Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Flashdisk

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Flashdisk
Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Flashdisk - Secara tiba-tiba file di flashdisk hilang, tentu hal ini adalah hal yang tidak diharapkan apalagi file yang hilang adalah file yang penting.

Flashdisk merupakan salah satu komponen yang rentan mengalami kerusakan atau eror. Kerusakan tersebut bisa disebabkan karena banyak hal. Oleh karena itu penting bagi Anda mengetahui cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk.

Flashdisk biasanya digunakan sebagai tempat penyimpanan file sementara seperti untuk menyimpan video, musik, foto, dokumen microsoft, dan lainnya yang ingin Anda pindahkan ke laptop.

Sehingga memang sangat penting untuk menjaga kesehatan flashdisk dengan secara rutin melakukan scan virus. Namun jika sudah terlanjur hilang, hal yang harus dilakukan yaitu berusaha mengembalikannya.


Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk dengan Software Recuva

1. Masukkan flashdisk Anda ke laptop ataupun komputer.
2. Setelah itu, download dan install software Recuva. Aplikasi ini dapat di download di situs resmi Recuva atau Anda bisa download software yang sudah di crack.
3. Setelah aplikasi terinstall, buka aplikasi. Di awal, Anda akan diberi pilihan jenis file apa yang akan Anda kembalikan. Disitu terdapat banyak pilihan, pilih All Files kemudian pilih Next.
4. Di pilihan File Location, pilih In A Specific Location > Browse > setelah itu pilih drive USB flashdisk Anda. Klik OK.
5. Centang pilihan Enable Deep Scan, klik Start.
6. Tunggu sampai proses scan pada flashdisk Anda selesai. Setelah selesai akan ada file yang berwarna hijau, kuning, atau merah. Warna ini memiliki arti:
Hijau: File dapat dikembalikan lagi
Kuning: File dapat dikembalikan, namun kemungkinan file dapat rusak
Merah: File tidak dapat dikembalikan lagi
7. Untuk dapat mengembalikan file, centang pada kotak yang disediakan. Klik Recover.
8. Pilih folder tempat Anda ingin mengembalikan file tersebut. Klik OK.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flasdisk dengan Command Prompt (CMD)

1. Masukkan flashdisk Anda ke komputer ataupun laptop.
2. Buka Command Prompt dengan cara, klik Start. Kemudian di kolom pencarian, ketik CMD lalu enter.
3. Setelah Command Prompt berhasil terbuka, ketik perintah CD kemudian klik Enter.
4. Masukkan drive lokasi flashdisk Anda. Misalnya drive H.
5. Setelah berhasil, masukkan perintah ATTRIB(spasi)*.*(spasi)-S(spasi)-H(spasi)-R(spasi)/S(spasi)/D kemudian klik Enter.
6. Setelah itu, cek flashdisk Anda, apakah file yang hilang sudah kembali atau belum. Jika sudah, berarti cara tersebut berhasil. Jika belum, maka Anda bisa menggunakan cara lain.

Menggunakan Software EaseUS Data Recovery Wizard

1. Download dan install software EaseUS Data Recovery Wizard pada situs resmi atau Anda bisa download software yang sudah di crack.
2. Setelah berhasil Anda install. Masukkan flashdisk ke laptop.
3. Pada tampilan awal, Anda perlu memilih jenis file yang ingin Anda kembalikan. Centang pada All Files lalu klik Next.
4. Pilih drive flashdisk Anda, klik Scan.
5. Tunggu sampai proses scan selesai. Jika berhasil, maka akan ada file muncul. File tersebut adalah file Anda yang hilang.
6. Untuk mengembalikannya centang file, lalu klik Recover, dan pilih lokasi tempat data tersebut akan dikembalikan. Pilih Flashdisk Anda sebagai tempat untuk menyimpan file.
7. Beri nama file tersebut, lalu klik OK. Tunggu sampai proses recovery selesai dengan sempurna, lama atau tidaknya proses recovery tergantung pada besar atau kecilnya file. Jika sudah selesai, Anda bisa cek file tersebut di flashdisk.

Itulah beberapa cara untuk dapat mengembalikan file yang terhapus di flashdisk yang bisa Anda gunakan. Semoga bermanfaat.

Dapatkan update artikel teknologi terbaru dari kami via email:

0 Response to "Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Flashdisk"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel