3 Cara Menggabungkan File Pdf Mudah !

Cara Menggabungkan File Pdf
Cara Menggabungkan File Pdf - Saat ini file dengan format PDF sangat banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan. Banyak E-book dan dokumen digital yang menggunakan file ber-format PDF. Bahkan, kini berbagai dokumen resmi lebih banyak menggunakan file dengan format PDF dibandingkan Word.

Namun berbeda dengan file Word yang dapat Anda edit dengan mudah, file PDF hanya bisa diedit menggunakan software khusus, mengubahnya termasuk untuk memperkecil dan menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu. Ada beberapa cara menggabungkan file PDF yaitu dengan cara berikut.


Menggunakan Software Adobe Acrobat

  1. Jika belum mempunyai software Adobe Acrobat, install Adobe Acrobat terlebih dahulu. Pilih versi pro atau standard bukan versi trial.
  2. Buka software Adobe Acrobat, klik pilihan Create pada toolbar utama. Jika Anda tidak dapat menemukan pilihan ‘Create PDF’, klik View > Task > Show All Task Buttons.
  3. Klik menu Combine Files into a single PDF yang terdapat dalam Create. Menu ini berguna untuk menggabungkan beberapa file pada komputer Anda menjadi satu dokumen PDF.
  4. Pilih Browse kemudian pilih beberapa dokumen yang akan Anda gabungkan menjadi satu file PDF. Klik OK dan dokumen yang telah Anda pilih akan tersalin ke kotak putih di bagian kanan.
  5. Atur urutan dokumen sesuai dengan yang Anda inginkan. Anda dapat menggunakan pilihan Remove, Move up, dan Move down untuk mengaturnya. Hapus tanda centang yang ada di sebelah tulisan Include all open PDF files, jika Anda tidak ingin menggunakan dokumen PDF yang pernah Anda buka.
  6. Setelah selesai melakukan sortir file, pilih Combine Files dan klik OK.
  7. Jika proses penggabungan dokumen telah selesai, langkah terakhir yaitu dengan menyimpan file PDF tersebut dengan memilih pilihan ‘Save As..’ menggunakan nama dokumen yang Anda inginkan.

Cara Menggabungkan File PDF Secara Online Menggunakan smallpdf.com

  1. Buka software browser yang biasa Anda gunakan, kunjungi link website smallpdf.com
  2. Pilih beberapa file PDF yang ingin Anda gabungkan. Klik lalu tahan file tersebut dan seret file ke jendela berwarna abu-abu yang bertuliskan ‘Drop PDF Here’ pada laman situs tersebut.
  3. Atur file PDF sesuai dengan urutan yang Anda inginkan.
  4. Setelah Anda selesai mengatur file sesuai dengan urutan, klik pilihan ‘Merge PDF’ pada bagian bawah. Setelah itu download file yang sudah digabungkan untuk menyimpan file tersebut pada komputer Anda.

Cara Menggabungkan File PDF Menggunakan Nitro PDF

  1. Download software Nitro PDF. Namun, Nitro PDF versi trial hanya bisa digunakan selama 14 hari, jika Anda ingin terus menggunakan software ini Anda harus membelinya.
  2. Buka software Nitro PDF. Pilih dokumen PDF yang akan Anda gabungkan. Tekan Shift + Klik kiri pada semua file yang Anda pilih. Pindahkan file tersebut dalam satu folder.
  3. Masuk kembali ke Nitro PDF lalu buka folder dokumen Anda. Pilih menu ‘Combine Files in Nitro PDF’.
  4. Atur file tersebut sesuai dengan urutan yang Anda inginkan. Gunakan pilihan ‘Move up’ dan Move Down’ untuk menaikkan dan menurunkan urutan file PDF.
  5. Pilih kualitas terbaik di ‘Make PDF Files’, disarankan untuk memilih Print Ready (Larger File Size).
  6. Setelah itu, simpan file yang sudah digabungkan dengan memilih ‘Save PDF to..’ dan pilih folder lokasi penyimpanan file.
  7. Terakhir plih ‘Create’, maka file PDF sudah berhasil Anda buat.
Itulah cara-cara menggabungkan file pdf yang bisa anda gunakan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

0 Response to "3 Cara Menggabungkan File Pdf Mudah !"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel