Cara Membuat Subtitle 2020

Cara Membuat Subtitle
Cara Membuat Subtitle - Dalam dunia perfilman, subtitle menjadi komponen yang cukup penting.

Apalagi jika film tersebut masuk dalam kategori box office dan go internasional.

Selain menjadi penikmat subtitle, ternyata Anda juga bisa membuat subtitle sendiri dengan cara yang cukup simple.

Cara membuat sibtitle ini bisa Anda aplikasikan dengan memanfaatkan beberapa aplikasi.

Beberapa software atau aplikasi yang biasa digunakan untuk membuat subtitle ini, sudah banyak disediakan oleh internet.


Pembahasan Cara Membuat Subtitle

Untuk mengoperasikan beberapa aplikasinya tersebutpun terbilang cukup mudah. Sebelum memulainya, Anda bisa cari tahu terlebih dulu terkait cara kerja tiap aplikasi.

Sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan Anda dan perangkat Anda.

Pada bahasan kita pada artikel kali ini banyak juga yang menanyakan cara membuat subtitle indonesia dan cara membuat subtitle film yang belum ada subtitlenya.

Untuk menjawab pertanyaan di atas, simak tutrorial cara yang digunakan untuk membuat subtitle di bawah ini.


Cara Membuat Subtitle

Agar memudahkan Anda dalam membuat subtitle menggunakan aplikasi pilihan, kali ini ada 2 aplikasi rekomendasi yang cukup simple untuk Anda gunakan.

Aplikasi tersebut tak lain adalah notepad dan Aegisub. Salah satu dari aplikasi tersebut, yakni notepad, tentu sudah sangat familiar dan kemungkinan besar ada pada perangkat PC/ laptop Anda.

Di bawah ini ada beberapa step pembuatan subtitle menggunakan kedua aplikasi tersebut. :


1. Cara Membuat Subtitle Dengan Notepad

Cara Membuat Subtitle
Cara Membuat Subtitle Dengan Notepad
Cara membuat subtitle video di laptop bisa Anda coba dengan mengikuti langkah - langkah yang akan kami berikan.

Berikut cara membuat subtitle dengan notepad.
  • Buka notepad yang ada pada perangkat Anda.
  • Awali penulisan di notepad dengan angka satu dan diikuti dengan angka urut dari 0. Misalnya, 10, 11, 12, dan seterusnya. Atutran ini berlaku untuk satu kalimat kali subtitle dalam satu waktu.
  • Di bawah penulisan angka tersebut, sematkan kisaran waktu subtitle masuk dan berakhir. Format waktu yang harus Anda tuliskan adalah urut dari jam:menit:detik,milidetik. Sebagai contohnya adalah 00:00:56,870  00:00:59,765.
  • Tulislah kalimat subtitle yang sesuai dengan terjemahan. Pastikan sebelumnya Anda telah menyiapkan subtitle yang baik dan benar.
  • Atur spasi antara baris subtitle pertama dengan subtitle kedua dan subtitle lainnya. jarak spasi yang bisa Anda pakai berkisar 2 spasi.
  • Lakukan secara berulang tahapan tersebut, hingga seluruh subtitle telah masuk. Kemudian simpan file notepad tersebut dalam format .srt. Jangan lupa untuk memastikan bahwa nama file srt sama dengan nama video atau file film yang ditargetkan.


2. Cara Membuat Subtitle Dengan Aegisub

Cara Membuat Subtitle
Cara Membuat Subtitle Dengan Aegisub
Cara membuat subtitle dengan aegisub juga bisa Anda coba, disini Anda bisa membuat dan mengedit subtitle sendiri sesuai ukuran, warna dan juga model font bisa Anda sesuaikan dengan keinginan Anda.


Berikut tutorialnya:
  • Siapkan file portable aplikasi Aegisub pada perangkat Anda. Untuk Anda yang belum install aplikasi aegisub, Anda bisa langsung mendownload dan menginstall aplikasi melalui link berikut : Download Aplikasi Aegisub
  • Jika sudah, maka bukalah aplikasi tersebut.
  • Pada bagian atas, Anda akan mendapati beberapa tools atau menu. Pilih menu video > open video.
  • Pilihlah video yang ingin Anda terjemahkan.
  • Open audio form video jika Anda ingin sekaligus mendengarkan suara video tersebut.
  • Pilihlah menu subtitle untuk melakukan pengaturan tampilan subtitle > styles manager. Sampai di tahapan ini, Anda bisa mulai mengatur ukuran, warna, dan jenis font untuk subtitle yang akan Anda sematkan pada video.
  • Setelah memilih style font, warna, dan ukuran, maka Anda bisa klik tombol copy style dan memasukkannya pada ruang current script box yang ada di samping ruang jenis font. Tekan oke jika dirasa sudah fiks.
  • Tulislah subtitle sesuai jalannya video. Untuk melakukan cara ini, Anda bisa klik audio box terlebih dulu pada titik awal masuknya subtitle. Lantas, klik kanan pada titik akhir subtitle tersebut. Pada kolom editbox, tuliskan kalimat subtitle yang Anda akan disematkan. Enter dan klik commit untuk proses penyimpanan. Perlu Anda ingat, jika Anda ingin memasukkan subtitle yang lebih dari satu baris, maka Anda bisa menambahkan /N sebelum kalimat awal baris kedua.
  • Aturlah tata letak subtitle berdasarkan dengan jalannya video. Proses ini mungkin akan membutuhkan berkali-kali percobaan, untuk memastikan subtitle sudah sesuai dan tepat sasaran video.
  • Pilih menu file > save subtitle as untuk menyimpan subtitle tersebut.


Akhir Kata

Cara untuk membuat subtitle dengan menggunakan aplikasi Aegisub memang tidak sesimple menggunakan notepad.

Namun hasil subtitle yang bisa Anda dapatkan dari apk tersebut akan jauh lebih terlihat professional dari hasil subtitle menggunakan notepad.

Jangan lewatkan artikel kai selanjutnya mengenai cara membuat subtitle di kinemaster, cara membuat subtitle di youtube, cara membuat subtitle film otomatis, cara membuat subtitle di hp.

Itulah keseluruhan bahasan kita pada artikel kali ini mengenai cara membuat subtitle 2020. Semoga bermanfaaat dan selamat mencoba.
SitiRahma Senang berbagi informasi teknologi

No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel