Cara Mengamankan WhatsApp Dari Serangan Hacker

Langkah-langkah untuk mengaktifkan TFA di ponsel untuk menghindari serangan hacker
Whatsapp merupakan salah satu aplikasi media sosial yang paling populer saat ini. Kepopuleran Whatsapp bahkan membuat aplikasi chatting lainnya ditinggal oleh para pemakainya.

Sehubungan dengan penggunaan aplikasi Whatsapp terutama untuk kegiatan chatting dan pengiriman file yang bersifat pribadi, mungkin anda perlu untuk mengamankan data-data anda yang ada di aplikasi whatsapp dari pencurian data oleh hacker.

Cara yang direkomendasikan untuk mengamankan whatsapp dari serangan hacker adalah dengan mangaktifkan fitur TFA.

TFA adalah singkatan dari Two Factor Identification atau dalam bahasa Indonesia yaitu otentikasi dua faktor. TFA adalah sistem keamanan yang berlapis dan dirancang dengan tujuan agar yang dapat mengakses whatsapp adalah hanya oleh pemilik aslinya saja.

TFA ini banyak digunakan juga di aplikasi-aplikasi online dan fitur inipun disematkan juga di aplikasi whatsapp. Langkah-langkah untuk mengaktifkan TFA di ponsel untuk menghindari serangan hacker adalah sebagai berikut:

1. Klik menu berupa titik tiga yang ada di sebelah kanan atas halaman WhatsApp;

Cara Mengamankan WhatsApp Dari Serangan Hacker


2. Kemudian Pilih Opsi Settings;


Cara Mengamankan WhatsApp Dari Serangan Hacker



3. Klik menu Account;

4. Pilih Opsi Two Step Verification;


Cara Mengamankan WhatsApp Dari Serangan Hacker



5. Pilih opsi Enable;


Cara Mengamankan WhatsApp Dari Serangan Hacker



6. Kemudian Silahkan Masukkan PIN Anda;

Cara Mengamankan WhatsApp Dari Serangan Hacker


7. TFA sekarang sudah diaktifkan.

Anda harus tahu bahwa dengan mengaktifkan fitur TFA ini, maka walaupun data atau informasi kredensial anda berhasil di curi oleh hacker, akun anda akan tetap aman.

Dengan mengaktifkan fitur TFA ini, hacker yang berhasil mencuri data pribadi anda ketika mereka akan menginstal aplikasi whatsapp di perangkat lain maka akan diminta memasukkan PIN. Jadi mereka tidak akan bisa membuka whatsapp anda tanpa mengetahui PIN anda.

Hal lain yang perlu anda tahu terkait keamanan password whatsapp dari serangan hacker adalah adanya potensi pencurian password whatsapp menggunakan voice mail. Celah yang dimanfaatkan oleh hacker ini sebenarnya ada di voice mail operator yang terjadi jika akses voice mail tersebut nomor teleponnya adalah generik.

Namun potensi metode hack whatsapp dengan memanfaatkan celah voice mail operator ini masih sulit dilakukan di Indonesia dibandingkan dengan negara lain. Hal ini disebakan karena negara lain kebanyakan memiliki voice mail operator dengan nomor generik misalkan 0000 atau 1234 sehingga membuat pengguna rentan dihack apabila tidak mengaktifkan TFA.

Walaupun saat ini di Indonesia whatsapp masih sulit untuk ditembus oleh hacker menggunakan metode voice mail, ada baiknya anda tetap mengaktifkan fitur TFA ini agar lebih aman.

TFA ini sebaiknya anda aktifkan bukan hanya di aplikasi whatsapp saja. Anda sebaiknya juga mengaktifkan fitur TFA di aplikasi-aplikasi online lainnya yang anda gunakan. Semoga bermanfaat.

Dapatkan update artikel teknologi terbaru dari kami via email:

0 Response to "Cara Mengamankan WhatsApp Dari Serangan Hacker"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel