5 Cara Download Firmware Android Gratis

5 Cara Download Firmware Android Gratis
Apa itu firmware Android? Firmware adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan oleh setiap ponsel Android.

Di mana dalam arti lain, firmware Android atau yang biasa juga disebut ROM adalah suatu file yang berisikan OS Android dari telepon pintar berbasis Android.

Bisa dibilang juga bahwa firmware adalah file mentahan dari OS Android yang ponsel pintar anda miliki.

Baca juga : 4 Cara Mengetahui Password PIN Kunci Pola HP Orang Lain Mudah

Firmware setiap jenis telepon pintar tentunya berbeda. Setiap merek dan jenis atau seri yang tertera tentu menggunakan firmware yang berbeda.

Jadi jika anda ingin menggunakan firmware, tidak bisa sembarangan mencari atau mengunduhnya, harus disesuaikan dengan merek dan tipe telepon pintar yang digunakan.

Hampir setiap mereka telepon pintar menyediakan layanan untuk mengunduh secara gratis firmware produk mereka, tentunya dengan daftar seri yang lengkap.

Mengetahui link dan cara untuk mengunduh firmware sangat penting untuk mengantisipasi jika terjadi masalah dengan telepon pintar yang anda miliki, jadi anda bisa membetulkan atau memperbaikinya dengan lebih mudah menggunakan firmware ini.

Baca juga : Cara Hack Password Facebook dengan kode HTML

Firmware ini juga diperlukan jika anda  akan menginstall secara manual telepon pintar anda dengan firmware terbaru atau jika terjadi masalah dengan firmware yang sudah terpasang sebelumnya pada ponsel anda, seperti ketika ponsel mengalami error atau ketika ponsel anda terjatuh, terkena air dan semacamnya.

Lantas bagaimana cara untuk mengunduh firmware yang tepat untuk beberapa mereka ponsel pintar?

Berikut adalah beberapa daftarnya, catat dan jangan sampai salah unduh, ingat bahwa setiap merek memiliki firmware yang berbeda.

1. Download Firmware Android Gratis di Ponsel Asus Zenfone

Untuk anda yang memiliki ponsel dengan merek Asus Zenfone, anda bisa mengunduh firmware secara gratis melalui link https://www.asus.com/id/support/Download-Center/ .

Situs tersebut menyediakan semau jenis software untuk menunjang semua produk dengan merek Asus.cara mengunduhnya pun tidak sulit.

Anda hanya perlu masuk ke situs tersebut, lalu mengetikkan tipe perangkat yang dimiliki di kolom pencarian.

Baca juga : 6 Cara Hack Facebook Tanpa Aplikasi dan Dengan Aplikasi

Jika sudah muncul, pilih menu Driver & Tools dan selanjutnya anda akan menemukan menu firmware yang kemudian bisa diunduh secara gratis.

2. Download Firmware Android Gratis di Ponsel Samsung Galaxy

Untuk pengguna Samsung Galaxy, anda bisa mengunjungi link https://www.sammobile.com/firmwares/ .

Untuk merek satu ini terdapat sedikit perbedaan dari segi perangkat. Di mana perangkat yang dijual di setiap negara memiliki software yang sedikit berbeda.


Oleh karena itu, anda harus memastikan regional yang tertera pada perangkat anda.

Situs tersebut menyediakan segala macam software untuk perangkat Samsung dan bisa diunduh secara gratis.

Baca juga : Cara Hack Twitter dengan Script HTML

Akan tetapi anda harus mengikuti sejumlah prosedur pendaftaran untuk mendapatkan software tersebut secara gratis.

3. Download Firmware Android Gratis di Ponsel Xiaomi

Untuk pengguna merek Xiaomi anda bisa mengunduh software yang diinginkan melalui situs https://c.mi.com/global/miuidownload/index .

Di situs ini menyediakan semua macam firmware untuk merek Xiaomi. Bahkan anda juga bisa melihat panduan untuk flashing hp juga.

4. Download Firmware Android Gratis di Ponsel Oppo

Untuk pengguna Oppa, anda bisa mengunduhnya lewat situs https://oppo-id.custhelp.com/app/soft_update . Situs tersebut adalah situs resmi dari Oppo yang menyediakan segala macam software yang diperlukan termasuk firmware untuk ponsel pintar merek Oppo.

5. Download Firmware Android Gratis di Ponsel Vivo

Untuk pengguna vivo, anda tidak perlu khawatir karena Vivo juga menyediakan situs yang menyediakan beberapa software termasuk firmware untuk ponsel pintar anda. Anda hanya perlu mengunjungi situs https://vivo.com/en/support/support-info#/en/support/system-update dan mencari firmware yang tepat untuk seri ponsel anda.

Di atas adalah beberapa cara dan juga situs untuk download firmware Android gratis.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa setiap merek dan seri ponsel memiliki firmware yang berbeda jadi harus disesuaikan.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel