4 Cara Kompres Pdf Menggunakan Aplikasi Mudah !

Cara Kompres Pdf
Cara kompres PDF bagi banyak orang sangatlah bermanfaat terutama bagi orang yang sering membuat tugas kuliah, paper, konten penulisan, dan lain lain yang sering menggunakan format PDF. Tentu saja dengan memperkecil ukuran dari file PDF akan menghemat ruang penyimpanan laptop Anda. File PDF banyak digunakan karena tampilannya yang sederhana dan lebih mudah untuk dibaca.

Tetapi terkadang file PDF memiliki ukuran yang cukup besar, tentu saja hal ini menyebabkan memori lebih banyak terpakai apabila Anda menyimpan file PDF dalam jumlah yang banyak. Bukan hanya itu, media pengiriman baik itu menggunakan e-mail atau media lainnya, tentu memiliki limit atau batasan ukuran file yang dapat dikirimkan. Oleh karena itu, penting bagi kita mengetahui cara memperkecil  PDF.


Microsoft Office Word 2013 Ke-atas

Bagi Anda yang menggunakan Microsoft Office versi 2013 atau yang lebih baru, maka Anda bisa melakukan kompres PDF menggunakan Ms. Word. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Buka file PDF yang Anda ingin kompres menggunakan software Ms. Word 2013.
2. Secara otomatis file PDF tersebut akan berubah menjadi file berformat word.
3. Setelah file terbuka, klik File lalu Save as file dan pilih type PDF.
4. Setelah itu, pilih Minimum size (publishing online) pada pilihan Optimize for. Terakhir, klik save untuk menyimpan file Anda.

Adobe Acrobat Pro

Adobe Acrobat Pro merupakan aplikasi yang biasa digunakan untuk membuka file PDF yang ingin kita baca. Selain untuk membuka file PDF, ternyata aplikasi ini juga bisa Anda gunakan untuk kompres PDF. Cara kompres PDF dengan Adobe Acrobat:
1. Pilih dan buka file PDF yang akan Anda kompres.
2. Selanjutnya klik tombol File . Save As Other > Reduced Size PDF.
3. Setelah itu akan muncul Pop Up Window, pilih Retain existing pada pilihan Make compatible with. Lalu pilih OK.
4. Pilih direktori folder sesuai dengan keinginan Anda untuk menyimpan file PDF. Terakhir, klik Save.

Orpalis PDF Reducer

Orpalis PDF Reducer adalah aplikasi yang kegunaannya hanya untuk kompres dokumen PDF saja. Untuk cara kompres file PDF menggunakan Orpalis PDF Reducer:
1. Download aplikasi Orpalis PDF Reducer lalu buka aplikasi tersebut.
2. Jalankan aplikasi, tunggu sampai 7 detik lalu klik OK.
3. Saat pertama kali Anda menjalankan aplikasi, buka Options > Tab General. Kemudian pada bagian Input Mode pilih Files Selection > Apply.
4. Cari file PDF yang akan Anda kompres dengan cara klik Source. Selanjutnya, pada Destination tentukan folder tempat Anda akan menyimpan file yang dihasilkan.
5. Terakhir, untuk memulai proses kompres file, klik Start Batch dan tunggu sampai proses selesai.

Cara Kompres PDF Online Menggunakan Smallpdf

Terdapat banyak situs yang menyediakan layanan kompres PDF, namun situs terbaik saat ini yaitu Smallpdf. Situs ini mudah digunakan dan Anda juga tidak perlu mendaftar terlebih dahulu, cukup upload file lalu kompres dan hasilnya akan bisa Anda download dengan mudah. Langkah-langkah kompres PDF secara online dengan Smallpdf:
1. Kunjungi link http://smallpdf.com/id/mengompres-pdf
2. Lakukan drag and drop file PDF dari PC Anda atau klik Pilih File.
3. Selanjutnya tunggu beberapa saat sampai proses upload file selesai. Setelah selesai proses kompres akan berjalan secara otomatis.
4. Terakhir, saat proses kompres file PDF telah selesai, klik Unduh File Sekarang. Maka file PDF Anda akan ter-download ke PC.

Itulah cara-cara kompres pdf yang bisa anda gunakan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "4 Cara Kompres Pdf Menggunakan Aplikasi Mudah !"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel