Cara Hapus Virus di Android Dengan atau Tanpa Antivirus

Cara Hapus Virus di Android Dengan atau Tanpa Antivirus
Cara Hapus Virus di Android Dengan atau Tanpa Menggunakan Antivirus - Buat para pengguna Android, adanya virus yang menyerang merupakan sesuatu yang sangat dihindari.

Virus yang masuk ke dalam Android akan menyebabkan masalah pada komponen ponsel itu sendiri seperti menghapus data-data yang ada atau merusak aplikasi yang terinstal di Android.

Sehingga yang Anda pikirkan saat itu adalah bagaimana cara hapus virus Android.

Tapi kadang virus di Android tiba-tiba sudah ada. Tidak ada pencegahan yang terjadi, jadi mau tidak mau harus menempuh cara dengan menghapusnya.

Nah di sini akan dibahas bagaimana cara menghapus virus di Android yang sudah terlanjur ada di ponsel. Ada dua cara menghapus virus Android, yaitu dengan menggunakan antivirus ataupun tanpa antivirus.


Cara Hapus Virus Android Menggunakan Aplikasi Antivirus

Untuk penggunaan antivirus, di playstore telah tersedia berbagai macam antivirus, seperti Avast Antivirus, AVG Antivirus, Bitdefender Antivirus, Kaspersky Mobile Antivirus dan masih banyak lagi.

Masing-masing dari antivirus tersebut memiliki kelebihan dan fitur yang berbeda-beda untuk solusi cara menghapus virus di Android Anda.

Ada yang berfungsi sebagai penghapus virus dan ada juga selain menghapus virus juga dapat melindungi Android dari risiko infeksi virus.

Penggunaan yang mudah dengan langkah sederhana, membuat antivirus-antivirus ini menjadi favorit di kalangan pengguna Android. Apa aja antivirus yang dimaksud?

1. Avast Antivirus

Berikut ini langkah-langkah menghapus virus menggunakan Avast Antivirus:

Langkah pertama untuk penggunaan Avast Antivirus ini adalah dengan cara mengunduh atau mendownload aplikasi Avast Antivirus yang terdapat di Google Playstore, lalu pasang aplikasi tersebut.

Langkah kedua yaitu jalankan dengan tap tombol Get Started.

Langkah ketiga, pengguna akan diminta oleh Avast untuk upgrade ke versi berbayar tanpa iklan. Bisa upgrade dan bisa tidak, tapi pengguna bisa mencobanya terlebih dahulu dengan tap Continue with Ads.

Langkah keempat, langsung tap tombol Scan agar pengguna dapat memindai virus atau ancaman lainnya yang terdapat di perangkat.

Langkah kelima, aplikasi Avast akan menampilkan berbagai masalah yang ada setelah pemindaian diselesaikan. Adanya virus, malware atau pengaturan yang dianggap berisiko. Kemudian untuk penyelesaian masalah yang ada tap Resolve dan untuk mengindahkan segala peringatan bisa tap Ignore.

Hanya diperlukan lima langkah sebagai cara hapus virus Android dengan Avast Antivirus.

Selain bisa digunakan untuk menghapus virus, Avast Antivirus juga memiliki kemampuan seperti membersihkan RAM, anti maling, menghapus cache, fitur keamanan gambar, pelindung WiFi, fitur pengunci aplikasi, fitur percepat pengisian baterai dan fitur pemantau penggunaan data internet.

Sayangnya, pengguna harus siap-siap menyediakan dana sebesar Rp 109.000 untuk berlangganaan selama satu tahun atau Rp 26.000 untuk berlangganan satu bulan.

2. AVL Android

Selain bisa menggunakan Avast Antivirus, ada cara menghapus virus di Android lainnya yaitu dengan AVL antivirus. Selain dapat menghapus virus yang telah menginfeksi Android, AVL antivirus juga memiliki kemampuan untuk mendeteksi pemindai bersamaan perangkat pembuat file yang diesksekusi.

Aplikasi AVL antivirus ini dirancang khusus agar dapat menjadi cahaya ketika baterai berada di masa pakai.

Fitur-fitur yang ada pada AVL antivirus antara lain pendeteksi efisien, pendeteksi komprehensif dan sistem pendukung aktif.

Selain itu AVL antivirus memiliki kelebihan yaitu dapat menjadi sumber daya dan juga dapat digunakan sebagai penghematan energi, juga aplikasi AVL antivirus memiliki kelebihan dapat melakukan layanan pembaruan otomatis.

Cara penggunaannya juga sangat mudah. Pengguna hanya perlu mendownload aplikasi AVL Antivirus kemudian secara otomatis akan terinstal di perangkat.

Cara hapus virus Android bisa dilakukan dengan melakukan scan pada Android dan aplikasi akan mendeteksi file atau aplikasi yang telah terinveksi virus.

Aplikasi AVL Android ini sangat ringan sehingga lebih mudah untuk dijalankan dan juga untuk menjalankannya, pengguna tidak perlu membayar alias gratis.

3. Bitdefender Mobile Security

Salah satu kelebihan Bitdefender Mobile Security dibandingkan antivirus lainnya adalah aplikasi satu ini merupakan aplikasi yang sangat ringan. Selain itu Bitdefender Antivirus dapat berfungsi sebagai keamanan Android, selain fungsi utamanya sebagai cara menghapus virus di Android.

Fitur-fitur yang dimiliki oleh Bitdefender Mobile Security yaitu Bitdefender Mobile Security memiliki performa yang ringan, selain itu juga Bitdefender antivirus ini dapat mendeteksi hingga tak dapat tertandingi dan untuk pengoperasiannya pengguna tidak akan direpotkan oleh sistemnya yang ribet atau dengan kata lain bebas kerepotan.

Lalu apa lagi kelebihan yang dimiliki oleh Bitdefender Mobile Security?

Pertama, tidak adanya peringatan palsu saat melakukan instalasi dan penggunaan software sah dari penyedia aplikasi yaitu Google Play Store.

Penggunaan aplikasi antivirus ini juga tidak akan mempengaruhi daya pakai baterai pengguna Android, tidak menghasilkan banyak trafik, dan tidak memperlambat kinerja Android.

4. Kaspersky Mobile Antivirus

Kaspersky tidak hanya berfungsi sebagai penghapus virus di Android, tetapi juga sebagai pelindung dari virus-virus jahat sebelum menginfeksi Android dengan sangat hebat.

Kaspersky Mobile Antivirus ini memiliki fitur-fitur yang cukup lengkap, antara lain: dapat mengunci aplikasi sehingga pengguna dapat melindungi privasi dan juga dapat melindungi aplikasi tersebut dari virus, dapat mengontrol keamanan dari Android, memiliki perlindungan antivirus dan juga aplikasi Kaspersky Mobile Antivirus ini dapat mengamankan data privasi pengguna dengan cepat.

Hapus Virus di Android Tanpa Aplikasi dengan Kemampuan Bawaan Android

Cara menghapus virus Android tidak selamanya menggunakan bantuan aplikasi antivirus loh, ada beberapa pengguna tidak mau menggunakan antivirus sebagai cara menghapus virus di Android.

Alasannya karena kekhawatiran pengguna terhadap aplikasi antivirus tersebut, kadang ada beberapa virus yang disematkan pada aplikasi antivirus tersebut.

Memilih menghapus virus android tanpa menggunakan antivirus merupakan pilihan dari setiap pengguna untuk melindungi Android yang dimilikinya.

Cara menghapus virus di Android tanpa menggunakan antivirus adalah sebagai berikut:

1. Pertama, Masuk ke Safe Mode
Dengan masuk ke safe mode, Android bisa beroperasi dengan lebih ringan. Dengan masuk ke Safe Mode, aplikasi yang terinstal sementara akan hilang. Jadi, berada di Safe Mode akan membuatmu lebih leluasa berpindah-pindah antar sistem aplikasi. Mudah memeriksa atau membersihkan file yang tidak penting.

2. Kedua, Cek Aplikasi di Safe Mode
Ketika berada di Safe Mode, periksa aplikasi terinstal. Dengan cara Setting – Apps, kemudian pilihlah tab Downloaded. Di sini virus akan terlihat sebagai aplikasi pihak ketiga. Saat Android terinfeksi virus akan ada aplikasi asing yang tidak diinstal di Android.

3. Ketiga, Hapus Aplikasi Asing Mencurigakan
Tahap selanjutnya adalah dengan menghapus aplikasi asing yang mencurigakan. Pengguna bisa melakukannya dengan tab uninstall. Namun pada beberapa kasus aplikasi tersebut tidak dapat di-uninstall, ini dikarenakan aplikasi telah memberikan Akses Administrator.

4. Keempat, Hapus Akses Administrator Aplikasi Asing
Caranya dengan keluar dari Application Setting, kemudian masuk ke Setting – Security – Device Administrator. Hilangkan akses administrator tersebut lalu masuk kembali ke Aplication Setting, biasanya pengguna sudah bisa menghapusnya.

5. Kelima, Keluar Safe Mode
Tahap terakhir adalah keluar dari Safe Mode. Bisa dilakukan dengan restart seperti biasa.

Baik menggunakan antivirus ataupun tanpa antivirus, semua pengguna yang menentukan bagaimana cara hapus virus Android. Selamat mencobanya dan semoga perangkat ponsel Anda dapat terbebas dari virus.

Dapatkan update artikel teknologi terbaru dari kami via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel