Syarat dan Cara Monetisasi YouTube 2020

Syarat dan Cara Monetize Akun YouTube
Syarat Monetisasi Youtube dan Cara Monetisasi YouTube - Di zaman serba digital ini, banyak masyarakat yang menggunakan internet dan mulai beralih dari menonton televisi kepada menonton YouTube.

Semua orang bisa menggunakan YouTube untuk menonton atau juga memiliki akun YouTube.

Anda bisa mendapatkan uang dari YouTube dengan monetisasi akun youtube.


Anda bisa menemukan syarat dan cara mengaktifkan monetisasi youtube 2020 pada pembahasan di bawah ini.


Pembahasan Syarat Monetize Akun Youtube dan Cara Monetize Akun Youtube

Pengertian Monetize
Monitize atau monetasi merupakan proses menghasilkan uang dari video yang diunggah di YouTube melalui aktivasi fitur iklan pada video tersebut.

Namun tentu saja tidak semua video bisa disisipkan iklan, hanya beberapa video yang populer saja yang akan mendapatkan pemasukan berupa uang dari iklan.

Sebenarnya, iklan yang ditampilkan pada YouTube dimaksudkan untuk menjangkau audiens atau penonton yang lebih banyak karena sudah banyak yang lebih memilih untuk menonton YouTube daripada menonton televisi, terutama anak muda.


Sebelum menjadi partner kerja YouTube dengan monetize akun YouTube anda, ada beberapa syarat yang harus anda penuhi kemudian ada juga cara yang bisa anda lakukan untuk monetize akun YouTube anda.


1. Syarat Monetisasi YouTube 2020

Syarat Monetize Akun YouTube
Syarat Monetisasi YouTube 2020
Syarat monetisasi youtube 2020 sebenarnya bisa dibilang gampang-gampang sulit.

Akun YouTube anda memerlukan proses verifikasi untuk dapat mengunggah video durasi Panjang (minimal 15 menit) sehingga akan lebih memudahkan proses monetize akun YouTube anda.

Terdapat beberapa peraturan monetisasi youtube 2020 yaitu jumlah subscriber, jumlah jam tayang dan juga sudah memiliki akun adsense.


Setelah akun anda terverifikasi, akun YouTube anda harus memiliki 4000 jam tayang terhitung 12 bulan atau 1 tahun terakhir.

Syarat inilah yang menjadikan verifikasi akun menjadi penting karena semakin banyak video dan semakin lama durasi video anda, syarat jam tayang tersebut akan lebih cepat terpenuhi.

Jika anda ingin monetize akun anda, akun atau channel tersebut harus memiliki 1000 subscriber.

Untuk mendapatkan subscriber, anda harus lebih kreatif dan membuat konten yang menarik.

Selain itu, anda juga harus menghindari komentar spam.

Syarat adsense youtube 2020 juga mengharuskan anda untuk memiliki akun adsense yang akan ditautkan dengan channel youtube yang anda miliki.


2. Cara Monetisasi YouTube 2020

Cara Monetize Akun YouTube
Cara Monetisasi YouTube 2020
Sebelum menerapkan cara monetisasi youtube 2020, pertama anda harus memiliki akun YouTube terlebih dahulu.

Setelah memiliki akun dan melakukan login, anda bisa monetize akun atau daftar adsense youtube dengan masuk ke dalam menu pengaturan setelah memiliki Icon Profile kemudian Setting.

Setelah itu, anda harus klik Kembali Icon Profile kemudian pilih Creator Studio untuk dapat masuk ke dashboard studio akun anda.


YouTube Creator Studio ini merupakan fitur yang dibuat dan dikembangkan oleh Google berisi peraturan yang akan memudahkan content creator untuk mengelola akun dan video mereka.'


Meskipun anda belum memiliki video yang sudah diunggah, anda bisa langsung mengajukan monetize akun dengan cara klik Other Features dan kemudian pilih Monetization untuk dapat masuk ke dalam jendela YouTube Partner Program yang berisi tahapan dan langkah yang harus anda lakukan untuk monetize akun YouTube anda.

Berikut 4 langkah cara monetize akun YouTube yang bisa anda ikuti.
  • Persetujuan YouTube Partner Program
  • Menghubungkan akun YouTube anda dengan AdSense. Jika anda belum memiliki akun AdSense, anda harus membuat akun terlebih dahulu yang dilengkapi dengan panduan dari YouTube sendiri
  • Mengatur pilihan monetize (monetisasi)
  • Review akun anda setelah mendapatkan 1000 subscriber dan 4000 jam tayang.

Jadi setelah anda mengikuti 4 alur cara monetize akun youtube di atas, anda baru bisa menampilkan iklan di channel youtube atau video anda jika pihak Youtube menyetujui permohonan anda.

Jadi walaupun channel youtube anda sudah memiliki lebih dari 1000 subscriber dan lebih dari 4000 jam tayang, namun jika terdapat pelanggaran bisa jadi pihak Youtube tidak menyetujui permohonan monetize akun youtube yang anda ajukan.


Jadi tips diterima monetize youtube yaitu anda harus membuat konten video yang original dan juga tidak mengandung hal-hal yang dilarang oleh pihak youtube.

Kemudian terkait pertanyaan berapa lama peninjauan monetisasi youtube 2020, menurut pengalaman dari orang-orang, waktunya tidak tentu ada yang 1 minggu bahkan ada yang sampai berbulan-bulan.


Akhir Kata

Syarat dan cara monetize akun YouTube cukup sederhana dan dapat anda lakukan sendiri karena YouTube juga memfasilitasi anda dengan panduan pada dashboard Youtube Creator Studio.

Jangan lupa untuk selalu teliti saat mengisi alamat AdSense dan pilihan monetize juga selalu semangat untuk mendapatkan 1000 subscriber dan 4000 jam tayang sebagai syarat monetize akun YouTube.

Jangan lewatkan artikel kami selanjutnya mengenai cara verivikasi akun youtube di HP dan PC mudah.

Ikuti terus info seputar cara monetisasi youtube di android dan cara daftar google adsense youtube lewat hp di situs ini.

Jangan lewatkan juga artikel kami yang lainnya tentang cara monetisasi youtube tanpa 1000 subscriber.

Itulah keseluruhan bahasan kita pada artikel kali ini mengenai syarat monetisasi youtube dan cara monetisasi youtube 2020. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. 
Milda Intany Praktisi teknologi, berbagi pengalaman dan tips teknologi serta sosial media terbaru.

No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel