Cara Mencegah Hacker Curi Data Lewat Browser Extension

Cara Mencegah Hacker Curi Data Lewat Browser Extension
Sudah tahukah anda bahwa peristiwa kebocoran data pribadi para pemilik akun facebook yang berjumlah 81 ribu akun tersebut adalah ternyata bersumber dari browser extension?

Hacker tersebut kemudian menyebarkan data pribadi pemilik akun facebook yang telah berhasil dibobolnya dan kemudian mereka juga menjual data akun-akun facebook tersebut melalui forum internet bernama FBSaler dengan harga 1 sen per akun facebook.

Pihak facebook pun telah membenarkan bahwa kebocoran bukanlah karena peretasan sistem keamanan facebook. Kebocoran ini disebutkan dilakukan oleh para hacker melalui browser extension yang telah dirancang untuk melakukan pencurian data pengguna facebook.


Cara Mencegah Hacker Mencuri Data Melalui Browser Extension

Add-ons atau browser extension yang digunakan oleh para hacker untuk mencuri data biasanya berbentuk aplikasi bantuan belanja online, alat bookmark dan game yang biasanya ditawarkan melalui Mozilla Firefox atau Google Chrome.

Walaupun pihak facebook tidak merinci nama-nama add-ons atau browser extension yang digunakan oleh hacker untuk mencuri data pengguna facebook tersebut, facebook menjelaskan bahwa browser extension tersebut merekam aktivitas pengguna facebook dan mengirimkan data dan pesan pribadi ke hacker.

Untuk mengantisipasi pencurian data pribadi akun facebook ini, anda direkomendasikan untuk selalui melakukan pengecekan terhadap browser extension dan/atau add-ons yang anda gunakan, kemudian melakukan uninstal atau deactivate pada browser extension yang terlihat mencurigakan.

Berikut kami berikan cara untuk menghapus browser extension yang anda perkirakan berbahaya tersebut.

Cara Menghapus Browser Extension di Google Chrome

  1. Pada halaman Chrome, silahkan anda klik ikon titik tiga yang ada di sudut kanan atas;
  2. Lalu pilih menu 'More Tools', kemudian klik opsi Extensions;
  3. Kemudian akan ditampilkan semua extension yang telah anda instal di chrome;
  4. Lalu anda dapat menghapus extension dengan mengklik pada ikon garbage atau tempat sampah yang ada di sebelah kanan nama browser extension;
  5. Kemudian klik opsi Remove untuk menghapusnya.

Cara Menghapus Browser Extension di Mozilla Firefox

  1. Pada halaman Firefox, silahkan anda klik ikon titik tiga yang ada di sudut kanan atas;
  2. Kemudian pilih opsi add-ons;
  3. Pada tampilan halaman 'about: add-ons', silahkan anda pilih menu 'Extensions' yang ada di bagian sebelah kiri menu bar;
  4. Pilih opsi add-on atau browser extension yang ingin anda deactivate atau hapus;
  5. Lalu pilih opsi 'disable'.
  6. Kemudian silahkan anda restart halaman Firefox.

Lebih baik anda mencegah pencurian data oleh hacker melalui browser extension ini secepatnya baik bagi anda yang menggunakan browser google chrome maupun mozilla firefox dengan cara menghapus browser extension yang mencurigakan untuk mencegah kerugian di waktu yang akan datang. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mencegah Hacker Curi Data Lewat Browser Extension"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel