6 Cara Melihat Spesifikasi Laptop Windows atau PC 2020

Cara Melihat Spesifikasi Laptop
Apakah anda saat ini belum tahu bagaimana cara untuk melihat spesifikasi laptop Windows atau PC? Tenang saja karena di artikel ini kami sudah menyediakan 6 cara melihat spesifikasi laptop Windows atau PC 2020 untuk anda.

Melakukan pengecekan spesifikasi laptop windows atau PC adalah hal yang seharusnya dilakukan oleh pembeli saat akan membeli komputer atau laptop.

Pengecekan spesifikasi bertujuan agar Anda mengetahui gambaran konfigurasi sistem pada komputer atau laptop. Sehingga tidak menimbulkan rasa kecewa setelah membeli laptop atau komputer.

Untuk melakukan pengecekan spesifikasi laptop windows dan PC caranya cukup mudah, akan tetapi Anda yang kurang paham teknologi komputer dan laptop, pastinya asing saat pertama kali lihat spesifikasi komputer atau laptop.

Baca juga : Cara Mempercepat Koneksi Wifi di Windows Laptop atau PC

Untuk itu, melakukan spesifikasi sangat dianjurkan, dan bagi Anda yang belum tahu bagaimana cara melihat spesifikasi laptop windows dan PC.

Di bawah ini kami akan berikan cara melihat spesifikasi laptop windows 10, cara melihat spesifikasi laptop di control panel, cara melihat spesifikasi laptop windows 7, cara melihat spesifikasi laptop windows 8, aplikasi cek spek laptop, cara melihat core laptop dan cara melihat ram laptop. Silahkan disimak ya gaes.


Cara Melihat Spesifikasi Laptop Windows atau PC Windows

Nah di bawah ini kami akan memberikan 6 tutorial cara melihat spesifikasi laptop windows dan PC dengan mudah.


1. Cara Melihat Spesifikasi Laptop Windows atau PC Dengan CMD atau Command Prompt

Cara Melihat Spesifikasi Laptop
Cara Melihat Spesifikasi Laptop Windows Dengan CMD
Dengan systeminfo.exe Anda akan diberi tahu kapan OS (Sistem Oprasi) yang ada di komputer atau laptop di pasang.

Anda dapat mengetahui informasi - informasi tentang spesifikasi laptop Windows atau PC dengan systeminfo.exe yang merupakan perintah CMD.

Bagi Anda yang ingin menggunakan systeminfo.exe untuk melihat spesifikasi laptop Windows atau PC Anda, ikuti langkah - langkah yang akan kami berikan.
  • Buka ''Start menu''
  • Ketik ''Command Prompt''
  • Kemudian klik kanan mouse atau laptop Anda lalu Run as administrator
  • Selanjutnya ketik ''systeminfo'' lalu tekan ''Enter''
  • Setelah itu akan muncul konfigurasi lengkap tentang spesifikasi dan sistem oprasi, memori, termasuk dengan Windows, informasi pembaruan, perangkat keras, versi BIOS, detail network adaptor dan masih banyak lagi.


2. Cara Melihat Spesifikasi Laptop Windows atau PC Dengan Aplikasi Cek Spek Laptop Speccy

Cara Melihat Spesifikasi Laptop
Cara Melihat Spesifikasi Laptop Windows Dengan Speccy
Selanjutnya Anda juga bisa menggunakan software seperti software speccy, dengan menggunakan software speccy Anda juga bisa mengetahui spesifikasi laptop Windows atau PC Anda.

Cara menggunakan software speccy ini tidak jauh beda dengan software lain pada umumnya. Berikut cara menggunakan software speccy ini.
  • Download software speccy terlebih dahulu (Download Aplikasi Cek Spek Laptop Speccy)
  • Setelah terinstal buka software speccy
  • Kemudian setelah terbuka Anda akan ditampilkan sejumlah informasi - informasi mengenai spesifikasi dari komputer atau laptop Anda. Seperti Anda dapat melihat spesifikasi CPU dan Anda yang ingin melihat secara detail spesifikasi tentang komputer atau laptop Anda mulai dari operating system (sistem oprasi) sampai RAM di komputer dan laptop Anda.


3. Cara Melihat Spesifikasi Laptop Windows atau PC Dengan DXdiag

Cara Melihat Spesifikasi Laptop
Cara Melihat Spesifikasi Laptop Windows Dengan DXdiag
Menggunakan software DXdiag untuk melihat spesifikasi dari komputer dan laptop Anda juga bisa Anda lakukan dengan fitur bernama DXdiag.

Anda yang ingin menggunakan software DXdiag ini untuk mengetahui spesifikasi laptop windows atau PC, Anda bisa mengikuti langkah - langkah berikut.
  • Buka RUN Anda, atau dengan cara menekan tombol Windows+R pada keyboard.
  • Kemudian ketik ''dxdiag'' lalu tekan ''OK'', setelah itu tunggu beberapa saat.
  • Selanjutnya akan muncul pop up box yang berisi informasi - informasi lengkap mengenai spesifikasi.

Yang dimana pada tab display terdapat data dan informasi - informasi mengenai segala yang berkaitan dengan layar sampai informasi mengenai kartu grafis.

Tab input versi system terdapat informasi tentang input device. Pada tab system juga terdapat data detail dan lengkap mulai dengan OS, prosesor dan RAM, dan pada tab sound Anda akan diberikan informasi detail tentang driver.


4. Cara Melihat Spesifikasi Laptop Windows atau PC Dengan Aplikasi Cek Spek Laptop CPU-Z

Cara Melihat Spesifikasi Laptop
Cara Melihat Spesifikasi Laptop Windows Dengan CPU-Z
Anda juga bisa menggunakan software - software selain menggunakan fitur bawaan yang tersedia di Windows seperti software CPU-Z.

Sebelumnya Anda harus menginstal software CPU-Z terlebih dahulu, untuk menginstal software CPU-Z ini juga cepat dan sangat mudah.

Berikut tutorial cara menginstal software CPU-Z yang bisa Anda ikuti.


Cara Menginstal Aplikasi Cek Spek Laptop CPU-Z

Menginstal software CPU-Z bisa terbilang sangat mudah untuk di instal, karna Anda hanya perlu mendownload software CPU-Z.

Anda dapat men-download aplikasi ini melalui link berikut (Download Aplikasi Cek Spek Laptop CPU-Z).

CPU-Z adalah software yang sudah disediakan oleh pihak ketiga yang memungkinkan Anda bisa melihat informasi spesifikasi laptop windows atau PC Anda.

Sekarang kami akan berikan tutorial cara menggunakan software CPU-Z agar Anda bisa mengetahui spesifikasi laptop windows atau PC Anda.
  • Buka software CPU-Z yang sudah Anda instal sebelumnya
  • Setelah terbuka akan muncul tampilan spesifikasi laptop windows atau PC yang bisa Anda lihat secara detail dan terperinci.

Spesifikasi yang ditampilkan seperti informasi - informasi misalnya pada kolom SPD Anda akan ditampilkan informasi - informasi tentang RAM, pada kolom CPU Anda bisa mengetahui tentang CPU misalnya core speed komputer atau laptop sampai nama processor, dan pada kolom memory dimana Anda bisa melihat tipe memori.


5. Cara Melihat Spesifikasi Laptop Windows atau PC Dengan Setting App

Cara Melihat Spesifikasi Laptop
Cara Melihat Spesifikasi Laptop Windows Dengan Setting App
Dengan aplikasi pengaturan yang ada di laptop Anda bisa mengetahui berbagai informasi tentang perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) di laptop.

Berikut cara melihat spesifikasi dasar yang bisa Anda lakukan.
  • Buka Settings/Pengaturan
  • Pilih dan tekan opsi ''System''
  • Lalu pilih opsi ''About''
  • Setelah itu akan muncul informasi - informasi tentang prosesor yang digunakan di laptop, sistem oprasi windows yang ada di Laptop, kapasitas RAM, besaran hard drive dan lainnya.

Tips : Cara cepat untuk mendapatkan informasi di atas yaitu dengan melalui Control Panel > System


6. Cara Melihat Spesifikasi Laptop Windows atau PC Dengan ''System Information''

Cara Melihat Spesifikasi Laptop
Cara Melihat Spesifikasi Laptop Windows Dengan System Information
Di Windows informasi sistem merupakan salah satu cara paling mudah yang bisa Anda gunakan untuk melihat spesifikasi lengkap komputer atau laptop Anda.

Untuk Anda yang belum tahu bagaimana cara melihat spesifikasi sistem melalui ''Informasi Sistem'' ikuti langkah yang akan kami berikan.
  • Buka ''Start menu'' di komputer atau laptop Anda
  • Lalu ketik ''System Information'' atau ''msinfo32'' setelah itu tekan tombol ''Enter''
  • Setelah itu Anda bisa melihat ''Ringkasan Sistem'' yang meliputi sejumlah informasi tentang jenis sistem, informasi BIOS, model sistem, tanggal pembaruan firmware terakhir, ukuran memori, dan prosesor. Anda juga dapat melihat informasi tentang hardware atau perangkat keras yang ada di dalam komputer Anda.

Akan tetapi di dalam informasi yang disediakan tidak ada informasi tentang kartu grafis. Tetapi jangan khawatir jika Anda ingin mengetahui informasi kartu grafis Anda bisa melakukan tutorial berikut.
  • Lakukan expand pada components
  • Selanjutnya tekan ''View'', cukup mudah dan sekarang Anda bisa melihat informasi tentang kartu grafis.

Terdapat salah satu fitur menarik yang ada di dalam Systen Information atau informasi sistem.

Sangat bermanfaat bagi Anda saat komputer atau laptop tidak bisa atau tidak mau boot, dan pada saat Anda mengalami kegagalan hardware atau perangkat keras (Hardware Failure).

Fitur menarik yang dimaksud yakni Systen Information yang memiliki kemampuan membuat laporan tentang spesifikasi sistem secara lengkap.

Anda akan tetap bisa mengakses apabila Anda sudah menjalankan laporan dengan lengkap lalu disimpan di OneDrive.

Sehingga jika komputer atau laptop Anda tidak bisa menampilkan atau memberi tahu, Anda bisa mengetahui apa saja yang ada di dalam komputer atau laptop Anda dengan mengaksesnya kembali.

Berikut kami akan memberikan tutorial untuk Anda bagaimana cara melakukan generate laporan sistem spesifikasi di komputer dan laptop, ikuti tutorial yang akan kami berikan.
  • Buka ''Systen Information'' yang ada di komputer atau laptop Anda
  • Setelah itu pilih informasi spesifikasi yang Anda ingin ketahui. Misalnya Anda memilih Display akan muncul informasi - informasi tentang Kartu Grafis. System Summary maka akan muncul informasi - informasi tentang Summary komputer atau laptop Anda secara detail dan terperinci.
  • Kemudian tekan ''File'' lalu tekan ''Export''
  • Selanjutnya browse lokasi untuk menyimpan file
  • Setelah itu berikan nama laporan Anda lalu tekan ''Save''


Akhir Kata

Bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara melihat spesifikasi laptop Windows atau PC Windows, kami sudah memberikan uraian caranya pada pembahasan di atas.

Anda tinggal mencoba cara yang telah kami ulas tersebut dengan cermat dan teliti agar anda bisa berhasil melakukannya.

Jangan lewatkan juga artikel kami selanjutnya mengenai cara mengecek inci laptop, cara melihat inci laptop asus, cara melihat tipe laptop, cara melihat inci laptop acer dan cara mengetahui ukuran laptop hp.

Itulah seluruh isi bahasan kita kali ini mengenai cara melihat spesifikasi laptop Windows atau PC terbaru 2020 yang bisa anda praktekkan sendiri. Sekian dan selamat mencoba ya gaes.
SitiRahma Senang berbagi informasi teknologi

No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel