Cara Membuat Brosur Mudah Gratis 2020

Cara Membuat Brosur yang Mudah dan Gratis
Mengingat banyak informasi kini tersedia secara online, lalu apakah brosur cetak masih relevan? Jawabannya mungkin iya, jika Anda pengusaha atau pemilik usaha yang ingin menumbuhkan bisnis.

Jika dahulu cara membuat brosur hanya terpaku pada program desain grafis yang rumit, maka kini Anda bisa mendesain brosur melalui program microsoft atau aplikasi online yang ringan dipakai.

1. Membuat Brosur Dengan microsoft word

Microsoft word merupakan program yang lebih ringan dan mudah digunakan untuk membuat brosur. Anda bisa memulai dengan menggunakan template brosur di word tanpa harus repot mengatur tata letak desain.

Baca juga : 4 Cara Mengetahui Password PIN Kunci Pola HP Orang Lain Mudah

Karena pada dasarnya template brosur ini telah di-desain menggunakan kolom dan placeholder yang bisa dengan mudah Anda ganti dengan teks serta gambar yang sesuai.

Gunakan template bawaan word untuk membuat konten brosur. Caranya buka program microsoft word, kemudian klik File > New.

Pada pilihan “Templates”, cari menu “Brochure”. Atau jika tidak ada maka cari di jendela pencarian dan ketikkan brochure.

Selanjutnya pilih salah satu desain brosur yang Anda suka, centang pilihan “Document” kemudian klik “Create”.

Ubah teks placeholder dengan kata-kata yang diperlukan, kemudian klik gambar dan pilih “Change Image” untuk mengganti gambar yang sesuai pilihan. Ulang langkah ini hingga semua template selesai.

Ubah pula tata letak dari brosur Anda. Jika sudah selesai maka klik File > Save As. Ganti nama file sesuai keinginan, kemudian klik “Save”.

2. Membuat Brosur Dengan microsoft publisher

Buka program microsoft publisher. Kemudian klik opsi “Brochure” di bagian “Publication Types” atau ketik di jendela search. Anda akan menemukan banyak template brosur trifold yang cukup menarik.

Baca juga : Cara Hack Password Facebook dengan kode HTML

Pilih salah satu template yang Anda suka, kemudian klik dua kali untuk membukanya.

Atur jenis kertas yang Anda gunakan di bagian “Brochure Options”. Selanjutnya sesuaikan skema warna dan hurufnya di bagian “Color Schemes” atau “Font Schemes”.

Lanjutkan dengan mengubah isi template dengan berbagai gambar serta teks yang Anda perlukan.

Masukkan informasi lain yang mungkin tidak tersedia di bagian placeholder, atau hapus informasi yang tidak Anda butuhkan.

Di bagian bawah lembar kerja terdapat dua ikon yang menunjukkan jumlah halaman. Anda bisa melihat ada dua halaman, yang menunjukkan sisi depan dan belakang brosur. Jadi pastikan Anda telah mengubah kedua sisi dengan benar.

Jika sudah selesai maka simpan hasil pekerjaan Anda dengan klik File > Save As. Ubah nama file kemudian klik Save.

3. Membuat Brosur Dengan platform online canva

Jika Anda kurang menyukai desain template dari word atau publisher yang agak kaku, maka cobalah platform online dari canva.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mendesain brosur dengan ribuan template modern yang gratis. Anda bisa mengubah template hingga terlihat seperti desainer pro.

Baca juga : 2+ Cara Sadap WhatsApp Terbaru Terbaik

Bahkan Anda juga bisa membagikan hasil karya dengan orang lain yang terhubung ke sosial media.

Buka https://www.canva.com/templates/brochures/ untuk mendapatkan ribuan template brosur dari web canva, atau Anda bisa juga download aplikasinya di playstore dan juga appstore. Namun sebelumnya, Anda harus mendaftar akun baru di canva.

Selanjutnya pilih salah satu template yang Anda suka, kemudian klik “Use this template”.

Cobalah mengubah teks placeholder yang ada di template dengan kata-kata atau pesan yang Anda perlukan. Jika perlu, ubah jenis, ukuran, atau warna font sesuai selera.

Ubah pula latar belakang atau gambar sesuai keinginan Anda. Jika sudah selesai, maka Anda bisa klik tombol “Download” untuk mengunduh atau publikasikan hasil karya Anda kepada orang lain.

Pada dasarnya brosur dapat membantu Anda dalam memperkenalkan program atau produk bisnis agar lebih mudah diingat orang.

Baca juga : Cara Mudah Membuat Best Nine Instagram

Untuk itu, Anda harus membuatnya semenarik mungkin. Namun jika Anda kurang berbakat dalam desain grafis, maka cobalah berbagai template yang tersedia di internet.

Itulah beberapa cara membuat brosur yang gratis dan mudah. selamat mencoba ya.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel