Cara Buat Footnote 2021

Cara Buat Footnote
Cara Buat Footnote - Bagi anda yang suka mengelola dokumen di Microsoft Word, sangat penting untuk mengetahui cara membuat catatan kaki atau footnote pada laporan ilmiah atau makalah.

Karena dengan catatan kaki, dokumen akan tampil atau terlihat lebih detail dan rapi.

Catatan kaki memungkinkan anda mengutip sumber atau menjelaskan konsep secara detail tanpa harus mengubah teks.

Word dapat dengan mudah mengelola catatan kaki, karena akan diberi nomor secara otomatis, dan area catatan kaki dapat diperluas dan dikontrak secara dinamis sesuai dengan jumlah teks.


Dengan menggunakan catatan kaki yang ditempatkan secara strategis untuk memperjelas informasi dan menghargai sumber informasi, anda dapat memberikan kesan profesional pada dokumen.

Untuk membuatnya pun bisa dilakukan dengan mudah, karena fiturnya sudah tersebia di aplikasi Microsoft Word.

Jika Anda ingin mempraktikannya, maka bisa menyimak ulasan berikut ini tentang cara buat footnote atau catatan kaki.


Cara Buat Footnote


1. Cara Buat Footnote di Word 2007, 2010 dan 2013 (Windows)

Cara Buat Footnote
Cara Buat Footnote di Word 2007, 2010 dan 2013 (Windows)
Karena versi Windows terus diperbarui untuk mengikuti perkembangan dunia teknologi, otomatis cara membuat catatan kaki atau footnote juga diperbarui.

Yang pertama, Anda bisa mengikuti cara buat footnote di Word 2007, 2010 dan 2013 berikut ini:
  • Klik pada tab "Referensi", letaknya di bagian atas jendela, biasanya di antara "Tata Letak Halaman" dan "Surat", tab ini memungkinkan anda memasukkan berbagai alat referensi, seperti daftar isi, catatan kaki dan catatan akhir, kutipan, tajuk, dll.
  • Letakkan kursor di tempat yang anda inginkan catatan kaki muncul, secara default, catatan kaki ditandai dengan teks superskrip, yang terletak di atas teks, letakkan kursor di tempat yang Anda ingin menampilkan nomor tersebut.
  • Klik tombol "Sisipkan Catatan Kaki" atau Insert Footnote yang terletak di bagian "Catatan kaki" pada tab "Referensi". Nomor catatan kaki akan disisipkan, dan bilah pemisah akan ditambahkan ke bagian bawah halaman.
  • Kursor anda akan secara otomatis mengarahkan ke atas catatan kaki di bagian bawah halaman, sehingga Anda dapat mengisinya.
    • Catatan akhir sama seperti catatan kaki, kecuali referensinya yang muncul di akhir dokumen, secara default, catatan akhir diberi nomor dalam angka Romawi (i, ii, iii, dll.).
    • Alternatifnya, Anda dapat menekan Ctrl + Alt + F untuk membuat catatan kaki, atau Ctrl + Alt + D untuk membuat catatan akhir.
  • Nomor catatan kaki diubah saat diatur ulang (reset), secara default catatan kaki anda akan bertambah di seluruh dokumen, anda dapat mengubahnya sehingga penomoran dimulai ulang di setiap halaman atau section breaks (bagian jendela untuk melakukan pengaturan yang berbeda) dalam dokumen [1].
    • Klik tombol "Menu" di sudut kanan bawah bagian "Catatan kaki", ini akan membuka jendela "Catatan Kaki dan Catatan Akhir", di bagian "Format", gunakan menu tarik-turun "Penomoran" untuk memilih kapan memulai ulang penomoran catatan kaki.
    • Anda dapat menyisipkan pemisah bagian ke dalam dokumen dengan cara berikut: klik tab "Page Layout", klik tombol "Breaks" di bagian "Page Setup", lalu pilih jenis breaks yang ingin anda sisipkan. Selain mengubah cara penomoran catatan kaki, breaks juga bagus untuk mengubah tata letak bagian tertentu dari dokumen.
  • Ubah format catatan kaki, jika anda lebih suka menggunakan simbol daripada angka, atau jika ingin catatan kaki anda ditampilkan di bawah teks daripada di bagian bawah halaman, atau jika anda ingin nomor tersebut dimulai dengan angka yang berbeda, anda dapat mengubahnya dari jendela "CatatanKaki dan Catatan Akhir".
    • Klik tombol "Menu" di sudut kanan bawah dari bagian "Catatan kaki" untuk membukanya.
    • Klik "Symbol" dan pilih simbol dari menu "Simbol", anda dapat memilih karakter apa pun dari font apa pun, meskipun font "Symbol" akan membuka secara default.

2. Cara Buat Footnote di Word 2011 (Mac)

Cara Buat Footnote
Cara Buat Footnote di Word 2011 (Mac)
Jika Anda pengguna Word 2011, maka bisa mengikuti cara buat footnote di Word 2011 (Mac) berikut ini:
  • Beralih ke tampilan "Tata Letak Cetak" atau Print layout, klik View dan pilih Print Layout.
  • Letakkan kursor di tempat yang anda ingin catatan kaki muncul, catatan kaki anda akan muncul di kursor, jadi letakkan kursor di akhir teks yang ingin digunakan sebagai referensi catatan kaki.
  • Masukkan catatan kaki. Klik tab "Elemen Dokumen", lalu klik tombol "Catatan kaki" di bagian "Kutipan" atau "Citation", catatan kaki akan disisipkan di kursor anda, dan anda akan dibawa ke bagian teks catatan kaki untuk memasukkan isi catatan kaki. Teks catatan kaki akan berada di bagian bawah halaman yang sama dengan catatan kaki, dipisahkan oleh sebuah baris.
    • Atau, Anda dapat menekan Cmd + ⌥Opt + F untuk catatan kaki, atau Cmd + ⌥Opt + E untuk catatan akhir [2].
  • Ubah format catatan kaki, jika anda lebih suka menggunakan simbol daripada angka, ingin catatan kaki muncul di bawah teks daripada di bagian bawah halaman, atau ingin nomor dimulai dengan angka yang berbeda, anda dapat mengubahnya dari jendela "Catatan Kaki dan Catatan Akhir". Klik Insert dan pilih Catatan Kaki.
    • Klik "Symbol" dan pilih simbol dari menu "Symbol". Anda dapat memilih karakter apa pun dari font apa pun, meskipun font "Simbol" akan membuka secara default.
    • Secara default, catatan kaki Anda akan bertambah di seluruh dokumen. Anda bisa mengubahnya sehingga penomoran dimulai ulang di setiap halaman atau section break dokumen. Di bagian "Format", gunakan menu tarik-turun "Numbering" untuk memilih kapan memulai ulang penomoran catatan kaki.
    • Anda hanya dapat menerapkan perubahan pemformatan hanya pada teks yang dipilih di bagian yang tampak saat ini atau seluruh dokumen.


3. Cara Buat Footnote di Word 2003 (Windows) atau Word 2004 dan 2008 (Mac)

Cara Buat Footnote
Cara Buat Foonote di Word 2003 (Windows) atau Word 2004 dan 2008 (Mac)
Untuk pengguna Word 2003, 2004 dan 2008 juga tetap bisa membuat catatan kaki walaupun versi Windows ataupun Mac sudah ada yang baru.

Adapun cara buat footnote di Word 2003 (Windows) data Word 2004 dan 2008 (Mac) sebagai berikut:
  • Beralih ke tampilan "Print Layout", klik View dan pilih Print Layout.
  • Letakkan kursor di tempat yang anda ingin catatan kaki muncul. Catatan kaki Anda akan muncul di kursor, jadi letakkan kursor anda di akhir teks yang ingin digunakan sebagai referensi catatan kaki.
  • Masukkan catatan kaki. Klik Insert → Reference → Footnote untuk membuka jendela "Catatan
  • Kaki dan Catatan Akhir". Pilih "Catatan kaki" dan kemudian pilih opsi penomoran yang anda
  • inginkan. 
  • Anda dapat mengatur Word untuk menomori catatan kaki secara otomatis, atau juga dapat
  • memilih simbol yang ingin disisipkan.
    • Di Word 2004/2008, klik Insert → Footnote [3]
    • Atau, anda dapat menekan Ctrl + Alt + F untuk membuat catatan kaki, atau Ctrl + Alt + D untuk membuat catatan akhir di Windows, di Mac, tekan Cmd + ⌥Opt + F untuk membuat catatan kaki, atau Cmd + ⌥Opt + E untuk membuat catatan akhir.
  • Masukkan teks catatan kaki Anda, catatan kaki akan dibuat dan anda akan dibawa ke bagian teks catatan kaki di bagian bawah halaman dan anda dapat memasukkan teks catatan kaki yang diperlukan dkemudian klik untuk kembali ke dokumen setelah selesai.

Akhir Kata

Demikianlah cara untuk membuat Footnote atau catatan kaki di Microsoft Word, baik itu 2007/2010/2013 (Windows), Word 2011 (Mac), Word 2003 (Windows) atau Word 2004/2008 (Mac).

Nah, bagi anda yang suka mengelola dokumen di Microsoft Word, sangat penting untuk mengetahui cara membuat catatan kaki ini.

Karena catatan kaki ini digunakan untuk menjelaskan dan memberikan referensi untuk hal yang anda sebutkan dalam dokumen.

Sehingga laporan ilmiah atau makalah dengan catatan kaki akan tampil lebih detail dan rapi.

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara buat Footnote 2021. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel