Cara Membuat Jaringan Ponsel Tetap 4G (4G Only)

Cara Membuat Jaringan Ponsel Tetap 4G (4G Only)
Cara Membuat Jaringan Ponsel Tetap 4G (4G Only) - halo sobat Gadgetind, kali ini kami akan memberikan tips membuat jaringan sinyal di hp Anda tetap pada pilihan 4G atau istilahnya 4G only. Di zaman yang modern seperti saat ini dimana teknologi dan internet telah menjadi kebutuhan primer, maka dalam beberapa situasi untuk mendapatkan akses internet pada smartphone Anda maka kecepatan data akan sangat dipengaruhi oleh jenis jaringan yang Anda dapatkan pada suatu lokasi.


Jenis Jaringan Ponsel

Misalkan Anda sedang berada di perbukitan di pinggiran kota, seringkali smartphone Anda menangkap sinyal jaringan data internet yang berubah-ubah. Barangkali suatu saat smartphone Anda menerima jaringan HSDPA, Edge, 2G dan lainnya.

Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa untuk jenis jaringan HP ada berbagai macam seperti Edge, HSDPA, 2G, 3G dan 4G. Bahkan kabarnya akan segera diluncurkan paket jaringan berupa 5G yang tentu akan menawarkan peningkatan kecepatan data Internet pada smartphone Anda.

Nah tentu untuk kecepatan data internet Anda maka Anda butuh sinyal jaringan 4G yang merupakan jaringan tercepat untuk smartphone Anda. Kemudian yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana membuat smarphone Anda tetap stabil  menerima jaringan jenis 4G saja? Jawabannya akan kami berikan pada uraian di bawah ini.

Cara Membuat Jaringan Ponsel Tetap 4G (4G Only)

Untuk beberapa merek Smartphone, menu pilihan untuk penggunaan jenis jaringan telah tersedia dengan jelas pada bagian pengaturan dimana bagi Anda yang memiliki smartphone yang telah memiliki fitur pemilihan jenis jaringan yang diterima maka Anda hanya perlu untuk menyetting pilihan menjadi 4G Only. Namun yang menjadi masalah adalah ternyata pada beberapa merek smartphone belum memiliki menu untuk memilih jaringan 4G Only.

Lalu untuk smartphone yang tidak memiliki opsi 4G Only ini bagaimanakah solusinya? Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Ternyata ada menu tersembunyi pada smartphone Android yang berfungsi untuk memilih satu jenis jaringan saja.
  2. Cara menggunakan menu tersembunyi ini adalah dengan melakukan dial ke nomor *#*#4636#*#* di layar panggilan smartphone Anda.
  3. Kemudian akan muncul pilihan Phone Information 1 (untuk SIM 1) dan Phone Information 2 (untuk SIM 2).
  4. Setelah memilih kartu SIM mana yang akan Anda atur jaringannya kemudian pilih menu Set Preferred Network Type dan kemudian pilih LTE Only.
  5. Setelah itu klik tombol Back dan selesai.
  6. Kini jaringan pada smartphone Anda pada kartu SIM yang telah Anda pilih akan stabil untuk menerima jenis jaringan 4G saja atau istilahnya 4G Only.
  7. Untuk tambahan, bila nomor dial *#*#4636#*#* diatas tidak berfungsi pada jenis smartphone Anda maka Anda dapat menggunakan aplikasi 4G LTE Switcher yang akan langsung men-direct Anda ke menu Phone Option.
  8. Anda dapat mendownload aplikasi 4G LTE Switcher pada link berikut ini -> 4G LTE Switcher Application.

Sekian ulasan mengenai Cara Membuat Jaringan Ponsel Tetap 4G (4G Only) ini dan terimakasih karena telah berkunjung ke situs Gadgetind ini ya.. jangan lupa baca artikel menarik Gadgetind yang lainnya...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel