3+ Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Mudah

3+ Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Mudah
Menghapus aplikasi di komputer pada umumnya bukan pekerjaan yang sulit. Namun kadang bisa jadi rumit jika Anda tidak tahu tombol atau menu apa yang harus di-eksekusi, apalagi jika Anda bekerja pada Windows 8 ke atas.

Namun cara uninstall aplikasi di laptop kini semakin mudah seperti menekan shortcut dan menghapus instalasi di smartphone, tanpa harus melalui metode yang rumit.

1. Cara Uninstall Aplikasi Melalui Control Panel

Metode standar Windows dalam menghapus aplikasi di laptop yakni dengan menggunakan fungsi “Uninstall Programs” di bagian control panel.

Baca juga : 4 Cara Mengetahui Password PIN Kunci Pola HP Orang Lain Mudah

Anda harus tahu bagaimana cara mengakses jendela control panel di masing-masing versi Windows.

Adapun prosedur ini bisa digunakan untuk versi Windows 7 dan 8, tapi tidak untuk Windows 8.1 dan 10 yang memiliki aplikasi Windows Store.

Buka control panel sesuai versi Windows Anda. Bisa dengan (Start > Control Panel) untuk Windows 7 atau (Settings > Control Panel) untuk Windows 8.

Selanjutnya cari Programs and Features, kemudian klik untuk membuka daftar aplikasi yang telah terinstal di laptop Anda.

Gulir ke bawah untuk menemukan aplikasi yang akan dihapus (umumnya sesuai abjad). Kemudian klik satu kali pada aplikasi tersebut hingga tersorot, lalu klik perintah Uninstall di bagian atas daftar program.

Lanjutkan dengan mengkonfirmasi perintah sebagai administrator, kemudian klik Yes untuk sepenuhnya mencopot aplikasi dari program komputer.

Pada beberapa kasus, Anda akan langsung menerima konfirmasi bahwa penghapusan telah berhasil.

Baca juga : Cara Hack Password Facebook dengan kode HTML

Namun ada juga yang menampilkan pertanyaan lanjutan seputar penghapusan. Jadi pilih salah satu yang menurut Anda baik.

2. Cara Uninstall Aplikasi Melalui Start Menu atau Start Screen

Jika Anda bisa dengan mudah menekan lama pada shortcut untuk menghapus instalasi di perangkat smartphone, maka Anda juga bisa melakukan hal yang sama untuk Windows 10.

Prosedur ini cukup mudah dibandingkan harus mencari dan masuk ke dalam jendela control panel. Selain Windows 10, pengguna Windows 8.1 juga bisa menggunakannya. Namun tetap ada perbedaan di keduanya.

Buka start menu di Windows 10, kemudian cari program atau aplikasi Windows Store yang akan Anda copot di bagian search box. Untuk pengguna Windows 8.1 maka bisa langsung di start screen.

Selanjutnya arahkan mouse ke aplikasi yang dipilih, kemudian klik kanan atau tekan lama (bagi pengguna touchscreen) untuk melihat perintah selanjutnya.

Baca juga : 6+ Cara Hack Facebook Tanpa Aplikasi dan Dengan Aplikasi

Dari menu yang muncul kemudian pilih dan klik Uninstall. Selanjutnya ikuti langkah yang sama seperti menghapus instalasi di control panel.

3. Cara Uninstall Aplikasi Melalui file uninstall.exe

Kebanyakan program desktop yang terinstal di PC (terutama yang mempunyai uninstall shortcut), umumnya memiliki file executable (uninstall.exe atau yang hampir sama).

Anda bisa menemukan file executable ini di bagian folder aplikasi, khususnya di bagian disk C: dan folder Program Files.

Cara ini cukup mudah, karena Anda tinggal mengeksekusi file tersebut seperti ketika menginstal aplikasi.

Pergilah ke My Computer, kemudian pilih dan klik dua kali pada disk C:

Dari sana cari folder bernama Program Files, kemudian klik dua kali untuk membuka folder aplikasi yang telah terinstal.

Baca juga : Cara Hack Twitter dengan Script HTML

Jika Anda sudah menemukan folder yang dicari, maka klik dua kali untuk membukanya. Selanjutnya cari file bernama uninstall.exe atau yang hampir serupa namanya. Kemudian klik dua kali untuk mendapatkan perintah berikutnya.

Langkah selanjutnya hampir sama dengan perintah di control panel. Konfirmasi penghapusan sebagai administrator, lalu klik Yes untuk menghapus aplikasi seluruhnya.

Selain ketiga cara di atas, masih banyak cara lain yang bisa Anda tempuh untuk menghapus aplikasi di laptop.

Seperti dengan perintah Command Prompt (CMD) dan juga PowerShell, atau bisa juga melalui penginstal .msi untuk PC 64 bit. Bahkan Anda juga bisa memakai software khusus uninstall.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel