Laptop Mati Sendiri : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Laptop Mati Sendiri : Penyebab dan Cara Mengatasinya
Laptop Mati Sendiri - Terkadang kita mengalami kejadian yang tak terduga saat mengoperasikan laptop, yakni tiba-tiba laptop mati sendiri. Mengapa demikian? kira-kira apa yang menjadi penyebab laptop dalam kondisi tersebut dan bagaimana cara mengatasinya.

Banyak penyebab yang memungkinkan laptop tiba-tiba mati sendiri dan cara mengatasinya pun terdiri dari beberapa langkah. Namun, jangan khawatir berikut langkah-langkah mudah yang bisa Anda terapkan ketika laptop Anda tiba-tiba mati.


Penyebab Laptop Mati Sendiri

Melakukan pekerjaan dengan menggunakan laptop merupakan cara sederhana dan simpel untuk dibawa kemana-mana ketimbang membawa komputer beserta PC nya, meskipun kebanyakan laptop memiliki spesifikasi yang tidak sebagus PC.

Penyebab laptop tiba-tiba mati sendiri dapat dikarenakan banyak faktor, kerusakan mesin atau terkena virus merupakan beberapa dari sekian banyak faktor yang dapat memengaruhi leptop mati sendiri. Berikut beberapa faktor yang dapat memicu laptop mati sendiri.

1. Panas Berlebihan

Panas berlebihan atau yang sering disebut overheat pada laptop dapat memicu laptop tersebut mengistirahatkan diri dengan cara tiba-tiba mati sendiri. Hal ini merupakan bagian dari processor dimana menakisme mati otomatis akan berjalan jika laptop mengalami overheat.

Seiring perkembangan waktu, masalah ini dapat teratasi dengan pembaharuan processor dari waktu ke waktu yang mengoptimalkan tingkat pengelolaan. Namun, hal kecil ini juga tidak boleh diselepekan mengingat overheat berpengaruh terhadap masa umur perangkat keras.

2. Kerusakan pada RAM

RAM yang rusak dapat menjadi salah satu faktor tiba-tiba laptop mati sendiri. Kerusakan itu juga dapat menimbulkan performa leptop menjadi lamban atau lemot, walaupun kondisi processor dan aplikasi lain tidak buruk. Jika hal ini terjadi, maka mau tidak mau Anda harus mengganti RAM yang rusak tersebut.

3. Baterei Habis

Baterei habis atau kehabisan sumber daya tentu akan memicu laptop mati dengan sendirinya, hal ini lumrah karena laptop memerlukan sumber daya (listrik) untuk menyala dan beroperasi. Hal ini juga berlaku untuk alat elektronik lainnya, seperti HP, TV, Komputer, dan lain sebagainya.

Pastikan laptop Anda memiliki sumber daya yang cukup ketika akan dinyalakan dan jangan sampai laptop Anda mati karena kehabisan baterei atau daya, karena hal itu dapat memicu kerusakan lain seperti baterei yang cepat boros atau bahkan mengalami kerusakan seperti bocor.

4. Processor Rusak

Processor merupakan otak utama dari leptop tersebut, sehingga apabila otak ini rusak maka tentu akan kerusakan akan menyebar ke area lain, hal ini membuat besar kemungkinan laptop mati sendiri. Untuk itu Anda harus perhatian dan senantiasa melakukan perawatan pada laptop Anda.

5. Kerusakan pada Main Board

Perlu diketahui bahwa kerusakan pada main board dapat terjadi pada laptop yang telah berumur atau sudah digunakan sangat lama. Main board merupakan perangkat keras yang memiliki peran sentral pada laptop. Jika main board rusak maka laptop Anda akan langsung mati seketika.

Apabila benar laptop Anda mati sendiri karena main board pada laptop Anda mengalami kerusakan sebaiknya Anda membeli laptop baru, karena harga pasaran main board hampir sama dengan satu buah laptop baru.

Solusi Untuk Laptop Mati Sendiri

Untuk mengatasi beberapa masalah di atas yang membuat laptop mati sendiri sangat mudah, karena hanya membutuhkan perhatian pada laptop yang Anda miliki. Selain itu, wawasan mengenai leptop yang dimiliki juga sngat diperlukan.

Hal tersebut dikarenakan agar mempermudah pekerjaan kita dalam memberikan perawatan dan memperbaiki jika ternyata laptop tiba-tiba mati sendiri. Terdapat tiga cara simpel menghindari laptop tiba-tiba mati sendiri, diantaranya adalah sebagai berikut.
  1. Mengganti baterei
  2. Memperbaiki sumber daya
  3. Memperbaiki sistem pendingin pada laptop
  4. Mengganti perangkat laptop yang rusak
Itulah beberapa penyebab dan juga solusi mengatasi masalah laptop mati sendiri. Semoga dapat bermanfaat.

Dapatkan update artikel teknologi terbaru dari kami via email:

0 Response to "Laptop Mati Sendiri : Penyebab dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel