Skip to main content

Cara Mengembalikan File Terhapus di Android

Cara Mengembalikan File Terhapus di Android, hampir dicari oleh semua pengguna ponsel dengan sistem operasi android ini. Biasanya hilangnya file karena unsur ketidaksengajaan maupun sistem yang mendadak eror atau force close.

Memang salah satu kelemahan ponsel android adalah performanya sangat bergantung pada besarnya RAM dan update sistem OS yang harus rutin tiap kali ada pembaruan sistem.

Serangan virus dan file-file sampah yang menumpuk dan menyempil di folder-folder tersembunyi juga menyebabkan kapasitas dan peforma penyimpanan file terhapus. Alhasil ada data-data penting yang malah jadi terhapus.

Cara Mengembalikan File Terhapus di Android


Kehilangan file penting tentu sangat meresahkan, terutama bila filenya berkaitan dengan pekerjaan. Memang kini banyak orang lebih senang menggunakan ponselnya untuk urusan pekerjaan seperti membuat dokumen dan saling berbagai dokumenk kantor.

Meskipun resiko kehilangan file sangat memungkinkan jika tidak pandai mengantisipasinya dengan sistem backup yang mumpuni.

Jika sudah kadung kehilangan data penting di ponsel android, silahkan cobalah cara mengembalikan file terhapus di android yang akan dibahas dalam artikel ini. Cara ini meliputi yang instan menggunakan aplikasi maupun yang mesti menggunakan root yang biasanya harus dilakukan oleh seorang teknisi service HP.

Tapi ingatlah bahwa beberapa file yang terhapus di android ternyata sama sekali tidak bisa dikembalikan! Contohnya adalah file yang hilang karena proses penyimpanan yang tidak sempurna akibat force close alias ponsel mati mendadak karena kehabisan baterai. Sistem android cenderung memberi tahu dengan menampilkan tulisan bahwa “file” bersangkutan gagal tersimpan.

Memang dengan kecanggihan teknologi android mesti pula disertai dengan pemahaman yang cerdas tentang cara-cara menyimpan file di android agar aman. Sebelum membahas lebih jauh tentang cara mengembalikan file terhapus di android, simak dulu tips-tips menyimpan file secara aman di ponsel android di bawah ini.

  • Tips Menyimpan File di Ponsel Android Agar Aman dan Tidak Hilang

1. Memilih Merek dan Tipe Ponsel yang Sesuai

Pilihlah merek dan tipe ponsel yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan ragu untuk membeli ponsel android dengan spesifikasi yang canggih jika memang membutuhkan kapasitas penyimpanan data yang aman dan luas.

2. Memprioritaskan RAM Minimal 2 GB

Salah satu ciri dari ponsel yang bagus adalah memiliki RAM minimal 2 GB. Random Access Memory memang sangat berpengaruh sekali dalam penyimpanan file. Ketika RAM besar, maka kejadian terhapusnya file oleh sistem yang crash cenderung bisa dihindari.

3. Mengatur Akun Backup

Tiap-tiap merek ponsel android memiliki akun backup tersendiri yang memungkinkan pemiliknya bisa menyimpan cadangan berbagai file penting. Jangan ragu menggunakan fasilitas cloud penyimpanan yang berasal dari vendor smartphonenya ini.

4. Memakai Memori Eksternal

Menambahkan kepingan MMC, Micro SD atau memori eksternal ini memang sangat baik sekali untuk mencegah kejadian hilangnya file yang terhapus. Selalu biasakan untuk menyimpan file penting di folder memori eksternal, agar penyimpanannya tidak begitu terpengaruh dengan sistem android.

5. Mencoba Menyimpan File di Ruang Penyimpanan Pihak Ketiga

Menggunakan ruang penyimpanan ketiga, seperti Google Drive juga sangat baik untuk menyimpan file dan menjadi cara mengembalikan data yang terhapus di ponsel android yang sangat ampuh! Bagaimana data akan bisa hilang dari ponsel, jika menyimpannya saja sudah di ruang lain di luar ponselnya?

6. Mengunduh Anti Virus

Ponsel android memang lebih baik dalam menghalau virus dan malware yang merusak sistem ponsel. Namun alangkah baiknya juga mengunduh anti-virus dan malware yang bisa membuat performa penyimpanan file jadi lebih baik.

7. Meminimalisir Munculnya Junk File

Seringkali android mengalami force close atau mati mendadak. Aplikasi yang sedang dijalankan tiba-tiba tertutup sendiri sehingga file nya hilang. Ini kenapa? Salah satu penyebabnya adalah karena banyak sekali junk file yang terpendam.

Kegiatan menghapus aplikasi tidak melalui menu pengaturan, namun melalui tap dan langsung klik uninstall bisa menciptakan file junk ini. Untuk itu, kini biasakan untuk hapus aplikasi langsung dari menu pengaturan.

8. Menyimpan Copy File di Perangkat Lain

Inilah cara mengembalikan data yang terhapus di ponsel android yang paling bijaksana. Pastikan bahwa jika itu adalah file yang teramat penting, jangan ragu buat menyimpan copyannya segera di PC, laptop, tablet atau perangkat lainnya.

  • Cara Mengembalikan File Terhapus di Android

Kini beralih ke cara mengembalikan data yang terhapus di ponsel android. Sebenarnya jika sudah mempraktekkan tips menyimpan file di atas, sangat kecil kemungkinannya buat kehilangan file karena unsur sistem. Namun jika memang sudah terlanjur hilang, jangan risau lagi karena ada caranya kok!

Ini adalah cara termudah dan terpraktis yang bisa dicoba semua pengguna ponsel android. Jadi jangan langsung pasrah dulu ke tukang service karena ternyata mengembalikan file terhapus di smartphone android sangat mudah kok! Cukup dengan menginstal aplikasi pengembali file paling super dan cerdik ini, namanya FonePaw Android Data Recovery.

Ini adalah aplikasi android pengembali file yang terhapus yang sangat populer dan diunduh banyak pengguna. Faktor utamanya adalah karena support banyak tipe ponsel berbeda.

Sebagaimana aplikasi yang banyak dipakai sebagai cara mengembalikan data yang terhapus di ponsel android, maka FonePaw Android Data Recovery ini juga cara memakainya harus menyambungkan ponsel ke laptop atau komputer untuk proses recovery data yang hilangnya.

Cara menggunakan FonePaw juga sangat gampang, loh! Ikuti instruksi di bawah ini:


  1. Download dan install FonePaw Android Data Recovery di sini
  2. Buka dan jalankan software FonePaw
  3. Hubungkan ponsel ke laptop/komputer dengan kabel USB dalam mode debugging
  4. Tampilan aplikasi ini akan ada beberapa pilihan jenis file yang untuk direcovery, seperti: picture library, gallery, video, audio dan document. Silahkan centang pilihan file apapun yang ingin dikembalikan
  5. Klik next hingga muncul berbagai file-file seperti foto yang dulunya pernah terhapus
  6. Tekan recover dan tunggulah proses pengembalian data yang terhapus ini
  7. Nantinya file-file yang dikembalikan ini akan tersimpan di PC/laptop yang dipakai


Nah, mudah sekali kan cara mengembalikan file terhapus di android? Sebetulnya masih ada banyak aplikasi atau software recovery sejenis lainnya. Namun FonePaw pun sudah lebih dari cukup karena fiturnya lengkap.