Cara Lulus USM PKN STAN : Langsung Dari Alumni

Cara Lulus USM PKN STAN : Langsung Dari Alumni
Cara Lulus USM PKN STAN - PKN STAN atau Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara adalah salah satu perguruan tinggi kedinasan (PTN) yang ada di Indonesia.

PKN STAN yang pada tahun 2007 lalu masih bernama STAN, kini berubah nama menjadi PKN STAN yang disebabkan salah satunya karena untuk mengikuti aturan dari Kemendikbud.

Sebelumnya perkenalkan nama saya adalah Dody Sulpiandy, salah satu alumnus PKN STAN.

Saya masuk STAN pada tahun 2009 dan lulus pada tahun 2012.

Saya mengambil program studi Diploma 3 (D3) Jurusan Akuntansi Pemerintahan.

Kemudian setelah lulus saya ditempatkan di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan.

Asal saya dari Kabupaten Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Saat saya menulis artikel ini, saya sedang ditempatkan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Raba Bima di Kota Bima Nusa tenggara Barat.

Sudah sejak lama saya ingin menuliskan mengenai cara lulus USM PKN STAN ini.

Perlu untuk ketahui bahwa saya cukup berpengalaman terkait USM STAN. Alasannya adalah sebagai berikut :

1. Saya pernah mengikuti USM PKN STAN pada tahun 2007 namun belum lulus.

2. Kemudian saya mengikuti lagi USM PKN STAN tahun 2008 namun belum lulus juga.

3. Saya mengikuti tes USM STAN khusus Bea Cukai Crash Program pada tahun 2009 dan lulus tes tulis. Saya lulus juga dalam tes kesehatan dan tes kebugaran. Namun saya kembali gagal pada tes terakhir yaitu tes psikotes.

4. Kemudian Saya mengikuti kembali USM STAN pada tahun 2009 dan alhamdulillah akhirnya lulus.

5. Saya pernah menjadi panitia lokal USM PKN STAN di Kota Mataram pada tahun 2016.

Dari beberapa pengalaman saya terkait USM PKN STAN yang telah disebutkan di atas, maka saya memiliki beberapa kesimpulan terkait tips cara lulus USM PKN STAN.


Tahapan tes USM PKN STAN

Tahapan USM PKN STAN yang dilaksanakan pada tahun 2015 ke atas berbeda dengan tahapan USM PKN STAN yang dilaksanakan sebelum tahun 2015.

Sebelum tahun 2015 tahapan USM PKN STAN hanya terdiri dari 2 tahapan saja, yaitu :

1. seleksi administrasi

2. tes tulis.

Tes tulis terdiri dari 3 jenis soal yaitu soal Tes Potensi Akademik (TPA), soal Bahasa Inggris dan soal Bahasa Indonesia.

Namun sejak tahun 2015 tahapan USM PKN STAN lebih dari 2 tahapan yaitu :

1. Seleksi administrasi

2. Tes Tertulis

3. Tes Kesehatan dan Kebugaran

4. Psikotes

5. Tes Wawancara


Banyak yang menanyakan kepada saya apakah orang yang kurang pintar bisa masuk stan? Saya dengan yakin menjawabnya IYA.

Saya berani mengatakan orang yang merasa kurang pintar bisa saja masuk STAN karena dari jenis soal-soal yang diujikan pada USM PKN STAN bukanlah seperti soal-soal yang rumit namun lebih kepada soal-soal yang sifatnya umum.

Walaupun ada soal matematika, soalnya bukan seperti menghitung logaritma atau integral, namun lebih kepada soal matematika terapan yang berhubungan dengan logika sehari-hari saja.


Tips Cara Lulus USM PKN STAN Langsung dari Alumni

Selanjutnya saya akan berbagi mengenai tips lulus USM PKN STAN berdasarkan pengalaman saya sendiri yaitu sebagai berikut :

1. Beli buku soal dan pembahasan USM PKN STAN atau cari di google dengan keyword kata "download soal USM PKN STAN" maka akan banyak sekali link download yang dapat Anda pilih.

2. Persiapkan diri menghadapi jenis-jenis soal USM PKN STAN sejak jauh-jauh hari.

Kata "sejak jauh-jauh hari" tentu memiliki arti yang berbeda bagi setiap orang. Namun saya menganjurkan untuk melakukan persiapan kalau bisa sejak 1 tahun sebelum mengikuti USM PKN STAN.

Jika Anda saat ini sedang duduk di bangku SMA, maka saya sarankan untuk sudah mulai mencoba mengerjakan soal-soal USM PKN STAN sejak Anda baru naik kelas 3 SMA bahkan kalau bisa lebih awal dari itu akan lebih baik.

3. Mencoba mengerjakan contoh soal USM PKN STAN tanpa melihat kunci jawabannya.

Cobalah mengerjakan contoh soal USM PKN STAN tanpa sedikit-sedikit mengintip kunci jawaban.

Hal ini untuk menumbuhkan rasa percaya diri Anda ketika menghadapi ujian yang sesungguhnya.

Namun setelah Anda mengerjakan contah soal USM PKN STAN tersebut dengan semampu Anda, maka selanjutnya Anda dapat melihat hasil jawaban Anda dengan mencocokkannya dengan kunci jawaban.

Dengan cara tersebut Anda akan lebih mengerti dimana letak kesalahan Anda.

4. Setelah Anda selesai mengerjakan semua contoh USM PKN STAN dan mencocokkan jawaban Anda dengan kunci jawaban seperti pada tips nomor 3 di atas, maka selanjutnya adalah ulangi kembali mengerjakan soal-soal tersebut.

Ulangi sampai semampu Anda bisa sampai 5 sampai 20 kali bila perlu.

Hal ini bertujuan untuk membiasakan diri Anda dengan pola soal USM STAN.

Harapannya bahwa hal ini dapat membuat Anda cepat ketika mengerjakan soal USM PKN STAN karena Anda telah hapal dengan jenis soalnya.

5. Bila Anda sudah melakukan tips nomor 3 dan nomor 4 di atas, maka sekarang Anda sudah siap untuk menerapkan tips berikutnya yaitu Berlatih Mengerjakan Soal USM STAN Dengan Cepat.

Menurut pengalaman saya dalam mengikuti USM PKN STAN sebanyak 4 kali, maka saya bisa memastikan bahwa faktor KECEPATAN dalam mengerjakan soal USM PKN STAN adalah faktor yang sangat-sangat penting.

Hal ini berkaitan dengan Skor Minimal USM PKN STAN agar Lulus Tes Tertulis.

Semakin banyak soal yang Anda bisa jawab, maka kemungkinan Anda dapat melewati skor minimal USM PKN STAN akan semakin besar.

Jadi semua tips di atas pada intinya akan mengerucut kepada kesimpulan bahwa untuk dapat lulus USM PKN STAN khususnya tes tertulis yang merupakan tahapan tes yang paling menentukan adalah Anda harus dapat mengerjakan soal USM PKN STAN dengan BENAR DAN CEPAT.

Saya menyarankan dengan sangat kepada Anda yang akan ikut USM PKN STAN untuk dapat menerapkan tips-tips yang saya berikan di atas dan juga satu TIPS TAMBAHAN yaitu :

6. Mengerjakan Soal tertulis USM PKN STAN dengan BERUSAHA MENJAWAB SEMUA SOAL YANG DIBERIKAN.

Saya sangat menyarankan Anda untuk berusaha menjawab semua soal yang diberikan. Jangan sampai ada yang kosong.

Bila Anda mengikuti semua tips yang saya berikan diatas, saya yakin bahwa ketika Anda mengikuti USM PKN STAN maka InsyaAllah Anda akan dapat lulus.

Ketika Anda sudah lulus Tes Tertulis, maka jalan Anda untuk dapat masuk PKN STAN sudah terbuka lebar.

Anda hanya perlu menyiapkan diri untuk mengikuti tes kesehatan, psikotes dan wawancara yang tips-tips nya sudah banyak ada di google yang disampaikan langsung dari ahlinya.

Banyak sumber materi psikotes yang ada di google. Begitu pula dengan tips menghadapi wawancara.

Namun bila Anda sudah lulus pada tes yang pertama dimana paling banyak peserta yang disaring yaitu Tes Tertulis, maka jalan Anda sudah terbuka lebar untuk dapat merasakan menjadi mahasiswa PKN STAN dan menjadi PNS Kementerian Keuangan.

Good Luck, Semoga berhasil ya... Saya tunggu Anda menjadi kompatriot saya di Kementerian Keuangan !!