Cara dan Tips Belajar Pemrograman serta Manfaatnya Mudah !

Inilah 5 Cara Belajar Pemrograman yang Bisa Anda Terapkan
Cara Belajar Pemrograman - Seiring dengan berkembangnya teknologi, semakin banyak pula orang yang tertarik untuk mempelajarinya. Ini juga sekaligus berdampak pada semakin bertambahnya jumlah orang yang mencari referensi mengenai cara belajar pemrograman.

Tanpa dijelaskan pun sebenarnya Anda pasti sudah tahu bahwasanya untuk mempelajari pemrograman itu ada berbagai cara. Namun satu hal yang harus selalu diingat adalah semua itu butuh waktu dan proses. Artinya adalah ketika Anda mempelajari pemrograman hari ini, adalah suatu hal yang wajar jika ternyata Anda tidak menguasainya langsung di hari yang sama. Dan lagi, proses belajar ini harus dilakukan secara konsisten sampai Anda benar-benar paham dan hafal berbagai hal mengenai pemrograman.


Cara Belajar Pemrograman

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada banyak cara yang bisa Anda tempuh untuk mempelajari pemrograman dan itu terserah Anda mau menggunakan salah satunya atau justru mengkombinasikan beberapa cara tersebut.

Adapun berbagai cara belajar pemrograman yang dimaksud adalah sebagai berikut.

1. Belajar Secara Interaktif

Cara yang pertama ialah belajar secara interaktif. Saat ini sudah banyak sumber online yang bisa dijadikan referensi saat hendak belajar pemrograman baik itu yang berbahasa Indonesia maupun yang berbahasa Inggris. Jika Anda mempunyai kuota internet yang cukup, Anda bisa menggunakan cara yang pertama ini.

2. Mengikuti Kelas Offline

Pembelajaran secara online memang dikenal cukup efektif, tetapi pembelajaran secara offline juga demikian. Artinya, Anda juga bisa memilih cara ini jika ingin menjadi seorang programmer. Karena kelasnya adalah kelas offline, secara otomatis cara ini mengharuskan Anda untuk bertatap muka secara langsung dengan mentor yang berperan sebagai pembimbing.

3. Mengikuti Tutorial

Cara belajar yang selanjutnya ialah dengan mengikuti tutorial. Anda bisa mengumpulkan tutorial dari berbagai referensi seperti buku, blog ataupun video. Namun harap diingat, jangan hanya mengumpulkan saja, tetapi benar-benar pelajari dan praktekkan juga supaya upaya Anda mengumpulkan tutorial tersebut  tidak sia-sia.

Harap diperhatikan juga, pastikan bahwa tutorial yang telah Anda kumpulkan tersebut materinya lengkap supaya Anda belajarnya juga tidak setengah-setengah.

4. Selalu Ikuti Perkembangan Teknologi

Sama seperti fashion, teknologi juga berkembang sangat cepat. Tugas Anda adalah selalu rajin update informasi yang berkenaan dengan bahasa pemrograman. Ini adalah tugas wajib yang tidak boleh Anda lalaikan karena sudah menjadi konsekuensi bagi para pelaku IT untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi.

5. Ikut Bergabung dalam Forum atau Grup yang Membahas Tentang Pemrograman

Anda harus tahu bahwasanya bukan hanya Anda yang menaruh minat terhadap pemrograman, tetapi orang lain juga iya. Nah, Anda bisa mencoba mendekatkan diri pada orang-orang yang berminat terhadap pemrograman ini dengan cara bergabung dalam forum ataupun grup yang khusus membahas tentang pemrograman.

Dalam forum tersebut pasti ada banyak orang yang hebat dalam bidang ini. Anda bisa meniru dan meneladani mereka terutama dari segi programmingnya. Bahkan tidak jarang pula forum atau grup semacam ini dijadikan sarana untuk berbagi informasi terbaru yang mungkin saja bermanfaat untuk Anda.

Kalaupun nanti ada sesuatu yang tidak Anda mengerti, Anda bisa mengajukan pertanyaan dalam forum tersebut sehingga Anda akan mendapatkan jawaban yang benar-benar tepat.

6. Langsung Belajar dari Ahlinya

Adapun cara belajar pemrograman yang terkahir ialah langsung berlajar dari ahlinya. Belajar dari ahli pemrograman yang dimaksudkan disini tidak berarti Anda harus menemui orang yang ahli di bidang ini secara langsung. Tetapi Anda perlu mengikuti perkembangan teknologi dari mereka. Mengapa demikian?

Karena biasanya para ahli pemrograman tersebut akan membuat tulisan semacam  dokumentasi, ebook ataupun tulisan yang lainnya yang berisi tentang update teknologi terbaru. Anda bisa membaca tulisan-tulisan tersebut dengan melalui akun mereka. Dengan cara ini, besar kemungkinan Anda akan merasa termotivasi dari karya dan pemikiran mereka secara langsung.

Tips Belajar Pemrograman

Jika di atas adalah cara untuk belajar pemrograman, maka pembahasan kali ini adalah tips yang bisa Anda ikuti saat belajar pemrograman, antara lain:

1. Pilih Bahasa yang Hendak Dipelajari

Hingga saat ini ada cukup banyak bahasa pemrograman. Anda tidak perlu menguasai semua bahasa tersebut dalam waktu yang bersamaan karena ini adalah hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Sebaiknya Anda pilih salah satu atau beberapa bahasa pemrograman terlebih dahulu.

Dalam pemilihan inipun, jangan langsung menjatuhkan pilihan pada bahasa pemrograman yang sulit. Lakukan saja secara bertahap mulai yang paling mudah terlebih dahulu. Jika yang mudah ini sudah Anda kuasai, lanjutkan ke tingkat yang lebih sulit lagi, begitu seterusnya.

2. Buat Target

Setelah Anda menentukan bahasa pemrograman yang hendak dipelajari lebih dulu, selanjutnya silahkan Anda buat target. Target ini sangat penting untuk membatasi ruang lingkup materi yang hendak Anda pelajari setiap harinya. Dengan demikian, tujuan yang hendak Anda capai dari proses pembelajaran tersebut lebih terarah.

Ambil contoh saja, hari ini Anda belajar tentang konsep variabel dan array di dalam PHP. Dua hari lagi Anda belajar konsep prosedural di dalam PHP. Hari selanjutnya belajar tentang konsep database MySQL dan lain-lain. Silahkan Anda susun target tersebut bahkan kalau perlu pasang di dinding supaya Anda lebih semangat lagi untuk mencapainya.

Jangan lupa untuk sekalian menyusun jadwal belajar juga ya. Dan setiap kali Anda berhasil mencapai target, siahkan Anda beri tanda khusus seperti ceklis supaya di waktu belajar selanjutnya Anda bisa fokus pada target yang lainnya.

3. Kumpulkan Sumber yang Sesuai dengan Target

Anda sudah selesai menentukan target? Kalau begitu silahkan Anda langsung cari sumber materi yang membahas mengenai target tersebut. Anda bisa mencari materi ini melalui video, blog ataupun yang lainnya.

4. Imbangi dengan Praktek

Tips yang selanjutnya ialah imbangi dengan praktek. Ingat, pemrograman ini sama seperti ilmu-ilmu yang lainnya, yang tidak hanya perlu dihafalkan saja tetapi harus dipraktekkan juga. Semakin banyak praktek maka pengalaman Anda dalam hal pemrograman akan semakin banyak pula.

Cobalah untuk membaca kode milik orang lain dan latihan sesering mungkin untuk menulis kode milik Anda sendiri. Lakukan saja hal ini setiap hari dengan tekun dan disiplin. Kalaupun Anda gagal, Anda bisa mengulanginya terus sampai berhasil.

Manfaat Belajar Pemrograman

Diantara berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dari belajar pemrograman ini ialah sebagai berikut:

1. Melatih Kesabaran dan Ketelitian

Seorang programmer akan selalu berkutat dengan yang namanya program. Apabila program yang tengah dibangun tersebut mengalami suatu masalah, eror saat diverifikasi misalnya, maka programmer tersebut harus mengecek ulang kode yang diketikkannya.

Bahkan bukan hanya mengecek ulang saja, programmer yang bersangkutan juga bertugas untuk mencari bagian kode yang manakah yang menyebabkan masalah tersebut. Dalam melakukan hal tersebut, tentunya seorang programmer dituntut untuk sabar dan teliti.

2. Meningkatkan Kemampuan dalam Hal Mengatasi Masalah

Masih berkenaan dengan manfaat yang pertama di atas, belajar pemrograman juga bisa membantu meningkatkan kemampuan Anda terutama dalam hal mengatasi masalah. Hal ini dikarenakan Anda akan dihadapkan pada masalah kemudian dituntut untuk menyelesaikannya supaya program bisa berfungsi dengan baik.

Poin pentingnya adalah cara belajar pemrograman yang manapun yang Anda pilih, silahkan dilakukan. Untuk selanjutnya, jangan lupa menerapkan tips-tips yang telah disebutkan di atas supaya Anda bisa merasakan manfaat dari proses belajar pemrograman tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel