Skip to main content

Cara Mengatasi Lupa Password WiFi dengan Mudah

Zaman sekarang yang serba online pastinya tidak akan jauh-jauh dari yang namanya koneksi internet. Kebutuhan-kebutuhan yang sekarang serba online pastinya menjadi hal yang harus dirubah dalam kehidupan.

Jika dulunya saat ingin menggunakan sesuatu bisa langsung menghubungi lewat pulsa atau mendatangi orangnya, namun saat ini dengan adanya kecanggihan teknologi, semuanya bisa tergantikan dengan yang namanya sosial media yang mempermudah segalanya.

Untuk bisa mengakses hal-hal yang berbau online pastinya harus menggunakan koneksi internet. Salah satu sumber koneksi internet yang sering dicari oleh penggunanya yaitu WiFi, karena kebanyakan mempunyai akses internet yang cepat dan stabil dibandingkan koneksi data.

Banyak orang yang memasang WiFi dirumah, dikantor, maupun ditempat lainnya untuk keperluan onlinenya. Kebanyakan orang juga mengunci WiFi yang dipasangnya dengan password sehingga menjadi lebih aman dan privasi.

Cara Mengatasi Lupa Password WiFi dengan Mudah


Mengunci WiFi dengan password merupakan salah satu hal yang bisa dikatakan penting apabila tidak mau WiFi yang dipasangnya banyak yang menggunakannya, sehingga bisa membuat koneksinya menjadi berkurang kecepatannya.

Namun, terkadang orang yang mengunci WiFinya dengan password pernah mengalami kelupaan sehingga bingung bagaimana mendapatkan password WiFinya kembali. Apakah kamu salah satu orang yang pernah mengalaminya? Tenang saja, karena pada artikel kali ini kamu akan mengetahui bagaimana cara mendapatkan password WiFimu yang kelupaan tadi.

1. Menggunakan bantuan Windows

WiFi kebanyakan pernah dimasukkan kedalam device yang dipunyai, salah satunya yaitu laptop. Apabila kamu pernah memasukkan password WiFi dan menggunakan WiFinya namun kelupaan passwordnya, kamu bisa mudah mendapatkan passwordnya kembali dengan bantuan laptop, khususnya jika kamu pengguna Windows.

Caranya sangatlah mudah, kamu bisa masuk kedalam settingan Netword Connections yang ada didalam Windows. Kemudian pilihlah opsi Open Netword and Sharing Center yang didalamnya akan kamu dapatkan beberapa koneksi.

Nah, pilih saja jaringan WiFI yang sedang terhubung dan ingin kamu ketahui kembali passwordnya. Setelah kamu pilih nantinya kamu akan masuk kedalam jendela WiFi Status dan langsung pilih saja tombol yang bertuliskan Wireless Properties.

Nanti akan muncul tab baru, klik saja tab bagian Security yang nantinya akan kamu lihat info didalamnya beserta passwordnya. Apabila password masih berbentuk bulatan hitam saja, kamu bisa mencentang bagian Show Characters, nantinya akan muncul password WiFinya.

2. Menggunakan bantuan Mac OS

Apabila cara pada nomor satu khusus jika kamu menggunakan laptop yang mempunyai sistem operasi Windows, pada poin nomor 2 ini kamu akan mengetahui bagaimana cara mengetahui password WiFi yang telah tersambung pada laptop yang mempunyai sistem operasi Mac OS.

Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu masuk kedalam folder Applications pada laptop MacBook mu. Kemudian nanti akan muncul beberapa folder, pilih saja folder yang bertuliskan Utilities.

Kemudian cari dan pilih aplikasi yang bernama Keychain Access. Aplikasi tersebut mempunyai fungsi untuk menyimpan semua data informasi saat kamu memasukkan sebuah data login beserta passwordnya.

Setelah kamu membukanya, kamu bisa memilih jaringan WiFi yang ingin kamu ketahui passwordnya dengan mengklik 2 kali pada WiFinya. Nantinya akan muncul tab baru, untuk mengetahui passwordnya kamu tinggal mencentang pada bagian yang bertuliskan Show Password.

3. Melakukan Reset Router

Apabila kamu pemilik WiFi atau sedang dimintai tetangga atau teman yang kelupaan password dan tidak pernah terhubung oleh apapun atau bisa jadi device yang terhubung sudah tidak ada, kamu tidak perlu khawatir karena masih ada cara termudah dan terakhir yang bisa kamu lakukan.

Cara ini merupakan cara terakhir karena cara ini akan menghapus data simpanan pada routermu, alias akan kembali seperti kamu membeli router WiFi baru alias settingan yang pernah kamu lakukan akan kembali seperti semula.

Untuk melakukan reset router ini sebenarnya berbeda-beda tergantung router apa yang kamu gunakan. Namun, kebanyakan router memberikan tombol kecil entah berada diluar atau didalam routernya.

Apabila ada didalam routernya kamu bisa menggunakan jarum kecil, namun apabila ada didepan kamu tinggal menekannya saja. Kamu bisa menekannya beberapa detik sehingga akan muncul lampu notifikasi pada router.

Setelah itu kamu bisa melakukan settingan kembali pada WiFimu seperti password yang ingin kamu gunakan kembali.