuk pengguna Windows, WhiteSmoke dapat langsung digunakan, namun untuk pengguna MacOS,  mereka harus berlangganan premium atau paket bisnis.

Semua fitur penting yang ada di versi PC juga bisa diakses di versi seluler, meliputi teranslator (penerjemahan) dan proofreading satu klik (pengooreksi satu klik).

Untuk menggunakannya di perangkat seluler, anda perlu membayar biaya 1 USD.

Jika anda tertarik untuk berlangganan WhiteSmoke, anda dapat membeli paket tersebut seharga 5 USD per bulan, setelah itu tingkatkan ke paket bulanan 11,50 USD dengan garansi tambahan dan dukungan pelanggan.

Download Aplikasi White Smoke


7. Cara Cek Grammar dengan Aplikasi Language Tool

Cara Cek Grammar
Cara Cek Grammar dengan Aplikasi Language Tool
Keuntungan utama LanguageTool adalah dapat menganalisis kesalahan tata bahasa dalam lebih dari 20 bahasa.

Bahkan alat pemeriksa tata bahasa ini dapat mengoreksi versi bahasa Inggris negara/kawasan lain, seperti bahasa Inggris Amerika, Inggris British, Inggris Afrika Selatan, dan Inggris Australia. 

Melalui saran yang diberikan, Anda akan dapat memahami kosakata bahasa Inggris di negara / wilayah tertentu.

Baca juga : Cara Membuat Blog di Blogger  

Anda dapat menggunakan alat pemeriksa kalimat bahasa Inggris ini secara gratis, anda hanya perlu mengunduh dan menginstal ekstensi di browser, tulis atau salin teks ke dalam bidang yang tersedia, lalu klik "Chek Text" untuk memeriksa kesalahan tata bahasa dan pengucapan.

Setiap kata yang disorot akan menunjukkan letak masalahnya dan mengapa harus ditulis dengan benar, anda dapat mengatakan bahwa akan mempelajari kosakata baru saat mengedit konten. 

Saran yang diberikan oleh LanguageTool tidak hanya mencakup kesalahan penulisan, tetapi juga penggunaan kata-kata contoh dalam kalimat yang sesuai dengan konteksnya.

Selain menyediakan alat pemeriksa tata bahasa Inggris gratis, LanguageTool juga menyediakan paket
perangkat lunak tingkat lanjut. 

Dalam paket ini, Anda akan mendapatkan plug-in Microsoft Office dan lebih dari 900 metode (ditambahkan dari 1700 metode yang tersedia) untuk menemukan kesalahan yang ditemukan saat menulis artikel, untuk menggunakan perangkat lunak anda harus membayar terlebih dahulu sebesar 59 USD per tahun.



8. Cara Cek Grammar dengan Aplikasi ProWritingAid

Cara Cek Grammar
Cara Cek Grammar dengan Aplikasi - ProWritingAid
Seperti aplikasi pemeriksa tata bahasa lainnya, Pro Writing Aid juga dapat diunduh untuk perangkat macOS dan Windows atau diinstal di browser sebagai ekstensi.

ProWritingAid akan memeriksa gaya penulisan, kata-kata yang terlalu sering digunakan, klise, transisi, kamus, ringkasan, dan lainnya. 

Ini tidak hanya memeriksa kesalahan pengucapan dan tata bahasa, tetapi juga menganalisis proses penulisan anda.

Harga langganan untuk versi berbayar adalah70 USD/1tahun, 100 USD/ 2 tahun, 140 USD/3 tahun atau 240 USD/seumur hidup.



Akhir Kata 

Nah itulah cara cek grammar atau tata bahasa dengan menggunakan beberapa aplikasi di atas.

Anda bisa memilih salah satu aplikasi di atas sesuai dengan kebutuhan dan anda tak perlu lagi khawatir akan kesalahan tata bahasa atau grammar pada tulisan atau konten anada.

Kesalahan yang sering terjadi pada tata bahasa dan tulisan dapat membuat pembaca meragukan Profesionalisme anda, hal ini tidak boleh dianggap enteng. 

Anda harus memeriksa teks anda dengan cermat agar rapi dan tidak ada kata yang salah ejaan., salah satu caranya adalah dengan menggunakan alat pemeriksa tata bahasa.

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara cek Grammer 2021. Sekian dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel