Cara Setting APN Indosat Ooredoo 3G/4G

Setting APN Indosat Ooredoo 3G/4G adalah sebuah cara untuk mengatur Access Point Name pada jaringan provider Indosat Ooredoo. Setting APN secara manual di ponsel android maupun IOS dilakukan biasanya untuk mengakses layanan Virtual Private Network (VPN).

Namun juga kadang diperlukan untuk bisa menggunakan jaringan internet pada kartu indosat yang baru diregistrasi.

Terkadang saat membeli kartu Indosat Ooredoo baru memang perlu setting APN manual, jika tidak, meskipun kartu itu bisa dipakai nelpon dan sms, kuota internet masih banyak, jaringan data sudah dinyalakan. Namun ternyata tetap tidak bisa digunakan. Kenapa demikian? Tentunya karena APN belum dibetulkan.

Cara Setting APN Indosat Ooredoo 3G/4G


Baik jaringan internet ponsel 3G maupun 4G sama-sama membutuhkan cara setting APN Indosat Ooredoo 36/4G. Secara umum, struktur Access Point Name ini sama, baik yang 3G maupun 4G. Ada beberapa unsur point name yang mesti dimasukkan.

Ingatlah bahwa jangan sampai mengotak-atik APN secara ngawur karena ini bisa menyebabkan internet jadi lambat, bahkan sama sekali tidak bisa diakses.

Sebelum membahas mengenai cara setting APN Indosat Ooredoo 36/4G, mari lebih mengenal dulu secara jauh apa itu APN, sebab kalau tidak mengenal sepertinya kita akan sulit juga mengatur APN di masing-masing operator kartu seluler.

Apalagi memang banyak kejadian di mana settingan APN ini masih belum ada, apalagi kalau ponselnya bukan jenis smartphone.

  • Pengertian APN, Struktur dan Fungsinya

APN merupakan singkatan dari Access Point Name, ini menjadi sebuah pintu , jalan atau gateway yang menghubungkan ponsel dengan jaringan internet. Jika diibaratkan sebuah jalan, maka APN merupakan gerbang tolnya, tempat di mana terjadi identifikasi. Cara setting APN Indosat Ooredoo 36/4G ini tentunya bertujuan untuk proses identifikasi macam ini.

Oleh karena dinamakan Access Point Name, maka struktur APN pun ada cukup banyak dan memiliki fungsi yang berbeda-beda. Ada banyak kolom isian yang mesti diisi maupun tidak, tergantung pada kebutuhan settingannya.

Namun terdapat satu fungsi besar yang merepresentasikan manfaat mengatur APN secara manual ini, yaitu untuk mengatur apakah akan menggunakan jaringan 3G atau 4G.

Fungsi pengaturan layanan jaringan GPRS, 3G atau 4G ini berkaitan dengan pengaturan tentang Package Data Network (PDN yang meliputi juga sinyal-sinyal internet 2G/Edge, HSDPA, LTE bahkan sinyal 5G pun jika telah populer kelak dapat diatur dengan cara setting APN ini.

Terdapat 2 struktur APN yang utama dan sangat penting secara general untuk cara setting APN Indosat Ooredoo 36/4G, yaitu:

  1. Network Identifier: yaitu bagian yang paling vital dan mesti digunakan karena berhubungan dengan Gateway GPRS Support Node
  2. Operator Identifier: yaitu spesifikasi lebih detail dari GGSN (Gateway GPRS Support Node) yang menyebutkan mengenai operator atau provider jaringan internet yang digunakan. Tercakup di dalamnya juga kode-kode negara di mana jaringan seluler ini tersambung.


  • Bagian-Bagian APN Indosat Oordeeo

Kini masuk ke dalam bagian-bagian dari Access Point Name milik jaringan internet Indosat Ooredoo. Sejak beralih nama menjadi Indosat Ooredoo, dulunya memang sempat ada pengaturan APN manual untuk penyesuaian. Namun kini tiap kali beli kartu, sudah bisa langsung dipakai dan tersetting otomatis.

Namun alangkah baiknya sebelum memulai cara setting APN Indosat Ooredoo 36/4G, memang perlu tahu dulu bagian-bagian dari APN Indosat Ooredoo sebagai berikut. Ini adalah isian poin akses yang ada di dalam ponsel tipe android yang mendukung sinyal 2G, 3G, 4G maupun LTE.

Nama Poin Akses: Indosatgprs
APN: internet
Proxy: tidak diatur
Port: tidak diatur
Nama pengguna: tidak diatur
Kata sandi: tidak diatur
Server: tidak diatur
MMSC: tidak diatur
Port MMS: tidak diatur
MCC: 510
MNC: 01
Tipe Otentifikasi: PAP
Tipe APN: IPv4
Protokol Jelajah APN: IPv4
Bearer: tidak ditetapkan
Tipe operator jaringan virtual seluler: tidak ada

  • Cara Setting APN Indosat Ooredoo 3G/4G

Mula-mula sebelum mulai setting APN, pastikan masuk dulu ke dalam menu pengaturan jaringan seluler, kemudian pilih menu nama poin akses. Jika pengaturannya sudah default seperti yang tertera di atas, maka tidak perlu diotak-atik lagi.

Jika segala cara setting APN Indosat Ooredoo 36/4G sudah dilakukan, namun belum kunjung membuat internet lancar, cobalah beberapa nama poin akses dan server lainnya berikut ini:

Nama Poin Akses/APN: wap.indosat-m3.net
Server : nakula.indosat.com

Nama Poin Akses/APN: mms.satelindogprs.com
Username : satmms
Password : satmm

Nama Poin Akses/APN: indosatooredoo.com / indosatm2
Username : indosat
Password : indosatgprs
Server : 202.155.0.25

Nama Poin Akses/APN: indosatunlimited
Server : indosatm2.com
Nama Poin Akses/APN: internet.globe.com.ph
Server : 8.8.8.8

Nama Poin Akses/APN: vodafone
Server : wap.vodafone.com
Nama Poin Akses/APN: internet
Server : 8.8.8.8

Nama Poin Akses/APN: 363.net
Server : 8.8.4.4

Untuk mengatur APN itu mudah sekali, jika menggunakan ponsel android maka tinggal pastikan saja bahwa format isian APN sudah sesuai dengan yang ada di bagian-bagian di atas.

Meski demikian, jaringan APN di atas kerap dianggap masih suka bermasalah atau kurang memuaskan karena koneksinya tidak stabil. Memang ini berbeda-beda di tiap daerah. Dan leletnya koneksi juga sangat dipengaruhi oleh paket internet Indosat Ooredoo apa yang dimiliki.

0 Response to "Cara Setting APN Indosat Ooredoo 3G/4G"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel