Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP 2020

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP - Perkembangan teknologi membuat masyarakat semakin mudah dalam melakukan berbagai hal, termasuk cara cek tagihan listrik.

Untuk mengetahui tagihan listrik PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) saat ini bahkan bisa dilakukan secara online, Anda tidak perlu menunggu petugas PLN datang untuk memberitahu berapa tagihan listrik Anda.

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengecek tagihan listrik, ini perlu dilakukan untuk mengetahui berapa banyak konsumsi listrik yang digunakan dalam setiap bulan.


Pembahasan Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP

Karena, hal ini berdampak pada biaya yang harus Anda bayarkan ke PLN, setidaknya bisa digunakan sebagai antisipasi di setiap bulannya.

Baca juga : Cara Cek Saldo BRI Lewat SMS

Pada bahasan kita kali ini banyak juga yang menanyakan cek tagihan listrik pasca bayar, cek tagihan rekening listrik, cek tagihan rekening listrik dan cara cek tagihan listrik gratis.

Untuk menjawab semua pertanyaan di atas berikut cara cek tagihan listrik lewat hp 2020.


Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP



1. Cek Tagihan Listrik Bulanan Lewat HP Dengan Telepon

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP
Cek Tagihan Listrik Bulanan Lewat HP Dengan Telepon
Bagi Anda yang belum tahu cara cek tagihan listrik bulanan lewat HP dengan telepon, berikut tutorialnya:
  • Cara pertama yang bisa dilakukan untuk cek tagihan listrik adalah dengan memanfaatkan layanan telepon.
  • Anda bisa menghubungi PLN di nomor 123 jika menggunakan perangkat telepon rumah.
  • Jika Anda menggunakan ponsel, harus memakai format atau kode area 123, contohnya jika Anda berada di Jakarta memakai 021-123.
  • Ketika sudah terhubung operator, ikuti langkah selanjutnya. Operator akan mengarahkan Anda untuk melakukan panggilan ke call center PLN.
  • Untuk melakukan cara ini Anda akan dikenakan tarif normal, kemudahan yang diberikan adalah cara ini bisa dilakukan kapan pun 24 jam nonstop.


2. Cara Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP Melalui Website

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP
Cara Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP Melalui Website
Cara cek tagihan listrik online lewat HP melalui website resmi PLN, bisa Anda lakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
  • Langkah pertama mengecek tagihan listrik melalui website atau situs resmi adalah masuk ke laman resmi PLN, cekbill.com. tagihan listrik. Masuk ke laman resmi PLN melalui link berikut: Laman Resmi PLN Cekbill.com.
  • Pastikan untuk menggunakan cara ini Anda sudah memiliki akun dengan ID pelanggan. Masukan ID pelanggan pada kolom yang tersedia untuk masuk ke akun Anda.
  • Jika sudah Anda akan diminta untuk memasukkan enam digit captha pada kolom yang tersedia, setelah itu klik Cek Tagihan.
  • Setelah itu, informasi mengenai tagihan listrik Anda akan muncul, Anda tak perlu lagi repot menanti petugas PLN ke rumah.


3. PLN Cek Tagihan Listrik Bulanan Lewat SMS

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP
PLN Cek Tagihan Listrik Bulanan Lewat SMS
PLN cek tagihan listrik bulanan lewat SMS juga bisa di gunakan untuk mengecek tagihan listrik Anda.

Baca juga : 9 Situs Download Drama Korea Subtitle Indonesia Terbaik

Untuk Anda yang belum tahu cara mengecek tagihan listrik melalui SMS. Ikuti langkah-langkah berikut:
  • Cara mudah selanjutnya untuk mengecek tagihan listrik adalah menggunakan SMS, Anda tidak perlu menggunakan sambungan internet untuk melakukan cara ini.
  • Namun, layanan ini hanya bisa dipakai untuk beberapa pelanggan provider tertentu, di antaranya seperti Telkomsel, Indosat, T-Flexi dan XL.
  • Anda harus menggunakan format SMS, REK(spasi)No ID Pelanggan, setelah itu kirim format SMS tersebut ke nomor 8123.
  • PLN juga memungkinkan Anda melakukan langganan informasi tagihan listrik, caranya ketikan PLN(spasi)ON(spasi)No ID Pelanggan kirim ke nomor 8123.
  • Jika ingin berhenti berlangganan, ketik PLN(spasi)OFF(spasi)No ID Pelanggan. Ketika Anda menggunakan cara ini akan dibebankan tarif operator sebanyak Rp500 untuk setiap pesan.


4. Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP Dengan Aplikasi

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP Dengan Aplikasi
Cara cek tagihan listrik lewat hp dengan aplikasi PLN, bisa Anda peraktikkan dengan mengikuti tutorial di bawah:
  • Langkah pertama, download dan install aplikasi PLN melalui link berikut: Download Aplikasi PLN
  • Jika sudah, lakukan pengaturan profil pada aplikasi PLN Mobile, jika Anda merupakan pengguna aplikasi lama silahkan pindahkan data ke aplikasi ini.
  • Untuk pengguna baru bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu, klik Daftar dan isi emua informasi yang diminta oleh aplikasi, jika sudah klik Simpan.
  • Langkah selanjutnya adalah masuk ke profil Anda, dalam tahap ini Anda bisa mencari informasi mengenai tagihan dan token listrik.
  • Bagi Anda yang tidak memiliki profil, bisa klik masuk tanpa login kemudian klik ikon informasi yang terdapat pada tab di atas.
  • Anda akan diarahkan ke halaman pilihan informasi yang Anda cari, klik informasi tagihan dan token listrik.


Akhir Kata

Selain cara cek tagihan listrik di atas yang bisa Anda lakukan, pihak PLN menyediakan layanan untuk mengetahui cek tagihan tersebut.

Terdapat layanan simulasi yang disediakan PLN guna menghitung tagihan listrik bagi Anda yang menggunakan layanan listrik pascabayar.

Jangan lewatkan artikel kami selanjutnya mengenai cara cek tagihan listrik bulan lalu yang sudah dibayar.

Itulah keseluruhan bahasan kita pada artikel kali ini mengenai cara cek tagihan listrik lewat hp 2020. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel