4 Cara Buka Mi Cloud yang Terkunci dan Cara Menghindarinya Work!

Cara Mudah Buka Mi Cloud yang Terkunci
Sangat Mudah, Begini Cara Buka Mi Cloud yang Terkunci - Cara membuka Mi Cloud yang tengah terkunci sebenarnya sangat mudah. Namun ternyata masih banyak pengguna smartphone Xiaomi yang belum mengetahuinya.


Pada dasarnya, Mi Cloud ini sendiri merupakan fitur khusus yang sengaja disediakan oleh Xiaomi untuk membantu meningkatkan keamanan perangkat sekaligus menjadi tempat untuk menyimpan berbagai data penting.


Fungsi Mi Cloud Bagi Pengguna Smartphone Xiaomi

Untuk lebih lengkapnya, fungsi Mi Cloud bagi pengguna smartphone Xiaomi adalah seperti yang disebutkan di bawah ini:

1. Alat untuk Melacak Keberadaan Perangkat

Katakanlah Anda sedang mengalami musibah kehilangan smartphone Xiaomi entah karena ketinggalan, jatuh, tercuri atau yang lainnya. Anda dapat melacak keberadaan smartphone Xiaomi Anda tersebut melalui akun Mi Cloud Anda.

Selain bisa digunakan untuk melacak, tentunya data-data Anda yang tersimpan dalam smartphone tersebut tidak akan bisa diakses oleh pencuri atau orang yang menemukannya sekalipun mereka melakukan flash ulang. Kecuali jika yang bersangkutan memahami bahasa pemrograman, maka ada kemungkinan mereka bisa mengakses data Anda.

2. Menyimpan dan Sinkronisasi Data

Ruang data yang tersedia di Mi Cloud cukup besar, yakni 5 GB. Meski hanya 5 GB, namun ruang penyimpanan ini bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan aneka data berupa foto, kontak, history dan password, pesan dan lain-lain. Sifatnya sendiri sama seperti ketika Anda menyimpan data dalam Google Drive.

Karenanya, Mi Cloud ini sangat penting bagi setiap pengguna Xiaomi. Namun, sama seperti iCloud milik Apple iOS, Mi Cloud ini juga bisa terkunci karena beberapa hal salah satunya adalah penggantian kartu SIM.

Apabila perangkat Xiaomi mendeteksi adanya kartu SIM baru, kemungkinan besar Mi Cloud ini akan langsung terkunci apabila Anda lupa dengan username dan passwordnya.

Cara Buka Mi Cloud yang Terkunci

Mi Cloud yang terkunci ini adalah suatu masalah yang besar karena layar akan secara langsung menampilkan pemberitahuan bahwa perangkat yang dimaksud telah dikunci, dan untuk membukanya Anda perlu memasukkan username dan password. Jika Anda ingat dengan username dan password tersebut tentu ini tidak akan menjadi masalah. Namun jika yang terjadi adalah sebaliknya, Anda bisa melakukan beberapa cara yang disebutkan di bawah ini untuk mengatasinya, antara lain.

1. Menghubungi Pihak Penjual Apabila Anda Membeli Smartphone Second

Cara yang pertama ialah menghubungi pihak penjual apabila Anda membeli smartphone second. Hal ini dikarenakan Anda membutuhkan data dari pemilik pertama smatphone tersebut. Jika Anda sudah berhasil mendapatkan data yang dimaksud, Anda bisa langsung mencoba membuka akun Mi Cloud.

2. Menggunakan Fitur Lupa Password

Fitur lupa password ini memang ada hampir di semua situs yang memerlukan akun. Pastinya, fitur yang satu ini sangat mempermudah setiap pengguna untuk mengatasi lupa password setiap akun mereka. Jika Anda memilih cara ini, pastikan Anda mengingat email yang digunakan untuk login pertama kali. Mengapa demikian?

Karena di email inilah nantinya Anda bisa melakukan berbagai langkah yang selanjutnya. Besar kemungkinan Anda perlu melakukan beberapa langkah terlebih dahulu saat menggunakan cara yang satu ini, misalnya memasukkan kode verifikasi atau yang bisa disebut juga dengan captcha dan lain-lain.

Selain menggunakan email, pembuatan akun Mi Cloud juga bisa dilakukan dengan menggunakan nomor telepon. Jadi, silahkan Anda ingat-ingat kembali apakah Anda membuat akun Mi Cloud ini dengan email ataukah nomor telepon.

3. Downgrade MIUI

Saat Anda tidak bisa membuka Mi Cloud, Anda bisa mencoba memeriksa MIUI terlebih dahulu. Coba cek apakah smartphone Anda memang kompatibel dengan MIUI versi tersebut ataukah tidak. Jika memang tidak, Anda bisa melakukan downgrade MIUI.

Dengan melakukan downgrade seperti ini, sudah pasti MIUI Anda akan diturunkan ke versi yang sebelumnya, sehingga bisa memperbesar kemungkinan Anda untuk membuka dan menggunakan Mi Cloud kembali.

4. Menghubungi Service Center Xiaomi

Cara buka Mi Cloud yang terakhir ialah dengan menghubungi service center Xiaomi. Cara ini bisa Anda tempuh apabila cara-cara yang sudah disebutkan di atas tidak cukup ampuh untuk membuka Mi Cloud kembali. Adapun cara untuk menghubunginya sendiri ialah dengan melalui email, call center, facebook ataupun chat langsung di laman resminya.

Agar lebih efektif, sangat disarankan untuk Anda menghubungi pihak service center ini dengan menggunakan email dan chat saja. Nanti Anda akan diberikan jalan keluar atas masalah Anda tersebut.

Namun saat Anda mengadukan masalah Mi Cloud yang terkunci ini, silahkan Anda sertakan kronologis kejadiannya berikut dengan foto yang menunjukkan bahwa smartphone Xiaomi Anda benar-benar terkunci, dus smartphone, kartu garansi jika ada, data IMEI, nota pembelian serta nomor telepon yang bisa dihubungi.

Apabila berbagai hal tersebut sudah Anda kirimkan ke pihak service center Xiaomi, tugas Anda selanjutnya ialah menunggu hingga smartphone Anda dibuka oleh xiaomi sendiri. Harap diingat, pastikan bahwa selama menunggu, smartphone Anda yang terkunci tersebut selalu terhubung ke internet supaya bisa terjangkau oleh server Xiaomi.

Tips untuk Menghindari Mi Cloud Terkunci

Mengingat begitu pentingnya fungsi Mi Cloud ini, maka Anda harus melakukan langkah antisipasi untuk mencegah terkuncinya akun Mi Cloud. Adapun beberapa langkah antisipasi yang dimaksud ialah sebagai berikut:

1. Menyimpan Berbagai Catatan Penting ke Buku Pribadi

Jika Anda adalah tipe orang yang sangat suka sekali mencatat berbagai hal di smartphone, sebaiknya Anda segera menulis ulang catatan tersebut di buku pribadi supaya lebih aman. Jika catatan yang Anda buat itu sifatnya hanya sementara, mungkin membiarkannya tersimpan dalam smartphone tidak masalah.

Tetapi jika yang terjadi adalah sebaliknya, sebaiknya Anda memang memindahkannya dalam buku pribadi sebagai langkah backup supaya ketika terjadi hal-hal yang tak diinginkan, Anda tidak kehilangan catatan yang dimaksud.

2. Membuat Username serta Password yang Mudah untuk Diingat

Ada sebagian orang yang suka membuat username dan password dengan kombinasi huruf besar dan kecil serta angka yang cenderung susah untuk diingat. Apabila Anda termasuk orang yang pelupa, sebaiknya Anda tidak melakukan hal tersebut. Buat saja username dan password yang sederhana agar Anda mudah mengingatnya.

3. Mencatat Username serta Password

Sekalipun username dan password yang Anda buat sangat sederhana, ada baiknya juga jika Anda tetap mencatatnya dalam buku lain. Walaupun sebenarnya setiap pengguna smartphone cenderung tidak disarankan untuk melakukan hal ini karena alasan keamanan, namun Anda bisa melakukannya sebagai langkah antisipasi.

Nantinya, Anda bisa menyimpan catatan tersebut di tempat yang aman yang hanya diketahui oleh diri Anda sendiri. Kalau suatu saat nanti terjadi kasus Anda lupa dengan username dan password tersebut, Anda bisa membuka catatan yang sudah dibuat itu.

Sekali lagi, keberadaan Mi Cloud ini sangat penting terutama jika Anda adalah pengguna smartphone Xiaomi. Karenanya, Anda jangan sampai melakukan berbagai hal yang bisa membuat akun Mi Cloud Anda terkunci. Kalaupun hal itu terjadi secara tidak sengaja, Anda bisa mengatasinya dengan berbagai cara buka Mi Cloud yang terkunci yang telah disebutkan di atas. Selamat mencoba ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel