Cara Melihat dan Menonaktifkan Last Seen Instagram

Dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara menonaktifkan last seen instagram dan juga cara melihat last seen instagram yang disembunyikan.

Siapa yang tidak mengenal Instagram? Hampir sebagian besar masyarakat dari usia muda hingga tua telah pandai mengoperasikan instagram.

Seperti kebanyakan medsos pada umumnya, Instagram juga kian populer dengan berbagai macam fitur yang ditawarkan.

Dari posting foto hingga stories, Instagram menyajikan sebuah platform media sosial yang cukup unik dan berbeda.

Seiring dengan popularitasnya yang semakin meningkat, Instagram kian membenahi platformnya dengan menghadirkan bebeberapa fitur baru bagi pengguna setianya.

Salah satu fitur baru yang mulai diperkenalkan oleh Instagram yaitu fitur “last seen” dimana pengguna dapat melihat status aktif dari akun pengguna lain serta dapat memungkinkan pengguna mengetahui waktu terakhir akun tersebut aktif.

Banyak pertanyaan yang terkait dengan fitur last seen instagram ini misalkan seperti cara mengaktifkan last seen di instagram, last seen instagram error, cara melihat terakhir aktif di instagram, cara melihat kapan terakhir online di instagram dan juga cara mematikan dm instagram.


Berikut Cara Melihat dan Menonaktifkan Last Seen di Instagram

Cara Melihat dan Menonaktifkan Last Seen di Instagram

1. Cara Melihat Last Seen Instagram melalui Aplikasi

Fitur last seen di instagram dapat memberikan manfaat tersendiri bagi pengguna yang ingin mengetahui status aktif dari pengguna lain. Untuk memanfaatkan fitur ini cukup terbilang mudah dan sederhana dan tidak perlu untuk menggunakan aplikasi pendukung lainnya. Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Untuk dapat menggunakan fitur last seen di Instagram yang notabenenya adalah fitur baru, maka hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengupdate atau memperbaharui aplikasi Instagram pada versi paling terbaru. Untuk melakukan update, Anda dapat mengunduh Instagram versi terbaru melalui playstore.

Setelah Anda memiliki aplikasi Instagram versi terbaru, Anda dapat menggunakan fitur last seen yang tersedia dengan memanfaatkan menu direct message pada Instagram. Untuk menemukan  menu direct message, Anda dapat menekan ikon DM dengan bentuk pesawat kertas yang terletak pada pojok kanan atas aplikasi.

Lalu bagaimana fitur last seen dapat dimanfaatkan? Setelah Anda menekan ikon direct message, Anda dapat melanjutkan dengan membuka obrolan dengan pengguna lain yang ingin Anda ketahui kapan pengguna tersebut terakhir kali aktif. Anda dapat menemukan waktu terakhir kali pengguna tersebut aktif yang berada pada bagian bawah dari ruang obrolan.

Karena fitur last seen hanya dapat berfungsi melalui menu direct message, maka perlu diingat bahwa untuk mengetahui last seen dari pengguna lain, Anda perlu mengirim pesan melalui menu direct message ke pengguna tersebut.

Fitur last seen juga masih akan tetap dapat dimanfaatkan selama pengguna lain tidak menonaktifkan fitur last seen tersebut. Jika pengguna lain telah menonaktifkan fitur last seen, maka Anda tidak dapat melihat kapan terakhir kali pengguna tersebut aktif di Instagram.

Perlu diingat pula bahwa ketika pengguna Instagram belum bisa melihat last seen dari semua pengguna lain, dapat dipastikan bahwa pengguna lupa tidak mengaktifkan fitur ini meskipun secara otomatis fitur ini akan aktif secara default.

2. Cara Melihat Last Seen di Instagram Melalui Browser

Lalu bagaimana cara menggunakan fitur last seen jika Anda mengakses Instagram lewat browser? Untuk saat ini, layanan Instagram melalui browser hanya dapat digunakan untuk mengunggah serta melihat gambar atau foto dari akun Anda dan pengguna lain.

Sedangkan fitur-fitur Instagram lainnya seperti direct message atau last seen belum tersedia karena masih berada dalam tahap pengembangan.

Fitur direct message juga hanya dapat digunakan untuk melihat pesan yang masuk pada akun Anda, namun belum dapat digunakan untuk mengirim pesan ataupun membalas pesan. Oleh karena itu, fitur Last Seen juga belum tersedia untuk platform Instagram yang diakses melalui browser.

3. Cara Menonaktifkan Last Seen Instagram

Jika Anda cukup terganggu dengan fitur last seen yang disediakan oleh Instagram, Anda dapat menonaktifkan fitur tersebut dengan mengikuti langkah-langkah mudah cara menonaktifkan last seen ig dibawah ini:
  • Pilih ikon profil akun
  • Klik ikon setting yang berada di paling atas kanan
  • Cari ikon “Show Activity Status”
  • Ubah settingan menjadi nonaktif
  • Setelah menu tersebut dinonaktifkan, pengguna lain tidak dapat mengetahui lagi kapan terakhir kali Anda aktif di Instagram

Fitur “Last Seen” terkadang cukup membantu pengguna Instagram untuk mengetahui status aktif pengguna lain. Untuk mengetahui cara melihat dan menonaktifkan last seen di Instagram, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang kami sebutkan di atas.

0 Response to "Cara Melihat dan Menonaktifkan Last Seen Instagram"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel