Aplikasi Pembuat Video dari Foto dan Cara Menggunakannya

Aplikasi Pembuat Video dari Foto dan Cara Menggunakannya  - proses membuat video tidak hanya bisa dilakukan pada laptop atau PC, smarphone Anda juga bisa dijadikan alat untuk membuat video dari foto yang mudah dan memberikan hasil yang tidak kalah bagus.

Untuk pembuatan video dari foto sendiri bisa dilakukan dengan memakai beberapa aplikasi edit video terbaik untuk Android. Berikut adalah cara menggunakan aplikasi pembuat video dari foto terbaik.


Cara Menggunakan Aplikasi Photo Grid


3 Aplikasi Pembuat Video dari Foto dan Cara Menggunakannya

Photo Grid merupakan salah satu aplikasi yang mampu mengedit foto menjadi video. Aplikasi ini cukup banyak diminati karena sangat mudah diaplikasikan.

Proses penggunaan aplikasi ini juga tidak ribet serta tidak membutuhkan waktu yang lama. berikut adalah cara menggunakan aplikasi pembuat video dari foto pada Photo Grid.
  1. Klik Bagian Slide Video
  2. Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat video pada Photo Grid adalah dengan menekan Slide Video dengan menggunakan gambar kamera. Dengan mengklik ini, maka gambar foto akan muncul pada layar.
  3. Pilih Foto yang Akan Dibuat Video
  4. Setelah itu, langkah berikutnya adalah memilih foto-foto yang akan dijadikan video. Foto-foto tersebut jumlahnya bisa disesuaikan dengan selera. Namun, usahakan untuk menyesuaikan dengan rancangan sebelumnya, apakah akan membuat video dengan slide yang cepat atau lambat. Semakin banyak foto, maka biasanya slidenya akan semakin cepat berganti.
  5. Klik Lanjutkan
  6. Setelah semua foto yang akan dijadikan video berhasil dipilih, langkah berikutnya adalah melanjutkan proses pembuatan video. Tombol lanjutan bisa diklik pada bagian pojok kanan atas yang memiliki warna hijau.
  7. Klik Menu Musik untuk Memberi Latar Suara
  8. Proses berikutnya adalah mengklik menu musik. Tujuannya untuk memberikan efek atau latar suara pada video. Selain itu, pada menu ini Anda juga akan diminta untuk menentukan berapa durasi yang diinginkan untuk videonya. Usahakan sesuai dengan jumlah gambar yang dijadikan video. Selain penentuan waktu, Anda juga bisa memilih transisi, batas, serta perubahan latar.
  9. Tulis Tanda Pengenal
  10. Pada aplikasi Photo Grid, sebenarnya Anda juga bisa menuliskan tanda pengenal sesuai dengan selera dan keinginan. Namun, ini bukanlah langkah yang wajib dan dapat dilewati jika tidak ingin membuatnya.
  11. Klik Simpan untuk Menyimpan Video
  12. Langkah yang terakhir dalam pembuatan video dari foto melalui aplikasi Photo Grid adalah mengklik menu simpan. Tujuannya agar video yang dibuat berhasil tersimpan di perangkat Android Anda. Namun, jika sudah terlanjur di simpan, Anda sudah tidak bisa mengedit dan mengganti video tersebut.

Cara Menggunakan Aplikasi Viva Video


3 Aplikasi Pembuat Video dari Foto dan Cara Menggunakannya

Selain menggunakan aplikasi Photo Grid, ternyata proses edit dari foto menjadi video juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Viva Video. Selain bisa mengedit gambar menjadi video yang menarik, aplikasi satu ini ternyata juga bisa mengedit video. Berikut adalah langkah selengkapnya mengenai cara memakai aplikasi Viva Video untuk Android Anda.
  1. Persiapkan Foto yang Akan Diedit
  2. Langkah pertama adalah mempersiapkan foto-foto atau gambar-gambar yang akan diedit. Untuk lebih mudahnya, jadikan foto-foto tersebut menjadi satu folder sehingga proses pencariannya mudah.
  3. Buka Aplikasi Viva Video
  4. Berikutnya, langsung buka aplikasi Viva Video. Jika kebetulan Anda masih belum memiliki aplikasi ini, sebaiknya lakukan proses download dan install.
  5. Pilihlah Menu Edit
  6. Jika aplikasi sudah terbuka, langkah selanjutnya adalah pilih menu edit. Inilah menu yang akan digunakan untuk mengedit dan mengubah foto menjadi rangkaian video menarik.
  7. Pilih Foto atau Gambar yang Sudah Disiapkan
  8. Sesudah memilih menu tersebut, Anda harus memilih foto-foto yang akan diubah menjadi video. Dalam hal ini, satu folder yang sudah disiapkan tadi bisa dibuka. Dan kalau bisa, foldernya diberi nama yang mudah dicari agar prosesnya menjadi semakin cepat. Ketika proses pemilihan foto sudah selesai, langkah berikutnya adalah memilih menu done yang terdapat pada kanan atas.
  9. Tentukan Tema Video
  10. Agar tampilan dan mode pada video fotonya semakin menarik, Anda harus menambahkan tema tersendiri sebagai pemanis. Ada beberapa pilihan tema pada Viva Video yang bisa dipilih sesuai dengan selera masing-masing. Namun, pastikan temanya benar-benar tepat dan sesuai dengan foto atau konsep yang telah dirancang.
  11. Pilih Musik sebagai Latar
  12. Biasanya, Viva Video menjadi semakin menarik dengan ditambahkannya musik tertentu. Oleh karena itu, Anda harus mengklik “tab to add music” untuk menambahkan latar berupa musik. Untuk lagu atau musiknya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Sehingga, pastikan Anda masih ingat dimana penyimpanan musik pilihan untuk latar video foto ini.
  13. Atur Kecepatan Clip
  14. Di dalam Viva Video, kecepatan dari clipnya ternyata bisa diatur dengan baik. Sehingga, ketika sebuah video hasil editan di Viva Video ini terkesan terlalu cepat atau lambat, maka bisa diganti. Caranya adalah dengan menggunakan “clip speed”. Dengan menu ini, kecepatan video bisa dibuat seperti yang diinginkan.
  15. Simpan dan Bagikan Video
  16. Adapun untuk langkah terakhir adalah melakukan proses penyimpanan video. Penyimpanan ini dilakukan ketika video benar-benar sudah tidak membutuhkan editing lagi. Karena ketika sudah disimpan, ia sudah tidak dapat diedit dengan mudah. Selain menyimpan, Anda juga bisa membagikan video dari Viva Video ini pada akun sosial media.

Cara Menggunakan Aplikasi Slideshow Maker


3 Aplikasi Pembuat Video dari Foto dan Cara Menggunakannya

Selain dua cara di atas, editing dari foto menjadi video juga bisa dilakukan menggunakan Slideshow Maker. Ini merupakan salah satu video maker yang banyak digemari dan mudah diaplikasikan.

Berikut ini adalah cara menggunakan aplikasi pembuat video dari foto memakai Slideshow Maker.
  1. Buka Aplikasi Slideshow Maker dan Tap Menu More
  2. Pertama, buka menu aplikasi Slideshow Maker. Kemudian tap menu “more” yang memiliki logo +. Tepatnya ada di bagian kanan bawah.
  3. Pilih Foto yang Akan Diedit
  4. Jika sudah, tentukan foto yang akan diedit menjadi video. Caranya dengan mengklik icon galeri di bagian sudut kanan bagian atas.
  5. Ubah Animasi dan Berilah Latar Musik
  6. Langkah berikutnya adalah memberikan animasi sesuai selera agar gambarnya semakin bagus. Kemudian dilanjutkan dengan menekan tombol not balok untuk memberikan efek suara atau musik pada video.
  7. Beri Efek Foto dan Atur Kecepatan
  8. Selanjutnya adalah memberikan efek pada foto sesuai dengan tema video yang dipilih. Dan tidak kalah penting adalah melakukan pengaturan kecepatan. Mulai dari mempercepat video atau memperlambat dengan menu jam weker.
  9. Simpan dan Bagikan Video
  10. Langkah terakhir adalah melakukan penyimpanan pada video dengan cara mengklik tombol simpan. Dengan demikian, video sudah dapat dinikmati dan dibagikan.
Cara menggunakan aplikasi pembuat video dari foto cenderung berbeda antara satu aplikasi dengan yang lain. Sehingga, Anda harus memilih aplikasi yang tepat dan mudah agar tidak kesulitan dalam membuat video. Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, video yang dihasilkan juga akan semakin baik.

Dapatkan update artikel teknologi terbaru dari kami via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel