5 Tips Menjaga Keamanan Windows

5 Tips Menjaga Keamanan Windows
Bagi anda yang memiliki komputer atau laptop dengan OS Windows maka anda harus menjaga keamanan windows anda dengan baik. Seperti kita ketahui bahwa hampir semua PC dan laptop yang beredar saat ini menggunakan sistem operasi Windows.

Menjaga keamanan windows adalah hal yang perlu untuk anda lakukan agar PC atau laptop anda tidak mudah diserang hacker. Serangan hacker ini misalkan untuk tujuan mencuri data pribadi anda atau tujuan lainnya.

Cara menjaga keamanan windows yang akan kita bahas disini mungkin bagi sebagian orang adalah hal yang mendasar namun sangat penting untuk anda lakukan. Kita akan membahas mengenai hal-hal mendasar yang mencegah PC atau laptop windows anda tidak mudah diserang oleh hacker.


Tips Menjaga Keamanan Windows

1. Membuat Password User

Cara menjaga keamanan windows yang pertama adalah dengan membuat password user pada laptop atau PC anda. Membuat password user mungkin bagi sebagian orang sudah dilakukan. Namun bagi sebagian orang mereka tidak ingin repot bila harus selalu menggunakan password untuk masuk ke laptop atau PC nya sehingga mereka memilih untuk tidak menggunakan password login.

Menjaga keamanan windows dengan menerapkan password login ke laptop atau PC bertujuan untuk menjaga keamanan data-data pribadi anda yang tersimpan di dalamnya. Data pribadi ini contohnya password media sosial, password banking dan lainnya.

Dengan menerapkan password login juga akan mencegah penggunaan laptop atau PC anda oleh orang lain. Tentu bagi orang lain yang terbiasa menggunakan berbagai macam teknik pengambilan data di windows maka akan sangat mudah bagi mereka bila mereka bisa dengan mudah mengakses PC atau laptop anda.

Anda juga harus mengatur PC atau laptop anda agar otomatis terkunci bila sedang tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu.

Untuk dapat menyetting agar laptop atau PC anda menggunakan password login dan juga otomatis terkunci bila sedang tidak digunakan, anda dapat menyettingnya pada menu Settings kemudian anda pilih menu Account. Kemudian pilih opsi Sign-in Option untuk setting password dan menu When PC Wakes Up From Sleep untuk mengatur agar ketika laptop atau PC harus dibuka menggunakan password ketika telah dalam mode sleep.

2. Aktifkan Windows Defender

Cara menjaga keamanan windows selanjutnya adalah dengan mengaktifkan windows defender. Windows defender adalah aplikasi keamanan bawaan windows.

Tentu anda masih tetap bisa memasang antivirus dari pihak ketiga untuk keamanan windows anda. Aplikasi pihak ketiga severti Avira, Kaspersky dan lainnya masih bisa berjalan berdampingan dengan windows defender ini.

Cara mengaktifkan windows defender untuk menjaga keamanan windows anda yaitu di menu Settings, kemudian menu Update and Security, lalu pilih opsi Windows Security dan kemudian pilih opsi Open Windows Defender Seccurity Center.

3. Teliti Browser

Cara menjaga keamanan windows berikutnya yaitu dengan terus mengupdate browser yang ada di windows anda. Browser saat ini sebagian besar telah memiliki fitur update otomatis.

Selain update browser, anda juga harus meneliti add-on atau ekstensi yang terpasang di di browser anda. Banyak add-on atau ekstensi yang diketahui malah mencuri data dari penggunanya. Jadi pastikan anda menggunakan ekstensi yang terpercaya saja.

Untuk browser mozilla firefox, menu add-ons telah tersedia di menu dan juga di browser Microsoft Edge anda juga dapat melihat menu add-ons di opsi Extensions.

4. Tidak Mendowload Sesuatu Secara Sembarangan

Cara menjaga keamanan windows berikutnya yaitu membatasi atau aware terhadap apa yang anda download. Anda dapat mendownload aplikasi dari situs resmi saja.

Kemudian setelah mendownload sesuatu, pada saat menginstalnya sebaiknya anda perhatikan agreement yang dituliskan oleh pengembang aplikasi.

Lalu bila anda hobi mendownload konten bajakan, maka windows anda akan lebih mudah untuk disusupi dengan virus yang dibawa oleh aplikasi bajakan tersebut.

5. Cek Izin Aplikasi

Cara menjaga keamanan windows yang kelima adalah dengan mengecek izin aplikasi yang telah anda instal. Dengan mengecek izin aplikasi ini maka anda dapat melihat aplikasi mana yang ternyata memiliki izin yang berlebihan misalkan sampai memiliki izin melihat data pribadi anda.

Untuk mengatur izin aplikasi ini anda dapat menyettingnya di menu Settings, lalu pilih menu Privacy. Untuk melihat pengaturan secara umum dapat anda cek di tab General dan untuk melihat pengaturan yang lebih rinci atau khusus anda dapat melihatnya di bagian App Permissions.

Izin aplikasi yang paling utama untuk anda cek karena terkait data pribadi anda yaitu izin lokasi, mikrofon dan kamera. Hal ini karena mikrofon dan kamera sangatlah sensitif bagi anda kecuali aplikasi untuk melakukan video call dan pengambilan gambar.

Dengan menerapkan tips menjaga keamanan windows di atas mulai dari membuat password user, mengaktifkan windows defender, meneliti browser, tidak mendownload sembarangan dan mengecek izin aplikasi, akan mencegah hacker dapat masuk dengan mudah ke sistem windows di PC atau laptop anda. Semoga bermanfaat.

Dapatkan update artikel teknologi terbaru dari kami via email:

0 Response to "5 Tips Menjaga Keamanan Windows"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel