Cara Menulis Pesan Whatsapp Tanpa Mengetik

Tentu anda sudah pernah menggunakan aplikasi whatsapp bukan? salah satu plaform sosial media ini memang sangat populer saat ini.

Fitur yang disediakan dalam aplikasi whatsapp pun sangat lengkap misalkan chatting, audio call, video call dan group chatting.

Pada saat anda mengetik pesan whatsapp tentu anda akan menggunakan keyboard digital yang disediakan pada layar whatsapp.


Cara Menulis Pesan Whatsapp Tanpa Mengetik

Namun tahukah anda bahwa ada cara menulis pesan whatsapp tanpa mengetik melalui keyboard digital? yup, memang ada fitur whatsapp yang membuat anda tidak perlu mengetik keyboard ketika ingin menulis pesan whatsapp.

Namun anda jangan salah sangka bahwa yang kami maksud disini bukanlah pesan suara melainkan pesan berupa tulisan yang anda buat tanpa mengetiknya pada keyboard di aplikasi whatsapp.

Whatsapp menyediakan fitur bernama Dictation. Fitur yang ada pada aplikasi whatsapp ini memungkinkan anda melafalkan pesan whatsapp yang anda ingin sampaikan kepada orang lain tanpa harus mengetiknya melalui keyboard digital.

Fitur dictation ini akan sangat membantu dalam kondisi tertentu dimana anda tidak leluasa untuk menulis pesan whatsapp dengan menggunakan keyboard digital misalkan ketika anda sedang mengemudi atau jika anda sedang menggunakan sarung tangan.

Cara Menggunakan Fitur Dictation Whatsapp di iOS maupun Android

Fitur dictation untuk meulis pesan whatsapp tanpa mengetik di keyboard digital ini dapat anda gunakan dengan cara mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

Cara Menulis Pesan Whatsapp Tanpa Mengetik
Cara Menulis Pesan Whatsapp Tanpa Mengetik di android


Cara Menulis Pesan Whatsapp Tanpa Mengetik
Cara Menulis Pesan Whatsapp Tanpa Mengetik di iOS

  1. Silahkan anda buka aplikasi whatsapp di smartphone anda;
  2. Setting keyboard digital ke bahasa yang ingin anda gunakan;
  3. Mulai atau buka chat dengan teman yang ingin anda hubungi;
  4. Klik di bagian pengetikan agar keyboard digital dapat muncul pada layar;
  5. Kemudian klik gambar microphone yang ada pada keyboard digital tersebut;
  6. Selanjutnya ucapkan pesan yang ingin anda sampaikan;
  7. Jika anda ingin menambahkan tanda baca misalkan seperti tanda titik atau koma, maka anda hanya perlu mengucapkannya saja misalkan anda menyebutkan "tanda tanya" maka akan otomatis tertulis tanda baca "?".

Jangan lupa setelah anda selesai mengucapkan pesan whatsapp, sebelum mengirim pesan whatsapp tersebut anda perlu untuk sekilas mengeceknya terlebih dahulu karena mungkin ada kesalahan diksi yang dipilih atau terbaca oleh aplikasi dictation ini.

Cara menulis pesan whatsapp tanpa mengetik melalui keyboard digital dengan menggunakan fitur dictation pada aplikasi whatsapp ini dapat digunakan di smartphone berbasih iOS maupun berbasis android.

Dengan mengikuti langkah penggunaan fitur dictation whatsapp ini semoga dapat mempermudah anda dalam menulis pesan whatsapp tanpa mengetik terutama ketika anda dalam kondisi tertentu seperti sedang mengemudi atau menggunakan sarung tangan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Menulis Pesan Whatsapp Tanpa Mengetik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel