4 Cara Screenshot di Xiaomi Semua Series MI, Redmi

















Screenshot merupakan salah satu fitur yang dimiliki oleh kebanyakan smartphone zaman sekarang. Dengan adanya fitur ini, segala persoalan baik yang berhubungan dengan pekerjaan atau kehidupan sehari-hari menjadi lebih mudah.

Kebanyakan kamu sudah mengetahui apa itu screenshot, ya fitur yang digunakan untuk mencapture tampilan layar yang kamu kehendaki menjadi sebuah gambar. Jika dalam Bahasa Indonesia screenshot berarti tangkap layar.

Banyak sekali fungsi dari screenshot ini, kebanyakan fungsi ini digunakan untuk memberitahu sebuah informasi kepada seseorang menggunakan bantuan layar yang bisa dibagikan dalam bentuk gambar.

Nah, untuk bisa menggunakan fitur screenshot pada smartphone Xiaomi baik Mi series ataupun Redmi Seriees, kamu bisa menggunakan berbagai cara dengan segala fasilitas yang sudah diberikan oleh Xiaomi pada setiap smartphonennya.

Cara Screenshot di Xiaomi Semua Series MI, Redmi


1. Menggunakan tombol kombinasi fisik pada smartphone

Dibagian samping smartphone Xiaomi kebanyakan mempunyai berbagai tombol, yaitu tombol power dan volume up maupun down. Untuk keperluan screenshot ini, kamu cukup menggunakan 2 tombol saja yaitu tombol power dan tombol volume down.

Apabila hp Xiaomimu belum pernah dioprek alias sudah dirubah-rubah, cara ini merupakan cara defaultnya. Caranya, kamu tentukan tampilan mana yang ingin kamu screenshot, kemudian tekan tombol kombinasi tersebut yaitu tombol power dan volume down secara bersamaan.

2. Menggunakan shortcut item statusbar

Saat kamu menggeser kebawah statusbar pada smartphone xiaomimu baik redmi maupun Mi pastinya akan muncul berbagai panel yang ada dibagian paling atas bukan? Apabila pada bagian tersebut belum pernah kamu otak-atik pastinya kamu akan segera melihat shortcut Screenshot pada bagian tersebut.

Jika ternyata tidak muncul, kamu bisa merubahnya kembali dengan memencet tombol ubah yang ada pada bagian tersebut, dan kamu geser gambar screenshot kedalam tempat yang kamu inginkan.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, yaitu pilih tampilan yang ingin kamu jadikan gambar atau screenshot, kemudian geser statusbar kebawah dan tekan tombol screenshot tadi. Nantinya akan muncul notifikasi atau tanda bahwa screenshot sudah berhasil.

3. Menggunakan fitur Quick ball atau Bola pintas

Cara yang ketiga ini merupakan cara bagi kamu yang menyukai tombol tambahan yang bisa kamu geser-geser seperti milik iPhone. Kebanyakan para pengguna Xiaomi masih belum mengetahui cara mengaktifkannya, mungkin salah satunya yaitu kamu.

Untuk mengaktifkannya sangatlah mudah, pastinya yang pertama yaitu masuk kedalam bagian setting atau pengaturan hp kamu. Kemudian scroll kebawah dan pilih bagian Additional settings atau jika dalam bahasa Indonesia, bertuliskan setelan tambahan.

Kemudian cari tab yang bertuliskan Quick ball atau Bola pintas. Setelah terbuka, kamu bisa langsung menekan tombol hidupkan bola pintas, nantinya quick ballnya akan otomatis muncul pada layar hp Xiaomi kamu.

Untuk melakukan screenshot sangatlah mudah, yaitu saat kamu menginginkan screenshot tampilan layarmu, kamu pencet saja lingkaran atau tombol quickballnya tadi. Kemudian pilih logo screenshot yang biasanya bergambar kotak dan gunting.

4. Menggunakan gesture 3 jari pada layar hp

Xiaomi sendiri juga menambahkan fitur unik untuk melakukan screenshot pada hp yang dikeluarkannya, yaitu dengan menggunakan gesture 3 jari pada layarnya.

Secara default atau jika kamu baru membeli hp Xiaomi dan belum di otak-atik bagian settingannya, kamu sudah bisa menggunakannya secara langsung tanpa harus mengaktifkannya kembali, tetapi jika kamu sudah melakukan settingan mungkin bisa kamu aktifkan kembali.

Untuk mengaktifkanya cukup mudah, sama seperti poin nomor 3 dengan masuk kebagian setting HP dan pilih bagian Additional settings atau setelah tambahan. Nah, jika pada poin nomor 3 kamu memilih tab Quickball, pada poin ini kamu harus memilih tab pintasan tombol dan gerakan yang jika dalam bahasa Inggris yaitu button and gesture shortcut.

Kemudian pada bagian Ambil Screenshot kamu tekan dan pilih yang bertuliskan geser kebawah dengan 3 jari. Apabila sudah kamu pilih, berarti kamu sudah bisa menggunakannya langsung dengan mengusapkan 3 jari secara bersamaan kebawah pada layarnya.

Itulah artikel mengenai cara screenshot di xiaomi semua series mi, redmi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu yang ingin melakukan screenshot pada HP Xiaomi baik Mi atau Redmi Series dengan mudah dan cepat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel