Cara Mempercepat Kinerja Laptop atau PC

Cara Mempercepat Kinerja Laptop atau PC
Cara Mempercepat Kinerja Laptop atau PC - Tidak perlu khawatir jika laptop milik Anda lemot dan lama saat beroperasi, terdapat beberapa cara yang digunakan untuk membuat kinerja laptop menjadi cepat. Kami akan membagikan cara mempercepat kinerja laptop dengan mudah dan tidak membingungkan.

Beberapa masalah pada laptop dapat menjadi pengaruh barang spesial yang Anda miliki itu beroperasi sangat lama atau lemot. Faktor-faktor seperti terkena virus, spek rendah, kapasitas harddisk penuh, kapasitas RAM yang tidak memadai merupakan beberapa diantaranya.


Mudah dan Simpel Cara Mempercepat Kinerja Laptop

Beberapa cara yang kami sarankan ini dapat digunakan untuk memperbaiki kinerja laptop Anda jika terasa lemot seiring lama penggunaanya dan berjalannya waktu. Tentu akan menjengkelkan ketika Anda tengah meggunakan tetapi perangkat tidak dapat diajak bekerja sama.

Terlebih bagi Anda seorang pekerja yang tengah dikejar deadline atau tenggat waktu pekerjaan dimana dukungan dari laptop akan membantu mempercepat pekerjaan Anda. Tetapi jika laptop Anda lemot, maka bukan tidak mungkin hal tersebut akan menimbulkan masalah lain.

1. Hapus File Sampah

Sampah file biasanya berada di Recycle Bin, banyaknya sampah yang tidak dibersihkan dapat memicu kinerja laptop menjadi lemot. Untuk itu Anda perlu memeriksa Recycle Bin dan perlu diingat pastikan file yang akan Anda hapus sudah tidak terpakai atau tidak digunakan lagi.

2. Memperbesar Kapasitas RAM dan Harddisk

Banyaknya program yang berjalan atau beroperasi pada laptop memungkinkan kinerja laptop menurun, solusi yang tepat untuk hal ini dan mempercepat kinerja laptop adalah dengan menambah RAM, namun tidak sampai disitu.

Anda juga perlu melakukan pengecekan terhadap kapasitas Harddisk, kapasitas yang dimiliki perangkat keras ini jika terlalu penuh akan menyebabkan penurunan kinerja laptop. Kami sarankan Anda untuk memiliki Harddisk eksternal.

3. Hapus Program yang Tidak Penting

Anda tidak perlu memasukan program yang dirasa tidak berguna dan tidak penting pada laptop atau pc anda, segeralah lakukan uninstal pada program tersebut. Cara ini dapat meminimalkan kinerja laptop Anda akan lemot. Caranya, buka menu Start, klik Control Panel, klik Uninstal Progam lalu pilih program yang dikehendaki.

4. Gunakan Antivirus

Antivirus dapat menjadi solusi jika laptop mengalami penurunan kinerja karena dapat membasmi virus yang menyerang perangkat. Namun, perlu diketahui, Anda harus dengan cermat memilih antivirus yang akan digunakan. Jangan sampai program antivirus yang diunduh malah membuat kinerja laptop makin memburuk dan tambah lemot.

5. Disk Defragmenter

Disk Fragmenter mampu membuat data yang terfragmentasi tersusun ulang, hal ini tak lepas dari fragmentasi pada data yang membuat kinerja drive pada laptop dipaksa bekerja lebih keras. Hal ini mampu membuat kinerja laptop malah menjadi menurun dan terkesan lemot.

6. Disk Cleanup

Menggunakan Disk Cleanup mampu memperbaiki kinerja laptop dimana alat ini bergunaa untuk menghapus file sementara pada drive. Anda hanya perlu memilih drive mana yang akan dibersihkan sementara, caranya klik kanan drive yang akan dibersihkan, pilih properties kemudian klik Disk Cleanup.

7. Hibernate Mode

Anda dapat mengaktifkan Hibernate Mode untuk menjaga kestabilan kinerja laptop Anda. Cara mempercepat kinerja laptop dengan menggunakan Hibernate Mode sangat mudah dilakukan, alat ini mampu menyimpan semua kerja memory ketika laptop dimatikan.

Cara menggunakannya sebagai berikut,pada keyboard laptop atau pc tekan Windows Key + i , pilih System, pilih Power & Sleep, kemudian Aditional power settung dan Power Option, lalu pilih Choose what the power buttons do dan klik Change settings that are currently unavailable.

Itulah cara-cara mempercepat kinerja laptop atau PC yang bisa anda terapkan. Semoga bermanfaat.

Dapatkan update artikel teknologi terbaru dari kami via email:

0 Response to "Cara Mempercepat Kinerja Laptop atau PC"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel