Skip to main content

Cara Root Android dengan PC / Tanpa PC

Root di zaman sekarang bisa dikatakan sebagai hal yang sudah biasa, terlebih lagi mulai banyaknya informasi dan kemudahan-kemudahan untuk bisa mendapatkan akses root pada setiap smartphone yang beredar saat ini.

Terlebih lagi bagi seseorang yang mempunyai keingin tahuan yang besar dalam mengeksplorasi sistem dan fungsi yang ada di dalam smartphonenya, kebanyakan akan langsung menempuh jalan root terlebih dahulu.

Banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan setelah root berhasil dilakukan disebuah smartphone, misalnya bisa mengubah beberapa fungsi yang terbatas didalam smartphone atau ingin menambahkan hal lain kedalam softwarenya.

Supaya smartphone bisa sukses ter-root, banyak sekali cara yang sudah bermunculan saat ini. Beberapa cara tersebut akan kamu lihat secara jelas pada artikel ini.

Cara Root Android dengan PC / Tanpa PC


Melakukan rooting pada sebuah smartphone merupakan hal yang sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan orang yang awam pun bisa melakukannya meskipun dengan bantuan tutorial yang beredar.

Namun ada juga orang yang menolak untuk melakukan rooting karena beberapa faktor, seperti garansi yang pasti akan hangus, lebih rentan terserang virus, dan lain sebagainya yang memang merupakan efek samping jika tidak berhati-hati.

Bagaimana sih cara melakukan rootingnya? Langsung saja cek dibawah ini.

1. Aplikasi Kingroot

Kingroot merupakan salah satu aplikasi untuk melakukan rooting pada smartphone Android yang bisa dikatakan yang terbaik, karena penggunanya yang sudah banyak dan juga bisa melakukan rooting pada bermacam-macam smartphone.

Aplikasi Kingroot ini bisa di download dan digunakan secara gratis dengan mendownloadnya pada browser, karena aplikasi ini tidak tersedia pada Google Play Store.

Cara melakukan rooting pada aplikasi Kingroot ini yang pertama pastinya kamu harus mendownload dan menginstallnya terlebih dahulu pada smartphone yang ingin di root. Kemudian buka aplikasinya, nantinya akan ada nama smartphonemu beserta serinya.

Setelah itu tinggal kamu tap tombol yang ada, nantinya akan terjadi proses rooting (pastikan kamu mempunyai koneksi internet yang lancar supaya proses rooting bisa mudah). Apabila proses rooting sudah selesai nantinya akan muncul pemberitahuan sukses.

Link download aplikasi Kingroot di sini

2. Aplikasi Framaroot

Aplikasi ini juga merupakan salah satu aplikasi yang bisa dikatakan legend untuk bisa meroot sebuah device karena sering digunakan oleh para oprekers yang suka mengkostumisasi hpnya.

Seperti pada aplikasi yang sebelumnya, kamu bisa mendownloadnya pada internet karena sudah banyak yang menshare aplikasi tersebut secara gratis. Pilih website yang menurutmu paling bagus dan tidak ribet.

Setelah sudah terdownload, kamu bisa langsung menginstall kemudian membuka aplikasinya. Nantinya akan ada beberapa pilihan antara Superuser atau SuperSU, keduanya sebenarnya sama saja namun berbeda aplikasi, saran saya pilih saja pilihan install SuperSU karena lebih banyak penggunanya.

Setelah itu pilih antara Aragorn atau Gandalf, kedua pilihan tersebut merupakan exploit untuk melakukan rootnya, namun kamu disarankan menggunakan yang Gandalf saja. Setelah itu nantinya akan melakukan proses rooting, setelah selesai nanti akan ada result apakah root berhasil atau tidak.

Link download aplikasi Framaroot di sini

3. Menggunakan aplikasi Vroot

Vroot ini merupakan aplikasi untuk melakukan rooting dengan menggunakan bantuan PC yang paling banyak digunakan karena bisa dikatakan mudah dan tampilannya tidak membuat orang yang menggunakannya bingung.

Namun untuk melakukan rooting dengan menggunakan PC seperti ini, kamu diharuskan melakukan beberapa settingan pada smartphonemu, yaitu dengan mengaktifkan USB Debugging yang dapat kamu temukan setelah mode Developermu kamu aktifkan dan juga mengaktifkan pengaturan terima install Unkown Source.

Setelah kamu sudah mensetting beberapa pengaturan diatas, kamu sudah bisa langsung menggunakan aplikasi Vroot ini untuk melakukan rooting pada smartphonemu. Caranya cukup mudah yaitu :

  • Mendownload aplikasi Vroot pada internet yang sudah disediakan gratis, kemudian kamu bisa menginstallnya pada PC yang kamu inginkan.
  • Buka aplikasinya dan colokkan USB yang sudah tersambung dengan HP yang ingin di root pada PC tadi.
  • Menekan tombol mulai rooting untuk melakukan proses rooting, kemudian tunggu hingga muncul pemberitahuan rooting berhasil atau tidak.

Link download aplikasi Vroot di sini


Sebenarnya masih banyak sekali cara melakukan rooting pada hp, namun kamu bisa menggunakan beberpa cara diatas saja yang sering digunakan degan mudah dan cepat oleh siapa saja.

Itulah artikel mengenai cara root android dengan PC atau tanpa PC. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuanmu mengenai cara rooting termudah.