8+ Cara Mengatasi Ponsel Cepat Panas Work!

Cara Mengatasi Ponsel Cepat Panas
Bila ponsel anda cepat panas, kami akan memberikan cara mengatasinya pada artikel ini. Panas yang berlebih atau overheat pada ponsel dapat disebabkan oleh beberapa hal.

Penyebab ponsel cepat panas biasanya disebabkan oleh kualitas baterai yang tidak terlalu bagus, menggunakan ponsel dalam jangka waktu yang lama, casing ponsel yang tebal atau penyebab lainnya.

Bila anda tidak segera mengatasi overheat pada ponsel anda maka dapat berisiko merusak ponsel dan bisa jadi dapat meledak kapan saja.

Sebenarnya pabrikan ponsel telah memikirkan dan mengatisipasi agar baterai tidak meledak karena panas berlebih pada semua produk ponsel mereka. Pabrikan ponsel mencegah overheat ini dengan beberapa cara misalkan saja dengan membuat sistem pendingin.

Terdapat beberapa cara untuk mengatasi ponsel cepat panas ini. Kami akan memberikan cara-cara tersebut kepada anda pada uraian berikut ini.


Cara Mengatasi Ponsel Cepat Panas


1. Jangan Kalap Dalam Menginstal Aplikasi

Dengan menginstal terlalu banyak aplikasi akan membuat ponsel anda cepat panas. Walaupun ponsel sudah memiliki keunggulan untuk menjalankan fitur multitasking seperi RAM yang besar, namun akan tetap membuat ponsel anda tetap cepat panas. Menginstal banyak aplikasi juga akan membuat ponsel anda sering hang.

2. Mengunakan Baterai yang Asli atau Original

Kebanyakan ponsel saat ini menggunakan sistem baterai built in.  Tetapi bila baterai ponsel sudah mulai drop atau soak, maka kita tetap dapat menggantinya. Saat anda menganti baterai ponsel ini sebaiknya anda menggantinya dengan baterai yang asli atau original. Walaupun harga baterai original biasanya lebih mahal dari baterai bajakan namun anda akan dapat menggunakannya dalam waktu yang lama.

3. Charge lah Ponsel Anda Secukupnya Saja

Saat anda melakukan charging ponsel, sebaiknya ketika indikator pengisian telah sampai pada titik penuh maka perlu unutk segera anda hentikan pengisiannya. Memang banyak dari kit yang terus membiarkan ponsel melakukan charging walaupun baterai ponsel telah terisi penuh. Hal tersebut ternyata dapat menyebabkan baterai ponsel cepat panas.

Namun saat ini telah tersedia charger yang otomatis memutus aliran daya pengisian bila ponsel telih terisi penuh. Namun tetap saja bila tidak mencabut kabel pengisian akan tetap berdampak pada baterai ponsel anda. Anda juga lebih baik mengisi baterai ponsel berkali-kali dibandingkan sekali namun sampai tidak mencabut kabel pengisian baterai dalam waktu yang lama.

Selain itu juga anda sebaiknya jangan menggunakan ponsel sambil melakukan pengisian baterai. Hal ini akan mempercepat pemanasan baterai karena selain aplikasi yang berjalan juga pengisian baterai dapat menyebabkan ponsel cepat panas.

4. Jangan Menggunakan Cover Ponsel yang Terlalu Tebal

Menggunakan cover yang terlalu tebal akan menyebabkan aliran udara dan juga aliran panas dari baterai ponsel sulit untuk mengalir ke udara luar. Memang cover akan berguna agar ponsel tidak terkena goresan namun anda dapat memilih untuk menggunakan cover yang mengakomodasi aliran udara dan panas dari ponsel anda.

5. Jangan Tutup Lubang Charger

Saat ini beberapa merek ponsel memiliki fitur tahan air sehingga sangat sedikit bahkan tidak ada lubang sirkulasi udara yang ada. Hal ini akan membuat ponsel anda cepat panas karena tidak adanya media penyaluran panas baterai ponsel.

6. Menyimpan Ponsel di Tempat yang Baik

Anda sebaiknya menyimpan ponsel di tempat-tempat yang tidak terpapar cahaya matahari secara langsung dan juga di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Biasanya banyak orang yang menyimpan ponsel di bawah bantal atau karena tertidur saat memainkan ponsel yang akan membuat ponsel cepat panas karena tidak mendapatkan sirkulasi udara yang baik.

7. Jangan Streaming Youtube Terlalu Lama

Memang sekarang ini orang lebih nyaman menonton youtube dibandingkan menonton televisi. Namun menonton youtube menggunakan ponsel dalam jangka waktu yang lama dapat membuat ponsel anda cepat panas. Hal ini disebabkan oleh penggunaan data dan RAM yang tinggi saat streaming video di youtube.

8. Mematikan Daya Ponsel Anda

Hal yang bisa anda lakukan ketika ponsel anda mengalami panas berlebih salah satunya adalah dengan mematikan daya ponsel anda sementara waktu. Mematikan daya ponsel sebelum anda tidur juga akan meningkatkan daya tahan baterai anda.

Demkianlah cara-cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi ponsel yang cepat panas. Semoga bermanfaat.

Dapatkan update artikel teknologi terbaru dari kami via email:

0 Response to "8+ Cara Mengatasi Ponsel Cepat Panas Work!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel