Cara Menggunakan VPN di PC

Cara Menggunakan VPN di PC
VPN atau yang merupakan singkatan dari Virtual Private Nerwork adalah salah satu perangkat yang dapat dipakai untuk kebutuhan tertentu. Misalnya saat Anda ingin memiliki akses ke luar negeri, mengakses suatu situs yang sudah terblokir dan sebagainya. Untuk itu, Anda diharuskan memiliki akun VPN dan mengetahui cara menggunakan VPN di PC yang mudah.


Cara Penggunaan VPN pada PC dengan Software Psiphon

Menggunakan VPN pada software adalah cara pertama yang dapat Anda lakukan. Ada beberapa jenis software yang bisa dijadikan pilihan. Salah satunya adalah software Psiphon. Ini merupakan salah satu jenis sofrware gratis yang bisa dijadikan pilihan. Berikut adalah langkah penggunaannya.

1. Mendownload Psiphon kemudian Install

Langkah pertama adalah dengan mendownload Psiphon for windows. Selanjutnya lakukan proses install sesuai dengan aturan dan ketentuan yang ada. Tunggu sampai aplikasi benar-benar sukses untuk diinstal.

2. Buka Aplikasinya dan Tentukan Server

Adapun langkah yang selanjutnya adalah membuka aplikasi yang tadinya sudah berhasil diinstal. Kemudian berikutnya Anda harus menentukan server yang dipakai. Misalnya Anda memilih server United States. Lalu, Anda harus melakukan klik pada tanda connect.

3. Tunggu Hingga Konfigurasi Psiphon Berhasil Terkoneksi

Jika sudah, cara menggunakan VPN di PC berikutnya adalah menunggu proses yang ada hingga konfigurasi pada Psiphon benar-benar berhasil terkoneksi.

4. Selanjutnya Akan Mendapatkan Notifikasi Connect

Jika proses connect sudah berhasil berjalan dengan baik, maka pada proses selanjutnya Anda akan diarahkan kepada website resmi yang dimiliki oleh Psiphon.

5. Cek IP untuk Memastikan Kembali

Adapun langkah yang terakhir adalah mengecek IP Anda untuk memastikan bahwa proses penggunaan VPNnya benar-benar berhasil. Untuk pengecekan, Anda bisa melakukannya di whatismyip.com.

Cara Penggunaan VPN Pada PC dengan OpenVPN

Berikutnya, Anda bisa menggunakan OpenVPN untuk menggunakan VPN pada PC. Sebelumnya, Anda harus sudah memiliki software atau aplikasi OpenVPN terlebih dahulu. Karena itu, lakukan proses download aplikasinya. Sesudah itu, baru menjalankan langkah-langkah penggunaannya. Berikut rincian langkah tersebut.

1. Import File Terlebih Dahulu

Untuk langkah awal penggunaan VPN dengan OpenVPN, Anda harus melakukan proses import file. Caranya adalah dengan mengklik bagian panah berbentuk segitiga bertuliskan Show Hidden Icons. Sesudah itu, lakukan klik kanan bertuliskan OpenVPN GUI. Baru setelah itu bisa klik import file.

2. Buka Config VPN

Adapun langkah berikutnya adalah membuka Config VPN yang sebelumnya telah berhasil didownload. Setelah itu, klik menu open untuk membukanya.

3. Klik OK pada Menu File Imported Succesfully

Cara menggunakan VPN di PC selanjutnya adalah menunggu munculnya pesan File Imported Succesfully. Jika sudah muncul menu tersebut, berikutnya Anda harus klik menu OK.

4. Klik Connect pada OpenVPN GUI

Langkah berikutnya adalah kembali lagi kepada icon sebelumnya, yaitu OpenVPN GUI. Kemudian lakukan proses connect dengan mengklik kanan. Jika langkah ini sudah berhasil, lanjut ke langkah yang berikutnya berupa memasukkan username dan juga password Anda. Yang dimaksud adalah username pada akun VPN. Sesudah itu, lakukan klik OK.

5. Icon Wifi akan Berubah

Jika proses penggunaan VPN sudah berhasil, selanjutnya icon wifi yang ada pada PC akan berubah. Dari yang awalnya tidak ada nofivikasi apapun langsung muncul notifikasi khusus dan untuk memastikan hal ini, Anda bisa mengecek IP yang ada miliki sebagaimana pada cara di atas. Caranya pun tetap sama, dengan memastikan di whatismyip.com.

Itulah cara menggunakan VPN di PC yang bisa Anda coba. Semoga dapat bermanfaat buat Anda ya.

Dapatkan update artikel teknologi terbaru dari kami via email:

0 Response to "Cara Menggunakan VPN di PC"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel