4+ Cara Menangkal Hacker Meretas Printer !

Cara Menangkal Hacker Meretas Printer Anda
Pernah terjadi pada salah satu perguruan tinggi di amerika dimana printer-printer mereka diretas oleh hacker sehingga membuat printer-printer tersebut mencetak sendiri sebuah selebaran rasis.

Mengikuti perkembangan teknologi, printer saat ini dapat tersambung dengan perangkat lainnya melalui koneksi internet. Tidak seperti dahulu dimana printer hanya bisa terhubung dengan perangkat lainnya melalui sambungan kabel LAN saja.

Dengan koneksi printer menggunakan sambungan internet inilah hacker dapat dengan mudah masuk ke sistem printer tersebut.

Hacker yang memiliki tujuan tertentu bisa meretas printer dan kemudian menjalankan aksi dan tujuan tertentunya.

Peretasan printer oleh hacker juga pernah terjadi di beberapa negara dimana printer tersebut tiba-tiba saja mencetak dengan sendirinya sebuah selebaran yang isinya berupa dukungan untuk youtuber terkenal PewDiePie.

Cara Mencegah Hacker Meretas Printer

Kemudian yang menjadi pertanyaan kita adalah bagaimana cara untuk menangkal serangan hacker yang akan meretas printer anda? 

Persoalan peretasan printer oleh para hacker ini telah dibahas oleh tim keamanan jaringan internet dari Kaspersky Lab.

Mereka menyarankan agar koneksi printer yang tidak terlalu membutuhkan akses menggunakan internet lebih baik diubah settingannya agar menggunakan cara koneksi menggunakan kabel LAN saja.

Namun apabila printer tersebut harus menggunakan koneksi internet karena beberapa kebutuhan maka untuk menangkal hacker meretas printer tersebut sebaiknya anda melakukan beberapa hal sebagai berikut:
  1. Mematikan printer pada saat anda sedang tidak menggunakannya;
  2. Ubahlah nama user dan password printer (hal ini jika printer anda menggunakan credential login) dan jangan simpan nilai default;
  3. Menonaktifkan settingan printer yang mengarah kepada izin akses pencetakan melalui internet;
  4. Menutup port router 9100, 721-731 dan 515. Kemudian lihat juga user router manual anda.
Hal-hal yang telah disebutkan diatas perlu untuk anda terapkan agar dapat mencegah hacker meretas printer anda. Semoga bermanfaat.

Dapatkan update artikel teknologi terbaru dari kami via email:

0 Response to "4+ Cara Menangkal Hacker Meretas Printer !"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel