Cara Backup dan Restore Chat Whatsapp 2020

cara backup chat Whatsapp dan cara restore chat Whatsapp
Bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara untuk mem-backup dan kemudian merestore chat WA yang ada di HP anda, di artikel ini kami sudah menyediakan cara backup chat Whatsapp dan juga cara restore chat Whatsapp 2020 untuk anda.

Whatsapp merupakan salah satu platform media sosial yang sangat banyak penggunanya saat ini.

Berbagai macam fitur yang disediakan oleh aplikasi Whatsapp membuat aplikasi ini semakin digandrungi oleh para penggunanya.

Salah satu fitur yang paling sering digunakan dalam aplikasi Whatsapp adalah fitur chat Whatsapp.

Baca juga : Cara Mengunci Whatsapp Tanpa Aplikasi Tambahan

Fitur chat Whatsapp ini bisa berisikan pesan biasa, file dokumen, file suara dan jenis file lainnya.

Terkadang chat atau file penting laiinya yang ada di dalam chat Whatsapp tersebut terhapus bersama chat Whatsapp tersebut.

Nah, bagaimanakah caranya agar kita bisa mem-backup chat Whatsapp dan kemudian juga bisa mengembalikan chat Whatsapp tersebut?.

Silahkan anda simak pembahasannnya di bawah ini ya gaes.


Pembahasan Cara BackUp Chat Whatsapp dan Cara Restore Chat Whatsapp

Banyak pertanyaan terkait bahasan kita kali ini seperti cara backup chat whatsapp tanpa google drive, cara backup gbwhatsapp, cara backup whatsapp ke hp lain dan cara mengembalikan pesan wa yang sudah dihapus.

Kemudian terkait cara mengembalikan chat wa yg terhapus lama, cara mengembalikan chat whatsapp yang terhapus di xiaomi dan cara mengembalikan chat whatsapp yang terhapus di iphone.

Baca juga : Cara Menggunakan Social Spy WA untuk Menyadap Whatsapp

Selain itu terkait juga dengan cara download file backup whatsapp di google drive, cara memulihkan cadangan wa, cara melihat chat wa yang sudah dihapus lama, cara restore chat whatsapp dari google drive ke iphone, cara melihat backup whatsapp di google drive dan cara restore chat whatsapp manual.

Nah, silahkan anda simak jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut pada uraian di bawah ini gaes.


Cara Backup Chat Whatsapp

cara backup chat Whatsapp dan cara restore chat Whatsapp
Cara Backup Chat Whatsapp
Cara backup chat Whatsapp dapat anda lakukan dengan menggunakan fitur backup yang sudah disediakan dalam aplikasi WA ke Google Drive.

Silahkan anda ikuti langkah backup chat Whatsapp ke google drive berikut ini.
  1. Pertama, silahkan anda buka aplikasi WhatsApp yang ada di HP android atau iPhone anda;
  2. Lalu silahkan klik menu yang berupa 3 titik yang ada di pojok kanan atas layar HP anda;
  3. Kemudian pilih opsi Setelan;
  4. Lalu pilih opsi Chat;
  5. Selanjutnya pilih opsi Cadangan Chat;
  6. Kemudian akan tampil info Cadangan Terkahir yang berisi info tanggal atau waktu pencadangan lokal terkahir, info waktu pencadangan ke Google Drive yang terakhir, dan juga tersedia tombol CADANGKAN untuk melakukan pencadangan chat Whatsapp saat ini juga;
  7. Selain itu ditampilkan juga di bagian bawah layar yaitu menu Setelan Google Drive yang berisi opsi interval atau jangka waktu pencadangan otomatis ke Google Drive, opsi pemilihan akun google tujuan backup chat WA, opsi kapan pencadangan akan dilakukan (apakah hanya ketika tersambung ke Wifi atau kapan saja), serta opsi penyertaan video ketika pencadangan dilakukan;
  8. Silahkan anda atur opsi-opsi yang diberikan tersebut mana yang ingin anda lakukan;
  9. Setelah anda selesai mengatur opsi-opsi tersebut, anda bisa melakukan pencadangan chat Whatsapp dengan meng-klik tombol CADANGKAN.

Dalam melakukan proses backup chat dan file Whatsapp ini, anda harus memperhitungkan besarnya data yang akan anda cadangkan karena terkait dengan jumlah data yang akan digunakan dalam proses backup.

Baca juga : Cara Menyembunyikan Status Whatsapp Sendiri dan Status Orang Lain

Anda dapat menghapus foto dan video atau file dokumen dan chat Whatsapp yang tidak ingin anda cadangkan agar mengurangi pemakaian data yang tidak perlu pada saat proses pencadangan berlangsung.


Cara Restore Chat Whatsapp

cara backup chat Whatsapp dan cara restore chat Whatsapp
Cara Restore Chat Whatsapp
Setelah anda berhasil melakukan backup chat Whatsapp pada langkah di atas, selanjutnya kita kan bahas cara restore atau cara mengembalikan chat Whtasapp tersebut.

Jika sewaktu-waktu anda ingin mengembalikan atau me-restore chats WA yang telah anda cadangkan ke google drive, anda dapat melakukannya dengan melakukan beberapa langkah yang tidak terlalu sulit.

Silahkan anda ikuti cara restore atau mengembalikan chat Whatsapp yang sudah di backup di google drive berikut ini.
  1. Langkah pertama adalah menghapus aplikasi Whatsapp yang ada di HP anroid atau iPhone yang anda miliki;
  2. Cara menghapus aplikasi ini bisa melalui menu Pengaturan lalu pilih opsi Aplikasi, kemudian pilih aplikasi mana yang ingin anda hapus;
  3. Atau anda bisa menggunakan metode cara menghapus aplikasi yang sering anda gunakan untuk HP anda;
  4. Atau anda juga bisa melakukan metode tanpa menghapus aplikasi Whatsapp, yaitu dengan metode Clear Data atau Hapus Data,
  5. Caranya adalah dengan masuk ke menu Pengaturan di HP anda, kemudian pilih opsi Aplikasi, lalu pilih aplikasi Whatsapp, kemudian pilih opsi Clear Data atau Hapus Data;
  6. Setelah itu silahkan anda buka aplikasi Whatsapp yang ada di HP anda;
  7. Maka anda akan kembali seperti baru menginstal aplikasi Whatsapp, silahkan anda daftarkan nomor HP anda;
  8. Kemudian akan muncul tampilan opsi pertanyaan apakah anda ingin me-restore cadangan Whatsapp yang ada di google drive, silahkan anda pilih opsi YA;
  9. Nah, sekarang anda tinggal menunggu proses restore chat whatsapp yang sedang berlangsung.

Baca juga : Cara Membuat Whatsapp Centang 1 Tapi Tetap Online Terbaru

Nah, bagaimana gaes, mudah bukan cara back dan restore chat Whatsapp yang sudah diulas pada pembahasan di atas?.

Selain topik di atas, bagi anda yang juga ingin mengetahui cara mengembalikan file whatsapp yang terhapus, anda dapat membacanya pada artikel berikut ini : Cara mengembalikan File dan Foto Whatsapp yang Terhapus.


Akhir Kata

Bagi anda yang ingin tahu bagaimana cara untuk melakukan backup dan restore chat Whatsapp, kami sudah menyediakan caranya pada pembahasan di atas.

Anda tinggal mengikuti langkah-langkah yang telah kami berikan tersebut dengan cermat agar anda bisa berhasil melakukannya.

Baca juga : Cara Menyembunyikan Chat Whatsapp Mudah

Jangan lewatkan juga artikel kami selanjutnya mengenai cara mengembalikan chat wa yang terhapus sebelum di backup dan cara mengembalikan chat wa yang terhapus tanpa backup.

Selain itu ada juga cara mengembalikan chat wa yg terhapus lama tanpa backup dan cara mengembalikan chat wa yang hilang tanpa dicadangkan.

Itulah seluruh isi bahasan kita kali ini mengenai cara backup chat Whatsapp dan juga cara restore chat Whatsapp 2020. Sekian dan selamat mencoba ya gaes.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel