Skip to main content

3 Cara Logout WhatsApp Web dan Android Mudah

3 Cara Logout WhatsApp Web dan Android Mudah
Sering menawarkan pembaruan baru, membuat aplikasi whatsApp menjadi salah satu platform pesan terbaik yang banyak digunakan untuk pengguna smartphone.


Bahkan kemudahan aplikasi whatsApp kini juga bisa diakses melalui web browser dan juga aplikasi khusus komputer.

Anda bahkan bisa menemukan banyak pembaruan lain di whatsApp, kecuali cara logout whatsApp web dan android.

Aplikasi whatsApp kini memungkinkan Anda berbagi atau melihat pembaruan status 24 jam. Bahkan Anda juga bisa menghapus akun dan juga mengganti nomor telepon.

Namun tidak ada opsi logout yang memungkinkan Anda keluar dari aplikasi android atau web dengan mudah. Jadi beberapa solusi berikut mungkin bisa membantu Anda sembari melindungi data percakapan tetap aman.

Cara Logout WhatsApp Web dan Android


1. Logout dari perangkat android

Meskipun whatsApp tidak memiliki opsi logout untuk perangkat smartphone, namun Anda tidak perlu menghapus instalasi untuk mengganti akun.

Tetapi Anda dianjurkan untuk membuat cadangan pesan lewat “Pengaturan WhatsApp – Obrolan - Cadangkan Obrolan”. Jadi, Anda bisa memulihkan pesan jika ingin masuk ke akun lama. Sementara untuk keluar whatsApp bisa mengikuti langkah berikut.

Buka Pengaturan Android (ikon roda gigi) yang berada di home screen smartphone atau halaman aplikasi. Selanjutnya ketuk menu Aplikasi (umumnya berada di pilihan Devices), lalu cari aplikasi WhatsApp.
Pada bagian Penyimpanan atau Storage, ketuk opsi Hapus Data. Opsi ini memungkinkan Anda untuk keluar akun dan menghapus riwayat pesan dari aplikasi whatsApp.
Selanjutnya klik OK untuk menyetujui penghapusan pengaturan dan juga berkas aplikasi.
Terakhir, buka kembali aplikasi whatsApp Anda. Jika Anda berhasil keluar aplikasi, maka beranda whatsApp akan membawa Anda ke menu login seperti awal penggunaan.

2. Logout dari perangkat iPhone atau iPad

Jika Anda pengguna iPhone atau iPad, maka cara keluar dari whatsApp satu-satunya yaitu dengan menghapus aplikasi. Bukan dengan menghapus data penyimpanan seperti pada android.

Untuk itu sebelum Anda mengeksekusi, maka pastikan Anda membuat cadangan pesan di iCloud. Caranya pilih “Pengaturan WhatsApp - Obrolan - Cadangkan Obrolan”. Selanjutnya ikuti langkah berikut.

Di beranda iPhone atau iPad Anda, tekan ikon WhatsApp agak lama sehingga muncul tanda X untuk menghapus aplikasi.
Ketika muncul pernyataan untuk menghapus aplikasi, maka pilih Hapus atau Delete. Dengan demikian Anda tidak akan menemukan aplikasi WhatsApp di perangkat iPhone atau iPad, namun tetap memiliki cadangan pesan di iCloud.
Sementara jika Anda ingin menggunakan aplikasi whatsapp kembali maka Anda harus mengunduh dan menginstal kembali aplikasi melalui App Store.

3. Logout dari web atau desktop

Kepopuleran whatsApp telah membawa aplikasi ini untuk bisa diakses melalui web atau desktop. Tentunya untuk masuk ke dalam akun dibutuhkan kunci scan QR yang bisa diakses oleh pengguna smartphone.

Namun kemudahan ini bisa berbahaya jika Anda lupa logout atau membiarkan PC tetap aktif. Jadi untuk keluar aplikasi baik ketika Anda jauh dari PC atau tidak bisa dengan cara berikut.
Langkah 1 (langsung dari web):

Pada bagian layar whatsApp web (di atas daftar percakapan), pilih ikon Menu bergambar tiga titik
Selanjutnya pilih opsi Logout atau Keluar.
Langkah 2 (melalui perangkat smartphone):
Buka aplikasi whatsApp Anda yang berada di smartphone (baik android maupun iPhone)
Selanjutnya pilih ikon Menu (tiga titik) di bagian pojok kanan atas untuk perangkat android, atau opsi Pengaturan di bagian bawah kiri untuk pengguna iPhone. Lalu pilih opsi WhatsApp Web/Desktop.
Di bagian bawah, Anda akan menemukan daftar aktivitas komputer terakhir yang telah mengakses dan masuk akun whatsApp web Anda. Selanjutnya pilih dan ketuk opsi “keluar dari semua perangkat komputer”.

Dengan menghilangkan fungsi logout untuk aplikasi whatsApp di perangkat smartphone, maka risiko penyalahgunaan akun atau penggunaan nomor ganda tidak akan terjadi. Karena data dan nomor yang digunakan untuk verifikasi akun tidak bisa dibohongi, bahkan dengan emulator sekalipun.