Cara Membuat Akun Google Play dan Manfaatnya

Cara Membuat Akun Google Play dan Manfaatnya
Cara Membuat Akun Google Play dan Manfaatnya! - Android menjadi barang yang sangat diminati hingga saat ini. Hal ini dikarenakan fungsi dan manfaat yang diberikan begitu melimpah bagi penggunannya. Terlebih lagi dengan tersedianya banyak aplikasi yang biasanya Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Misalnya aplikasi terkait media sosial, berita online, game, edit foto, playlist lagu, dan lainnya, yang biasa Anda download di Play Store.

Namun, sebelum menggunakan Play Store, Anda harus membuat akun Google Play terlebih dahulu.

Jika Anda termasuk pengguna android baru, Anda bisa memanfaatkan artikel berikut tentang cara buat akun Google Play dan manfaatnya.

Cara ini akan memudahkan Anda sebagai petunjuk awal sebelum memaksimalkan penggunaan android Anda.

Cara Membuat Akun Google Play

1. Buka aplikasi Playstore pada android Anda.

2. Pada menu Tambahkan Akun Google, pilih “Baru”. Jika Anda sudah mempunyai akun Google Play sebelumnya, Anda bisa menambahkan akun baru dengan cara tersebut.

3. Isi data diri Anda berupa nama pada kolom yang tersedia. Nama akan digunakan untuk mempersonalisasi ponsel dan layanan Google Anda. Jika sudah, pilih “Next” untuk langkah selanjutnya.

4. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk menuliskan nama pengguna. Isi sesuai dengan keinginan Anda. Boleh berupa nama seperti sebelumnya atau nama baru.

Jika nama yang Anda tulis belum bisa digunakan, Google secara otomatis akan memberikan rekomendasi beberapa contoh nama pengguna untuk Anda pilih. Nama pengguna ini akan digunakan sebagai username dari akun Google Anda. Jika sudah, Anda bisa lanjut ke tahapan berikutnya.

5. Tentukan dan tulis kata sandi Anda. Anda bisa menggunakan kode unik atau nama apapun, yang bisa Anda ingat serta gunakan dengan mudah. Akan lebih baik jika kode tersebut tidak bisa ditebak oleh orang lain. Catat sandinya jika perlu.

6. Berikutnya, Anda bisa menyiapkan opsi pemulihan. Ini bisa memudahkan jika Anda lupa sandi di kemudian hari. Langkah ini sangat disarankan. Anda hanya diminta untuk mengisi alamat e-mail dan nomor telepon yang aktif untuk kemudian dikonfirmasi. Jika sudah, pilih “Next” untuk langkah selanjutnya.

7. Pada menu Layanan Google, centang pada Pencadangan & Pemulihan, serta pada Komunikasi. Jika sudah, pilih “Next”.

8. Anda akan diminta untuk menyetujui pembuatan akun ini. Perhatikan persyaratan layanan dan kebijakan privasi yang tertera. Jika sudah, pilih “Saya Setuju” untuk menyelesaikan proses pendaftaran.

9. Google akan mengautentikasi Anda. Isi kode yang diminta sesuai dengan yang tertera pada gambar. Selamat! Akun Anda berhasil dibuat. Jika ada proses yang ingin Anda lewati selama proses pendaftaran, Anda bisa langsung skip dan lanjut ke tahap selanjutnya.

Jika Anda mengikuti cara di atas dengan baik, maka tidak sulit bagi Anda untuk memahami cara buat akun Goole Play. Jika belum berhasil, perhatikan setiap langkah demi langkah dan coba terus hingga selesai.

Fitur Google Play

Hampir semua pengguna android memiliki akun Google Play. Namun, tidak semua pengguna mengetahui fitur lain dari Google Play yang sangat bermanfaat.

Beberapa hal perlu Anda ketahui mengenai fitur Google Play adalah sebagai berikut :

1. Penggunaan konten dan akses. Anda bisa memanfaatkan Google Play untuk mendownload konten, melakukan streaming, mencari dan menjelajahi fitur-fitur yang tersedia sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, Anda tetap harus memperhatikan akses internet, aplikasi yang baik, serta konten yang sesuai. Anda juga tetap bisa menggunakan konten yang yang tidak terafiliasi dengan Google

2. Update. Anda bisa menyetujui fitur update otomatis Google Play. Biasanya update dilakukan karena ada beberapa konten yang perlu diupdate. Misalnya jika ada plugin yang hilang, perbaikan bug, fungsi konten yang disempurnakan.

Umumnya jika ada konten dengan versi yang baru. Ini bisa memudahkan Anda untuk langsung menggunakan versi terbaru tanpa melakukan pengecekan satu per satu. Tentu saja Google akan tetap meminta persetujuan Anda terlebih dahulu.

3. Informasi data diri pengguna. Anda tidak perlu khawatir untuk memberikan data diri yang diminta. Google akan menjaga privasi Anda saat memanfaatkan penggunaan Google Play. Data informasi berupa nama dan e-mail ini biasanya digunakan Google untuk diberikan kepada Penyedia yang bertugas untuk menyediakan konten untuk Anda serta memproses transaksi.

Ada beberapa konten berbayar pada Google Play. Jika Anda ingin menggunakannya, informasi data diri Anda inilah yang akan digunakan saat melakukan transaksi tersebut.

4. Akun yang dinonaktifkan. Akun Anda bisa saja dinonaktifkan oleh Google. Biasanya, ini terjadi jika Anda melanggar ketentuan yang berlaku. Jika Google sudah menonaktifkan akun Anda, Anda tidak bisa lagi menggunakan akun tersebut. Termasuk dalam hal mengakses konten yang tersedia dalam akun Anda.

5. Akses tanpa izin ke akun. Keamanan akun Anda harus dijaga. Anda tidak diizinkan untuk membagikan detail informasi akun Anda kepada siapapun.

6. Perlindungan akun. Google akan memberikan informasi kepada Anda jika ada kondisi yang mencurigakan. Misalnya jika ada URL yang memiliki potensi bahaya untuk akun Anda.

Google bahkan bisa memblokir proses instal aplikasi atau bahkan menghapusnya jika itu berbahaya bagi penggunaan, data, dan perangkat Anda. Ini berarti bahwa Google akan melindungi akun Anda dari software atau URL yang berasal dari pihak ketiga, ataupun masalah keamanan lainnya.

Google Play bisa dikatakan lengkap dan sangat bagus. Namun, tidak banyak orang yang tahu cara menggunakan layanannya dengan optimal.

Jika Anda sebagai pemula, Anda bisa memanfaatkan beberapa fitur dari Google Play berikut yang tidak kalah menarik.

Aplikasi Menarik dari Google Play

Beberapa aplikasi ini biasa Anda gunakan dalam keseharian untuk mengisi hari-hari Anda.

1. Google Duo
Anda bisa mencoba aplikasi video call dengan kualitas paling tinggi ini. Aplikasi ini diklaim memberikan persentase panggilan yang gagal lebih kecil dibanding aplikasi lainnya. Video call dengan aplikasi ini sangat stabil dan ringan, bahkan jika dilakukan antara iOS dan android atau lintas OS, yang biasanya menjadi kendala.

Anda juga bisa menggunakan fitur “KnockKnock” agar bisa melihat si penelpon sebelum memulai panggilan. Ini bisa menjadi pertimbangan Anda saat ingin melanjutkan panggilan atau tidak. Privasi dan keamanan juga diperhatikan oleh Google dalam penggunaan aplikasi ini.

2. Google Play Music
Aplikasi Google yang satu ini menyediakan berbagai variasi musik populer untuk penggunanya tanpa menyimpannya ke memori HP terlebih dahulu.

Selain itu, Anda sebagai pengguna juga bisa membuat akses dan radio sendiri dengan menggunakan fitur Podcast, upload koleksi lagu, akses video klip gratis dari youtube dengan cara log in ke Yutube Red, serta membagikan dan memberikan komentar dari lagu yang diupload oleh teman Anda.

3. Google Play Game
Anda bisa mengelola berbagai jenis game dengan menggunakan akun Anda. Ini cocok untuk Anda yang suka bermain game. Anda bisa mendapatkan banyak teman dan memainkan berbagai game (multiplayer). Anda juga bisa melihat pencapaian Anda serta skor rekan-rekan Anda dalam sebuah game.

Ada banyak fitur lain yang bisa Anda manfaatkan jika memiliki akun Google Play. Anda bisa memaksimalkan penggunaannya. Sekian ulasan kami mengenai Cara Membuat Akun Google Play dan Manfaatnya ini. Selamat mencoba!

Dapatkan update artikel teknologi terbaru dari kami via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel