2 Cara Mengecilkan Ukuran Foto dengan Software !

Cara Mengecilkan Ukuran Foto
Cara Mengecilkan Ukuran Foto - Bagi Anda yang suka upload foto di media sosial maupun bagi Anda yang suka mengirimkan foto menggunakan e-mail tentu membutuhkan foto dengan ukuran yang kecil. Ukuran foto yang besar berpengaruh pada lama waktu untuk mengunggah foto. Apalagi bagi Anda yang mempunyai ratusan foto yang ingin Anda unggah. Maka Anda perlu tahu cara mengecilkan ukuran foto.

Memiliki banyak foto berukuran besar tentu akan menjadi masalah karena artinya Anda membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar. Biasanya foto yang berukuran besar dihasilkan oleh smartphone maupun kamera digital. Hal ini dikarenakan oleh semakin besar pixel yang dihasilkan dari kamera yang digunakan tersebut. Solusi dari masalah tersebut, tentu untuk memperkecil ukuran foto tanpa buram.


Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menggunakan Aplikasi Pada PC Anda

1. Menggunakan Software Caesium

Caesium adalah aplikasi yang mengklaim bisa mengecilkan ukuran foto hingga 90%. Aplikasi ini merupakan aplikasi offline yang digunakan di laptop yang akan berguna saat Anda tidak memiliki koneksi internet atau mungkin untuk Anda yang memang suka bekerja secara offline. Aplikasi Caesium ini bukan aplikasi kompresor biasa.

Caesium memiliki berbagai fitur bagus yang biasanya tidak terdapat pada program kompresor ukuran foto lain, seperti konversi format dan resize. Bukan hanya fitur itu saja, program Caesium memperbolehkan Anda untuk mengatur manual rasio berkurangnya kualitas pada foto yang akan dihasilkan. Hal terbaik dari aplikasi Caesium adalah tidak ada batas maksimal dari jumlah foto yang bisa diunggah.

  • Download dan Install aplikasi Caesium terlebih dahulu pada laptop Anda.
  • Buka software Caesium. Tekan tombol Add untuk menambah foto yang akan Anda kompres.
  • Setelah itu, atur rasio dari kualitas foto yang ingin dihasilkan. Makin kecil rasio maka akan semakin kecil ukuran foto yang dihasilkan.
  • Beri centang pada Same for all, jika Anda menambahkan lebih sari 1 foto dan ingin menerapkan rasio yang sama.
  • Pilih destinasi folder untuk menyimpan foto hasil kompres.
  • Apabila semua telah diatur, selanjutnya klik Compress. Tunggu sampai proses selesai.
  • Setelah proses selesai, akan muncul detail dari foto yang telah dihasilkan.
  • Untuk membuka folder foto hasil kompres, Anda cukup klik kanan lalu klik Open destination folder.

2. Menggunakan Software RIOT

Aplikasi RIOT yang memiliki kepanjangan Radical Image Optimization Tool adalah free image optimizer yang dapat Anda gunakan untuk keperluan kompres ukuran foto. Tampilan dari software RIOT ini sangat user friendly sehingga mudah digunakan. Memiliki dua antar muka, aplikasi ini membuat Anda dapat membedakan gambar asli sebelum di kompres dan hasil gambar yang telah di kompres.

Aplikasi mengecilkan ukuran foto RIOT ini juga memiliki kelebihan lain yaitu ringan dan cepat. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengatur kompresi, warna, dan pengaturan metadata. Anda juga dapat memilih format output foto yang dihasilkan, misalnya format JPG, PNG, atau mungkin GIF. Cara mengecilkan ukuran foto menggunakan RIOT:

  • Download dan Install aplikasi RIOT. Kurang lebih ukuran aplikasi RIOT yaitu 2 MB.
  • Selanjutnya buka aplikasi RIOT.
  • Klik Open untuk membuka dan memilih foto yang akan Anda ubah ukurannya.
  • Pilih format foto yang akan Anda kompres menjadi JPEG, PNG, atau GIF.
  • Anda juga dapat menyesuaikan Quality atau mungkin Anda akan membiarkannya secara default.
  • Terakhir simpan hasil foto dengan Save foto pada laptop Anda


Itulah beberapa cara mengecilkan ukuran foto yang bisa anda gunakan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "2 Cara Mengecilkan Ukuran Foto dengan Software !"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel